Cara Berjualan di Shopee Agar Cepat Laku

Kamu juga harus tahu berbagai strategi jualan di Shopee setelah mengetahui cara buka toko di Shopee lewat HP. Kamu bisa memanfaatkan fitur yang tersedia di Shopee supaya konsumen yang ingin belanja online pun tertarik untuk membelinya. Berikut cara berjualan di Shopee untuk pemula agar cepat laku.

1. Daftar program Gratis Ongkir XTRA

Setiap pembeli tentu akan senang menerima bonus misalnya gratis ongkir. Shopee memiliki program yang mana penjual dan pembeli bisa mendapat subsidi gratis ongkir dengan beberapa syarat & ketentuan. Tentunya program ini amat menguntungkan kedua belah pihak. Kamu harus tahu apa saja kriteria program Free Ongkir Shopee ini yakni:

  • Toko kamu punya produk yang aktif, minimal 1 produk dengan stok minimal 1
  • Toko masih menerima pesanan dalam 7 hari terakhir
  • Toko masih aktif dan tidak sedang mengaktifkan fitur toko libur
  • Toko sudah mengaktifkan salah satu jasa kirim berikut: Shopee Express Standard, Shopee Express Sameday, SiCepat REG, J&T Express, Ninja Express
  • Poin penalti yang didapat toko kamu tidak lebih dari 3
  • Toko tidak punya riwayat pesanan yang manipulatif (tidak wajar), tidak ada kejanggalan akun, atau tindak pelanggaran lainnya

Baca juga : cara dropship di shopee

Toko kamu memenuhi berbagai kriteria di atas? Bila ya, ada baiknya mendaftar program gratis ongkir XTRA. Caranya sebagai berikut:

  • Masuk ke aplikasi
  • Pilih menu Gratis Ongkir XTRA
  • Pilih menu Semua Gratis Ongkir
  • Scroll layar sampai bawah, pilih Daftar Sekarang
  • Selanjutnya, akan ada beberapa dokumen untuk di-upload: nomor KTP, foto e-KTP, dan foto kamu sedang memegang e-KTP secara close-up
  • Ceklis Syarat & Ketentuan yang diajukan tap Kirimkan
  • Selesai

Bila pendaftaran sudah dilakukan, kamu tinggal menunggu review dari Shopee.

2. Upload foto produk minimal 10 kali setiap hari

Cara berjualan di Shopee untuk pemula selanjutnya dengan meng-upload produk setiap hari minimal 10 kali dalam sehari. Tujuannya supaya toko kamu selalu aktif untuk update etalase toko setiap hari sehingga sistem akan mendeteksi bahwa tokonya aktif. Kamu juga harus tahu bahwa toko yang aktif baik dari segi penjualan, ulasan produk dan rating juga dengan meng-upload produk setiap hari minimal 10 produk akan meningkatkan dan mengoptimasi munculnya produk kita di mesin pencari Shopee.

3. Berikan harga yang kompetitif

Setiap seller Shopee hendaknya melakukan pemantauan harga kompetitor untuk mengatur harga pasaran dan menjaga kompetisi di antara pemilik toko. Bila hanya mengandalkan harga murah, tentu hasilnya kurang efektif. Ada harga, tentu ada kualitas.Tentukan segmentasi pembeli yang tepat sehingga kamu tidak perlu menjual produk dengan margin keuntungan yang sedikit.

4. Berikan informasi produk yang akurat

Bagaimana cara supaya pelanggan bisa dapat gambaran yang jelas dengan produk yang dijual? Kamu patut memperhatikan beberapa hal di bawah ini

  • Judul produk: buat judul dengan format “Merek + Model Produk + Spesifikasi + Ukuran“
  • Foto produk: Buat foto yang jelas dengan background yang clean, sebaiknya berlatar putih
  • Deskripsi produk: jelaskan produk dengan lugas mulai dari spesifikasi, apa kegunaannya, dan informasi produk lain
  • Kategori dan variasi: pilih kategori yang tepat sesuai produk. Bila perlu berupa jenis bahan, warna, dan variasi lain
  • Gunakan fitur naikkan produk

Cara menjual barang di Shopee agar laku selanjutnya dengan menaikkan produk pada hasil pencarian Shopee, maksimal untuk 5 produk selama 4 jam sekali. Caranya cukup sederhana yakni buka app > tap Saya > tap lagi Toko Saya > scroll ke bawah lalu pilih produk yang ingin dinaikkan > tap Naikkan Produk.

5. Tambahkan variasi produk

Seperti disebut di atas, variasi produk amat penting. Tujuannya untuk memudahkan pembeli dalam memilih produk yang sesuai kebutuhan. Menurut Shopee, semakin banyak variasi produk tentunya memperbesar peluang untuk mendapatkan pembeli. Variasi yang dimaksud bisa penambahan warna dan ukuran.

6. Tambahkan voucher toko

Promosi voucher juga bisa menarik perhatian pembeli. Caranya cukup mudah yakni buka app > tap Saya > tap lagi Toko Saya > pilih Promosi Saya >tap Voucher. Selanjutnya, buat voucher toko kamu mulai dari tipenya apa, diskonnya berapa, maksimal berapa produk, berapa lama promo berlangsung, dan lainnya.

7. Promosi di media sosial

Cara jualan di Shopee untuk pemula terakhir, manfaat media sosial untuk berinteraksi dengan calon pelanggan. Bila sudah terjalin komunikasi yang intens, kamu akan lebih mudah untuk membawa mereka ke halaman produk Shopee. Jadi jangan lupa untuk mencantumkan link toko di bio media sosial seperti Instagram atau Facebook.