Asal-usul Panel Surya

Sebelum membahas mengenai cara kerja dan manfaat dari panel surya bagi kehidupan, Toppers harus memahai terlebih dulu sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan tenaga surya. Dan, seperti apa sejarah singkatnya?

Pengertian Panel Surya

Panel surya adalah alat atau sistem yang terdiri dari sel surya yang dirancang untuk memungkinkan mengubah cahaya Matahari menjadi energi listrik.

Cikal Bakal Teknologi Panel Surya

Teknologi panel surya pertama kali ditemukan oleh seorang ahli fisikawan, Alexandre Edmund Becquerel pada 1839.

Seperti namanya, panel surya merupakan alat yang menyerap energi matahari kemudian merubahnya menjadi energi listrik yang dapat digunakan untuk kehidupan sehari-hari.

Namun, listrik yang dihasilkan oleh alat temuan Becquerel tersebut tidak cukup kuat atau hanya menghasilkan sedikit muatan listrik.

Alat Panel Surya Dipatenkan

Kemudian pada 1904, setelah Grylls Adam dan muridnya Richards Evans membuktikan kebenaran bahwa energi listrik dapat dihasilkan dari energi cahaya.

Tokoh ilmuwan bersejarah Albert Einstein juga ikut meneliti tentang tenaga solar cell tersebut, yang kemudian menginspirasi Russell Ohl untuk membuat alat yang mampu menangkap energi matahari dan merubahnya menjadi tenaga listrik modern.

Teknologi tersebut kemudian dipatenkan Russell dengan sebutan Solar Cell atau panel surya seperti yang kita ketahui hingga saat ini.

Panel Surya sebagai Sumber Energi Masa Depan

Kemajuan teknologi solar panel menjadi titik terang untuk mengatasi kelangkaan bahan bakar fosil yang diprediksi akan mengalami krisis pada 2060.

Keunggulan lainnya, panel surya dianggap lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan bahan bakar manapun karena menghasilkan zat pembuangan lebih sedikit. Negara Jepang bahkan sudah menggunakan teknologi panel surya sejak tahun 1980-an.

Beberapa gedung perkantoran, perusahaan pembangkit tenaga listrik, sampai rumah-rumah pribadi sudah banyak yang memasang teknologi panel surya sebagai sumber penghasil energi sehari-hari guna menghidupkan peralatan elektronik.