Belajar Islam Dari Dasar

belajar islam dari dasar

Sudah menjadi kewajiban seorang muslim untuk belajar menggali semua ilmu yang ada di khasanah islam, karena ini adalah sesuatu yang sudah di wajibkan oleh ALLAH SUBHANAHU WA TA’ALA, dan jangan pernah lupa untuk selalu memanjatkan doa kepada Allah ketika akan memulai suatu aktifitas, dan sekarang kita akan melakukan aktifitas belajar, maka bacalah doa sebelum belajar.

Belajar agama islam harus sistematis, yaitu di mulai dari hal dasar baru beranjak ke hal lainnya, jangan sampai salah prioritas dalam belajar agama, karena kalau salah akan berdampak kepada ketidak sesuaian amalan kita, atau misalkan kita bisa menjabarkan tentang hukum waris secara detail, tapi kita tidak paham apa itu rukun dan syarat sholat. Hal seperti ini tidak boleh terjadi kepada seorang muslim.

Memulai Belajar Islam Dari Dasar

Dasar disini maksudnya adalah belajar yang lebih penting dahulu sebelum mempelajari ilmu lainnya, atau bisa juga kita mempelajari ilmu wajib dahulu sebelum ilmu sunnah, lalu ilmu paling dasar bagi seorang muslim itu apa?, baik akan kami jabarkan.

Pertama Belajar Aqidah

Pertama yang paling penting adalah belajar tentang aqidah, karena aqidah ini adalah pondasi bagi seorang muslim. Jika pondasi kita kokoh maka akan mudah untuk mengamalkan atau belajar ilmu lainnya.

Aqidah ini mencakup keseluruhan dari rukun iman sampai mengenal sang pencipta kita, dalam rukun iman kita di ajarkan tentang iman kepada Allah, rasul allah, malaikat, kitab kitabnya, hari akhir dan qadha dan qodar.

Juga penting untuk mempelajari pembatal Pembatal keislaman, ini masih masuk kedalam pelajaran aqidah islam, yang kaitannya dengan syirik atau tidaknya kita jika melakukan suatu amalan.

Kedua Belajar Ilmu Fiqih Wajib

Setelah kita paham tentang aqidah dengan meyakini dengan keyakinan yang kuat, baru kita mempelajari ilmu agama selanjutnya, dan pelajaran selanjutnya adalah mengetahui amalan fiqih yang wajib, fiqih wajib adalah apa yang ada di rukum islam yang 5, dari sholat, puasa, zakat sampai ibadah haji.

Ketiga Belajar Ahlak

Setelah menguasai ilmu wajib, baru kita beranjak kepada pelajaran ahlak, karena ahlak adalah pelajaran yang penting juga untuk di pelajari dalam syariat islam. Karena seperti yang di kabarkan oleh rasulullah sallaahu alaihi wasallam bahwa saya di utus untuk menyempurnakan ahlak.

Dan ahlak ini mencakup ahlak kepada manusia, binatang dan juga ahlak kepada Allah.

Itulah urutan belajar agama dari dasar yang banyak di lewatkan dan tidak mendapatkan perhatian lebih.

Semoga kita termasuk orang yang dimudahkan oleh ALLAH SUBHANAHU WA TA’ALA dalam menuntut ilmu syari.

Ingin mengetahui ilmu islam secara mendalam, silahkan anda kunjungi website islami https://penaungu.com.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *