Berkunjung Ke Klenteng Sanggar Agung

Kalian pasti bingung, apasih Klenteng Sanggar Agung itu? Kelenteng Sanggar Agung atau dikenal Stempat ibadah bagi pemeluk Tridharma juga menjadi tempat tujuan wisata bagi para wisatawan.

Ciri Khas Klenteng Sanggar Agung

Kelenteng Sanggar Agung  mempunyai ciri khas sebuah patung Kwan Im setinggi 20m yang terletak di tepi laut. Klenteng ini dipersembahkan kepada Nan Hai Guan Shi Yin Pu atau biasa dikenal Bodhisatwa Kwan Im Laut Selatan. Patung ini dibangun setelah seorang karyawan Sanggar Agung melihat sesosok wanita berjubah putih berjalan di atas air pada saat ia sedang menutup Klenteng Sanggar Agung di malam hari. Penampakan itu dipercaya sebagai penampakan Kwan Im sendiri. Selain patung Kwan Im, Klenteng Sanggar Agung juga mempunyai patung Phra Phrom raksasa yang berlapis emas.

klenteng

Sejarah Pembangunan

Klenteng Sanggar Agung didirikan oleh keluarga Soetiadji Yudh, diresmikan pada tahun 1999, bertepatan dengan Tahun Baru Imlek. Patung raksasa Kwan Im dibangun 2 tahun kemudian. Pada Festival Bulan Purnama tahun 1978, tanggal 15 bulan Agustus Imlek, klenteng dibangun sekitar 50m di sebelah selatan Sanggar Agung yaitu Klenteng Kwan Kong Bio. Lokasi klenteng ini dipindahkan sebanyak 3 kali sampai akhirnya Sanggar Agung dibangun. Tahun 1999, klenteng Kwan Kong Bio secara resmi dipindahkan ke lokasi yang sekarang yaitu Klenteng Sanggar Agung. Beberapa dari patung dewa di Sanggar Agung sudah diletakkan di dalam bangunan klenteng yang lebih lama semenjak puluhan tahun. Bangunan ini memiliki luas 4.000 m².

Lokasi & Rute Klenteng Sanggar Agung

Lokasi klenteng ini berada di kawasan Kenjeran Park Surabaya, tepatnya di Jl. Sukolilo No. 100 Kota Surabaya, Jawa Timur 60122.

Jika kalian menggunakan mobil pribadi, kalian bisa langsung menuju ke pantai kenjeran. Karena klenteng ini terletak di tepi pantai kenjeran. Jika menggunakan kendaraan umum, kalian harus berpindah dari satu angkutan ke angkutan lainnya. kalian bisa menggunakan transportasi online, untuk perjalanan yang lebih cepat dan mudah, karena kalian bisa langsung diantar ke lokasi Klenteng Sanggar Agung seperti sewa mobil malang juanda surabaya.

Harga Tiket & Jam Buka Klenteng Sanggar Agung?

Pada umumnya harga tiket masuk tempat wisata berbeda antara weekend dan weekday, tetapi harga tiket masuk Klenteng Sanggar Agung ini weekend dan weekday itu sama saja yaitu Rp. 10.000.-

Setiap tempat wisata punya jam buka dan jam tutup yang berbeda. Begitu juga dengan Klenteng Sanggar Agung ini. Klenteng Sanggar Agung buka jam 09.00 dan tutup jam 17.00 WIB.

Nah, cukup menarik kan kelnteng sanggar agung ini untuk dikunjungi? Kalian juga bisa menikmati suasana yang bagus di tepi pantai loh! Jika masih bingung atau kurang jelas mengenai informasi di atas, kalian bisa mengubungi pihak Klenteng Sanggar Agung (031) 3816133.

Referensi: nahwatravel.co.id

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *