BBM Pertamina yang Berkualitas dan Ramah Lingkungan

PT Pertamina mengolah lebih dari satu style bahan bakar minyak (BBM). Untuk kendaraan bermesin bensin harus gunakan BBM berdasar nilai oktan atau Research Octane Number (RON). Sedang untuk kendaraan bermesin diesel harus gunakan BBM berdasar nilai cetane.

Jenis BBM mengolah Pertamina berdasar nilai oktan adalah: Premium nilai oktan (RON) 88, Pertalite nilai oktan (RON) 90, Pertamax nilai oktan (RON) 92, Pertamax Plus nilai oktan (RON) 95, Pertama Turbo nilai oktan (RON) 98.

Untuk Jenis BBM mengolah Pertamina berdasar nilai cetane adalah: Pertamina Dex bersama angka cetane 53, Dexlite bersama cetane minimal 51, flow meter Solar bersama angka cetane 48.

Dari sekian banyak style BBM yang dipasarkan PT Pertamina, style BBM mana yang miliki mutu bagus dan lebih ramah lingkungan? Jawabnya gampang, BBM bersama nilai oktan tinggi dan BBM bersama nilai cetane tinggi jauh lebih memiliki kwalitas dan lebih ramah lingkungan.

Berikut BBM Pertamina yang memiliki kwalitas dan lebih ramah lingkungan:

Pertamax Turbo: Merupakan bahan bakar untuk kendaraan bermesin bensin yang dikembangkan bersama antara Pertamina dan Lamborghini yang dirancang untuk memenuhi beberapa syarat mesin berteknologi tinggi.

Pertamax Turbo pertama kali diluncurkan di Belgia sebagai bahan bakar resmi pada Lamborghini Supertrofeo European Series pada 29 Juli 2016. Pertamax turbo dikembangkan bersama formula yang disebut Ignition Boost Formula (IBF) bersama angka oktan 98, dan kadar sulfur rendah sehingga tidak merusak mutu hawa di kira-kira kita. Saat ini, Pertamax Turbo menuju standard Euro IV.

Kelebihan dan kegunaan Pertamax Turbo pada mesin : Meningkatkan drivability kendaraan sehingga lincah bermanuver, Akselerasi mesin jadi lebih bagus karena torsi yang dihasilkan lebih tinggi, Meningkatkan kecepatan maksimal (top speed) kendaraan, Peningkatan tenaga mesin kendaraan, Menyempurnakan pembakaran bahan bakar pada mesin.


Pertamax: Merupakan bahan bakar bensin bersama angka oktan minimal 92 berstandar international. Pertamax amat direkomendasikan untuk digunakan pada kendaraan yang miliki kompresi rasio 10:1 sampai 11:1 atau kendaraan berbahan bakar bensin yang gunakan teknologi setara bersama Electronic Fuel Injection (EFI).

Dengan ecosave technology, Pertamax sanggup bersihkan bagian dalam mesin (detergency), Pertamax juga disempurnakan bersama pelindung anti karat pada dinding tangki kendaraan, saluran bahan bakar dan area bakar mesin (corrotion inhibitor), serta sanggup memelihara kemurnian bahan bakar dari campuran air sehingga pembakaran jadi lebih sempurna (demulsifier).

Pertamina Dex: Merupakan bahan bakar diesel terbaik yang sanggup menjadikan kinerja mesin lebih optimal, tangguh, dan bertenaga. Pertamina Dex disempurnakan bersama lubricity dananti foaming of gas. Sangat direkomendasikan untuk kendaraan diesel, khususnya mesin diesel moderen berteknologi Common Rail System yang sesungguhnya perlu bahan bakar sempurna dan memiliki kwalitas tinggi. Dengan kadar sulfurnya yang rendah (kurang dari 300 ppm) dan bersama angka cetane 53 serta sudah memenuhi standar Euro 3, menjadikannya sejajar bersama bahan bakar diesel premium kelas dunia.