Apa itu gestun?

Gestun atau gesek tunai kartu kredit masih marak dikerjakan oleh para pemegang kartu kredit. Banyak orang lakukan gestun lantaran berada di dalam keadaan kepepet dan butuh uang.

Gestun online terpercaya sesungguhnya sanggup memberikan duit tunai di dalam kala cepat, tapi tak banyak orang tahu jikalau praktek ini miliki risiko dan potensi bahaya. Bahkan ada banyak modus penipuan terjadi akibat penyalahgunaan information transaksi gesek tunai oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Oleh dikarenakan itu, Bank Indonesia mengimbau pemilik kartu kredit untuk tidak lakukan gestun alias gesek tunai kartu kredit. Bagi anda pemilik kartu kredit, jangan sekali-kali mencoba untuk mempraktikkan ini sehingga terhindar dari kerugian di lantas hari.

Lebih baik pakai kartu kredit sesuai peruntukkannya, yaitu alat pembayaran. Banyak transaksi pembayaran yang dimudahkan dengan kartu kredit, sebut saja belanja, membayar sarana berlangganan, hingga membayar premi bulanan asuransi kesehatan, asuransi jiwa, dan mobil.


anyak orang tidak tahu bahaya dari lakukan gesek tunai. Lalu, apa sih sesungguhnya yang dimaksud dengan gestun? Jangan-jangan tanpa tahu kita termasuk pernah melakukannya.


Apa itu gestun?

Gestun adalah akronim atau kependekan dari gesek tunai. Para pemegang kartu kredit yang umumnya mengenal makna ini. Disebut gestun ketika kita lakukan penggesekan kartu kredit di mesin Electronic Data Capture (EDC) dan diakui seakan sedang berbelanja, padahal kita sedang mengusahakan untuk mendapatkan duit tunai.

Meski kartu kredit sesungguhnya miliki sarana yang sanggup digunakan untuk menggesek kartu kredit di sejumlah merchant, tapi bank tidak membetulkan transaksi gesek tunai ini.

Pasalnya kala lakukan gesek tunai, kita seolah-olah membeli suatu hal dari sebuah merchant padahal tidak ada barang yang ditransaksikan kala itu. Sehingga kala lakukan gesek tunai sesungguhnya kita sebatas sedang mengambil duit tunai dari merchant tersebut.