Apa yang Dimaksud dengan Online Marketing dan Keuntungannya!

Saat ini sudah banyak orang yang memanfaatkan dan menggunakan online marketing. Tetapi tak jarang yang masih belum mengetahui apa yang dimaksud dengan online marketing? Nah simak artikel berikut ya!

Apa yang Dimaksud dengan Online Marketing?

Online marketing atau pemasaran online adalah segala aktivitas atau usaha pemasaran produk atau jasa yang melalui atau menggunakan media internet. Meskipun begitu, secara strategi, online marketing ternyata sering dimanfaatkan sebagai langkah awal dalam membangun reputasi sebuah usaha. Banyak orang memanfaatkan online marketing sebagai strategi untuk memperkenalkan nama mereka kepada publik.

Dalam menggunakan online marketing, suatu perusahaan bisa membangun reputasinya yaitu dengan menjadi aktif di media sosial. Banyak calon konsumen menggunakan dan memanfaatkan internet untuk mencari informasi. Dengan memanfaatkan medium internet, sebuah perusahaan bisa memperkenalkan nama mereka kepada publik dan bisa mendorong calon konsumen untuk mencari informasi lebih lanjut tentang perusahaan tersebut.

Ada berbagai strategi dan cara yang bisa dilakukan dalam online marketing. Tapi yang perlu diperhatikan adalah cara-cara untuk memasarkan bisnis Anda dalam online marketing berbeda dengan advertising. Strategi online marketing lebih fokus untuk mempromosikan nama bisnis Anda secara halus agar tidak terlihat seperti sedang mengiklankan suatu bisnis.

Karena kebanyakan online marketing saat ini bersifat personal dan sering disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan konsumen, strategi ini sendiri juga sering digunakan untuk membangun hubungan dan koneksi antara sebuah bisnis dengan konsumen mereka.

Keuntungan Online Marketing untuk Semua Bisnis

1. Mendapatkan Akses Tanpa Batas Melewati Situs dan Media Sosial

Keuntungan pemasaran online yang pertama yaitu Anda bisa mendapatkan akses tanpa batas dalam memasarkan produk. Kehadiran platform online seperti website dan media sosial tentunya mampu menghapus sekat-sekat geografis. Anda bisa melakukan pemasaran produk dalam skala kecil ataupun besar, bahkan ke belahan dunia manapun tanpa harus repot-repot memesan pesawat dan menginjakkan kaki ke sana.

Inilah yang kemudian menjadikan strategi pemasaran online sampai saat ini masih memegang hati para pengusaha. Sebab Anda bisa menjangkau target pasar dimanapun dan kapanpun tanpa harus pusing memikirkan aksesnya. 

2. Kemudahan dalam Operasional Marketing Online

Keunggulan pemasaran online selanjutnya yaitu mampu membuat kegiatan operasional Anda selesai dalam waktu yang singkat. Keterhubungan dengan internet memungkinkan Anda untuk menyelesaikan seluruh kebutuhan operasional dengan cepat dan tentunya efisien. 

Jaringan internet yang terhubung dalam kisaran detik mampu memberikan Anda keuntungan untuk melakukan promosi, penjualan, dan pelayanan dalam jangka waktu yang sangat cepat.

3. Efisiensi Biaya dengan Strategi Pemasaran Online

Bayangkan jika Anda berkeinginan menjaring target pasar yang sangat luas. Bila dibandingkan dengan teknik pemasaran konvensional, penjaringan ini tentunya membutuhkan biaya akomodasi, transportasi, dan pastinya gaji pegawai yang besar pula.

Jika Anda mengkalkulasikannya secara berkala, pasti membutuhkan biaya yang terbilang sangat besar. Tetapi jika tidak dibiayai, maka resikonya adalah bisnis Anda akan sulit berkembang. Nah, biaya inilah yang bisa Anda tekankan jika menggunakan teknik pemasaran secara online.

Anda bisa memangkas biaya operasional seperti biaya akomodasi dan transportasi, sebab semuanya bisa dilakukan dimanapun dan kapanpun, anda cukup memerlukan ketersediaan koneksi dan peralatan digital saja dalam pemasaran secara online. Sehingga biaya yang dianggarkan akan jauh lebih murah.

4. Kemudahan dalam Mengelola Sumber Daya Manusia

Ketika Anda menjalankan pemasaran online, maka Anda tidak memerlukan banyak karyawan. Dengan teknik pemasaran online, karyawan Anda hanya perlu melakukan administrasi penjualan, menyiapkan proses pengiriman barang, dan juga melayani saat ada pelanggan yang komplain maupun mengalami kesulitan dalam pemesanan barang.

5. Memperluas Jangkauan dengan Iklan Digital

Ruang iklan di media online saat ini cenderung lebih efektif jika dibandingkan dengan ruang iklan di media cetak seperti surat kabar, majalah dan televisi. Sebab, beriklan di media cetak atau media penyiaran seperti televisi selalu dibatasi oleh slot atau durasi yang sangat terbatas. Anda hanya perlu memikirkan dan memilih konten apa yang akan dibagikan kepada calon pembeli.

Fungsi iklan digital adalah menargetkan calon pembeli dengan tepat sasaran, sehingga sangat memudahkan Anda dalam membidik calon konsumen. Dan pastinya bisa meminimalisir kemungkinan periklanan yang sia-sia karena salah sasaran. Selain itu, iklan digital tentunya memiliki kisaran harga yang jauh lebih terjangkau, dibandingkan dengan iklan yang dilakukan dengan media konvensional.

6. Mempermudah Riset Pemasaran Secara Online

Perkembangan toko online seperti website saat ini sudah berkembang pesat. Dengan demikian, Anda pun bisa melacak pengunjung website dari mana saja mengakses toko online Anda. Hal ini tentunya bisa membantu Anda untuk melakukan analisa pasar, membangun hubungan, menjaga hubungan, dan juga menawarkan promo pada saat-saat tertentu dengan lebih tepat sasaran.

7. Pengawasan yang Lebih Mudah

Anda bisa mengontrol dan melakukan pengawasan seluruh transaksi toko online kapanpun dan dimanapun dengan lebih fleksibel selama 24 jam. Hal ini tentunya akan memberikan kemudahan dan manfaat bagi penjual dan pembeli, serta pengusaha barang atau jasa.

Nah itu tadi merupakan penjelasan dari apa yang dimaksud dengan online marketing dan juga keuntungannya. Jadi jangan ragu lagi untuk menerapakan online marketing. Selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat!