Bisnis Makanan Kekinian Modal Kecil yang Banyak Diminati

Jika kita berbicara tentang bisnis apa yang mudah untuk dilakukan, hampir semua orang mungkin akan menjawab bisnis makanan. Memang, ide bisnis makanan kekinian modal kecil bisa memberikan keuntungan yang besar. Hal itu pun tidak terlepas dari faktor rasa dan juga seberapa unik dalam melakukan penyajiannya.

Bahkan, peluang membuat ide jualan makanan kekinian kini semakin besar karena dengan adanya sistem online. Hal tersebut membuat pengusaha tidak perlu ribet membuat atau menyewa tempat untuk berjualan. Mereka bisa menjual makanan hanya dengan dari rumah sendiri untuk mengurangi biaya operasional.

Berikut Daftar Ide Bisnis Makanan Online Kekinian Modal Kecil yang Banyak Diminati

Mendapatkan ide bisnisi makanan online kekinian dengan modal kecil tidaklah mudah. Maka dari itu, simak berbagai ide dan gagasan bisnis makanan online kekinian berikut ini.

1. Dadar Gulung

Ide jualan makanan online kekinian pertama yang dapat kamu coba adalah dadar gulung. Makanan yang satu ini sangat populer sebagai jajanan anak sekolah. Ditambah lagi, pembuatan dadar gulung hanya membutuhkan modal kecil sehingga bisa menjadi inspirasi bisnis kuliner kamu.

Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan dadar gulung antara lain yaitu, tepung terigu, telur, kelapa parut, dan juga gula merah. Berbagai bahan tersebut tentunya bisa kamu dapatkan di pasar dengan harga yang terjangkau.

Dengan sistem penjualan online, kamu juga bisa mempromosikannya melalui platform media sosial atau melalui aplikasi pesan antar.

2. Bruule Bomb

Bruule bomb merupakan salah satu ide jualan makanan online kekinian yang hanya cukup dengan modal kecil. Camilan yang satu ini tengah populer saat ini semenjak seorang artis memulai bisnis tersebut. Selain dapat dijadikan sebagai makanan siap saji, bruule bomb juga bisa dijual kedalam bentuk frozen food sehingga cukup fleksibel.

Bahan pembuatan bruule bomb sendiri antara lain yaitu, bawang bombay, bawang putih, sosis, margarin, terigu, susu cair, dan juga keju mozarella. Berbagai campuran dari bahan makanan tersebut berhasil memberikan sensasi rasa yang begitu enak di mulut. Tidak heran jika jajanan yang satu ini cukup populer di dunia maya.

3. Bakso Goreng

Makanan seperti bakso pastinya memang selalu memberikan cita rasa tersendiri. Apalagi, bakso ini dapat disajikan dalam berbagai bentuk lagi yang salah satunya adalah bakso goreng. Bahan-bahan pembuatan bakso goreng pun sangat mudah di dapat murah sehingga bisa dijadikan ide jualan makanan online kekinian selanjutnya yang bisa kamu coba.

Bakso goreng bisa disajikan ke dalam dua jenis varian, yakni versi siap saji dan juga frozen food. Secara umum, target penikmat bakso goreng ini hampir dari semua kalangan. Namun, kebanyakan berasal dari kalangan pelajar, mahasiswa, hingga para pekerja kantoran.

4. Ayam Goreng Crispy

Salah satu ide jualan makanan online kekinian dengan modal kecil selanjutnya adalah ayam goreng crispy. Makanan yang satu ini kerap dijadikan sebagai camilan, namun tidak jarang juga untuk digunakan sebagai makanan pendamping nasi. Melalui media sosial, popularitas ayam goreng crispy saat ini cukup melonjak tajam.

Pada dasarnya, dalam proses pembuatan ayam goreng crispy tidak selalu terpaku dengan bumbu yang ada. Kamu bisa mengkreasikan dengan menambahkan bumbu sendiri sehingga menciptakan cita rasa yang unik. Apabila kamu ingin lebih praktis lagi, cobalah untuk bergabung dengan perusahaan franchise makanan sehingga bahan-bahannya bisa lebih mudah didapatkan.

5. Sosis Bakar

Pada dasarnya, sosis bakar sudah populer sejak beberapa tahun terakhir. Walaupun begitu, sosis bakar juga bisa dijadikan sebagai ide jualan makanan online kekinian dengan modal kecil selanjutnya yang bisa kamu coba. Bahan yang diperlukan hanya cukup menggunakan satu bahan saja, yakni sosis itu sendiri dan panggangan.

Hal yang menjadi perbedaan dari pedagang lainnya adalah cita rasa yang ditambahkan pada sosis tersebut. Di sinilah kamu bisa bereksperimen dengan menciptakan varian rasa baru yang unik. Untuk sistem penjualannya pun bisa dilakukan melalui platform media sosial atau menggunakan aplikasi pesan antar.

6. Nasi Goreng

Bisa dikatakan, nasi goreng merupakan salah satu makanan populer yang sudah dahulu. Meskipun begitu, nasi goreng dapat menjadi salah satu ide jualan makanan online yang cukup kekinian. Makanan olahan nasi yang satu ini sering menjadi menu favorit bagi seluruh masyarakat Indonesia khususnya pada malam hari.

Sama halnya dengan poin sebelumnya, setiap daerah memiliki varian nasi goreng sendiri sehingga membuat makanan ini punya ciri khas tersendiri pada daerah masing-masing. Contohnya seperti nasi goreng jawa, nasi goreng kambing, nasi goreng ayam, nasi goreng pedas, dan tentunya masih banyak lagi variannya. Dengan kepopulerannya tersebut, berjualan nasi goreng medapatnjadi bisnis yang menjanjikan baik dijual secara langsung atau dengan menggunakan sistem online.

7. Tahu Bulat

Nama tahu bulat juga cukup populer sejak beberapa tahun terakhir. Makanan ringan yang satu ini termasuk ke dalam jajanan yang murah meriah yang sering digoreng dadakan. Dari sisi pasarnya, tahu bulat sangat digemari oleh banyak orang mulai dari anak sekolah, mahasiswa, hingga masyarakat umum.

Dari sisi modalnya, modal pembuatan tahu bulat termasuk kecil karena bahan dasarnya adalah tahu biasa yang dibuat menjadi bentuk bola-bola. Untuk mendapatkan tahu tersebut, kamu bisa bekerja sama dengan supplier atau produsen tahu sehingga kamu hanya perlu menggorengnya saja. Selain dijual siap makan, kamu bisa juga menjualnya dengan cara frozen food seperti pada poin sebelumnya.

8. Bomboloni

Makanan selanjutnya yang bisa kamu coba buat sendiri adalah bomboloni. Untuk kamu yang belum tahu, bomboloni merupakan sejenis donat namun tidak mempunyai lubang di tengahnya. Di dalam bomboloni tersebut ada macam-macam isian krim dengan berbagai rasa dan bisa disesuaikan dengan keinginan konsumen.

Makanan yang satu ini dapat menjadi ide jualan makanan online kekinian sehingga tidak perlu mengeluarkan modal besar lagi. Bahkan, cara pembuatannya hampir mirip dengan donat biasa sehingga tidak terlalu sulit untuk dibuat. Selain itu, kamu bisa membuat kreasi baru dari bomboloni tersebut agar bisa dilirik banyak calon konsumen.

9. Seblak

Seblak termasuk ide bisnis makanan online kekinian dengan modal kecil. Makanan yang satu ini menggunakan bahan kerupuk dan telur sebagai bahan utama yang kemudian direbus dengan kuah pedas. Salah satu kreasi makanan yang satu ini berasal dari Bandung dan populer begitu cepat, khususnya pada kalangan anak muda. Campuran rasa pedas, manis, dan asin tersebut membuat seblak mendapatkan pemikat hati tersendiri bagi konsumen.

Kamu bisa menjual seblak dengan berbagai tambahan toping seperti sosis, bakso, ceker ayam, siomay goreng, dan lain-lain. Selain itu, kamu bisa berkreasi sesuai selera dari sisi level kepedasannya. Cobalah buat seblak dengan level pedas yang berbeda-beda sesuai dengan selera calon konsumen.

10. Pizza Mini

Ide jualan makanan online kekinian yang terakhir yaitu adalah pizza mini. Nama pizza pastinya sudah tidak asing oleh masyarakat, khususnya di daerah perkotaan. Selama ini, nama pizza lebih identik dengan brand-brand yang sudah terkenal. Meskipun begitu, kamu juga bisa buat jenis pizza lainnya seperti pizza mini.

Makanan yang satu ini sangat praktis dan harganya tentunya lebih murah sehingga banyak calon konsumen yang memburu makanan tersebut. Secara umum, kamu bisa dengan mudah membuat pizza mini menggunakan berbagai topping sederhana seperti sosis, jamur, jagung, keju, dan masih banyak lagi. Selain itu, kamu juga bisa mengkreasikan dengan tambahan topping yang menarik lainnya untuk dapat menarik para pelanggan.

Demikianlah daftar ide bisnis makanan online kekinian dengan modal kecil. Dari ulasan di atas, kita dapat melihat bahwa penjualan makanan saat ini tentunya bisa dilakukan dengan cara online sehingga tidak harus berjualan dengan menyewa tempat. Hal yang perlu kamu siapkan adalah selalu bersikap konsisten dan tidak mudah menyerah.

Dari macam-macam ide-ide menarik untuk berjualan makanan secara online di atas, mana yang menurutmu paling menarik?