Apa Saja Komponen AC Rumah yang Sering Rusak?

Sebagai pengguna AC nyatanya Anda perlu tahu beberapa hal penting termasuk komponen AC rumah yang sering rusak. Hal ini bertujuan untuk antisipasi awal sehingga ketika menggunakan AC tersebut tidak lagi kaget. 

Komponen AC Rumah yang Sering Rusak

Adapun komponen AC yang biasanya sering rusak bisa dilihat sebagai berikut:

  • Kapasitor

Kapasitor adalah komponen AC paling sering rusak dengan banyak alasan sebagai penyebabnya. Masalah yang mungkin terjadi pada komponen ini bisa berupa kipas yang menyala namun udara tidak dingin. Bisa juga kipas yang tidak menyala namun AC tetap berjalan. 

  • Overload

Komponen ini memiliki fungsi sebagai saklar dan pemutus arus listrik yang nantinya mengalir ke arah kompresor. Hal ini terjadi jika kompresor tersebut tidak berjalan sebagaimana mestinya. Terlebih ketika sedang terjadi overheating atau sering disebut juga dengan kinerja yang berlebihan. 

Inilah yang menyebabkan kerusakan utama pada bagian unit outdoornya. 

  • Freon kosong

Masalah ketiga yang sering terjadi adalah pada bagian freonnya. Seperti yang diketahui bahwa freon adalah bagian penting dalam AC sehingga ketika freon ini kosong tentu menjadi masalah yang krusial untuk AC. Biasanya terjadi karena adanya kebocoran atau kendornya bagian nepel. 

  • Thermistor

Komponen keempat yang sering rusak adalah thermistor. Thermistor dipengaruhi oleh suhu yang berubah-ubah dalam ruangan tersebut. Komponen ini bisa membuat AC mati total ketika tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Anda bisa mengecek komponen ini jika tiba-tiba AC tidak berfungsi bisa langsung dilihat bagian thermistor. 

  • Sensor

Komponen kelima yang tidak kalah krusial untuk diperhatikan adalah sensornya. Biasanya AC ketika sensornya bermasalah tidak akan seresponsif sebelumnya. Anda perlu mengganti sensor dengan yang baru ketika dirasa sudah tidak seresponsif yang diinginkan. 

Dengan mengenal komponen AC rumah yang sering rusak ini tentu membuat Anda bisa lebih paham tindakan apa yang perlu dilakukan. Tentunya lebih mudah mencari rekomendasi AC hanya di https://acmurahjakarta.com. Pastinya dengan harga yang terjangkau dan terjamin kualitasnya.