Bentuk Atap Rumah Modern

Desain atap rumah bukan hanya untuk membuat sinar matahari atau air hunjan masuk ke rumah, bentuk atap rumah ini sangat mempengaruhi sirkulasi udara dan kenyamanan kalian saat berada di rumah.

Meskipun bentuk atap rumah dapat menambah nilai keindahan rumah, tetapi desaini atap yang kalian pilih seharusnya menyesuaikan dengan kondisi iklimnya.

Ada beberap desain atap yang biasa digunakan masyarakat di berbagai negara, berikut desain atap rumah menurut sinan-arsitek.com :

Daftar Isi :

  1. Atap Datar
  2. Atap Pelana
  3. Penggabungan Desain Atap Pelana dan Atap Perisai
  4. Atap Sandar

Atap Datar

Desain atap dengan datar ini dibuat agak tingkat, yang membuat desain visiula eksterior terlihat elegan. Terutama saat malam hari ketika lampu – lampu sudah dinyalakan, di dalam ruangan yang terlihat di cendela yang membuat kontras dengan desain atapnya.

Desain atap ini berbentuk horizontal tanpa pertemuan sisi, desain atap ini biasa di gunakan di desain rumah minimalis ataupun minimalis modern.

Atap Pelana

Desain atap pelana bisa di temukan dengan mudah di negara Indonesia, desain atap ini juga digunakan bangunan sekolah ataupun kantor. Desain atap ini memiliki bentuk seperti trapesium yang memiliki kemiringan 30 – 40 derajat yang bertemu di atap paling atas, desain atap pelana ini cocok untuk negara Indonesia yang memiliki iklim tropis.

Karena air hujan dapat dengan mudah jatuh ke bawah dan dapat membentuk palfon yang tinggi agar suasana di dalam ruangan rumah sejuk dan nyaman.

Penggabungan Desain Atap Pelana dan Atap Perisai

Desain atap rumah ini sebuah penggabungan antara desain atap pelana dan desain atap perisai adalah sebuah penyelesaian dari kedua desain ini, desain atap ini biasanya dignakan rumah – rumah yang berukuran biasa sampai yang berukuran luas.

Desain atap perisai ini digunakan di bagian atap rumah yang memiliki bentuk yang melebar ke samping, sedangkan desain atap pelana tersebut digunakan untuk desain atap teras rumah dan mungkin bisa kalian lakukan sebaliknya.

Atap Sandar

Desain atap sandar ini merupakan desain modifikasi dari desain atap pelana yang menggunakan desain satu atap, pertama digunakan di bangunan tambahan di sebuah rumah dengan perkembangan zaman desain atap sandar ini bisa digunakan di bagian desain rumah utama yang dapat memberikan kesan futuristik apa lagi digunakan di desain rumah modern.

Kesimpulan :

Jika kalian konsultasi dengan jasa desain rumah maka kalian sudah mendapatkan beberapa recommended desain atap yang cocok untuk desain rumah kalian.