6 Venture Capital Paling Aktif Di Indonesia Bagi Para Pendiri Startup

Venture Capital atau VC atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan Modal Ventura merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang pendanaan bagi para usaha rintisan atau startup.

Dengan semakin dewasanya para penggiat startup dalam mengembangkan bisnisnya, menyebabkan semakin banyaknya Venture Capital atau disingkat VC percaya bahwa Indonesia memiliki potensi besar untuk berinvestasi.  

Venture Capital merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dari industri startup dimanapun berada. Hal tersebut terjadi karena kebanyakan startup merupakan usaha rintisan yang masih banyak membutuhkan banyak kucuran dana untuk bisa lepas landas. Oleh karena itu, dibawah ini akan disajikannya daftar venture capital paling aktif di Indonesia bagi para pendiri startup, diantaranya yaitu :

Alpha JWC (Alpha)

alphajwc

Alpha JWC atau Alpha merupakan sebuah perusahaan modal ventura yang fokus berinvestasi pada perusahaan rintisan atau startup berbasis teknologi di Indonesia.

VC ini didirkan oleh Chandra Tjam bersama dengan Jefrey Joe serta Will Ongkowidjaja pada awal tahun 2015. Pada tahun 2018, VC ini telah berinvestasi di 12 perusahaan sepanjang tahun tersebut, ini lebih banyak dari tahun tahun sebelumnya .

East Ventures

VC yang telah ada sejak tahun 2010 ini pastinya sudah tidak asing lagi bagi “startup antusias”. East Ventures bisa dibilang sebagai VC pertama yang merintis di Indonesia.

Saat negeri ini masih diselimuti dengan kabut keraguan untuk berinvestasi di startup Indonesia, maka East Ventures memberanikan diri untuk berjalan sambil meraba untuk menemukan startup yang paling berpotensi. 

CyberAgent Ventures

CyberAgent Ventures merupakan perusahaan modal ventura dari Jepang yang kemudian mulai berinvestasi di Indonesia dan memiliki kantor di Jakarta.

CyberAgent Ventures juga menjadi VC yang ikut berinvestasi pada Tokopedia bersama East Ventures serta VC lainnya. Biasanya mereka akan memberikan tahap investasi pada tahap seed founding hingga seri D. Dimana mereka akan memberikan nilai investasi mulai dari Rp. 1,6 hingga Rp. 142 miliar rupiah. 

500 Startups      

VC yang cukup terkenal di Dunia ini mulai masuk untuk berinvestasi di Indonesia sejak tahun 2013, dengan salah satu portfolio investasi mereka yaitu bukalapak.

500 startup dengan background para pendirinya para pendirinya yang merupakan “alumni” startup ternama di dunia seperti Google, Facebook, Paypal, dan lainnya. Sehingga tidak heran jika banyak startup yang ingin mendapatkan investasi dari VC ini. 

Emtek Group

Kemungkinannya Emtek Group tidak begitu familiar namanya sebagai salah satu VC yang berinvestasi di Indonesia. Tetapu saat melihat portofolio dari startup yang telah didanai VC ini, maka bisa dibilang Emtek Group termasuk yang paling aktif berinvestasi untuk startup Indonesia. Sekedar informasi saja bahwa Emtek Group telah berinvenstasi pada sejumlah startup ternama di Indonesia seperti Bukalapak, Kudo, dan lainnya. 

Rebright Partners

Rebright Partners merupakan CV yang hanya fokus untuk berinvestasi di Asia Tenggara serta Indonesia. CV ini merupakan bentukan dari Takeshi Ebihara. Sepak terjang CV ini sendiri di Indonesia sudah mulai bisa dilihat saat Rebright Partners berinvestasi pada aturduit, indotrading, dan lainnya. 

IMJ Investment Partners

IMJ merupakan VC yang tidak hanya menawarkan produk bantuan investasi pada para startup saja. Tetapi juga menawarkan bantuan jasa pengembangan produk, akses internet, serta relasi pengembangan bisnis para startup. IMJ telah memberikan investasi pada beberapa portofolio startup Indonesia seperti Urbanindo, iMoney, dan Bukalapak.