Cara Bikin Minyak VCO Yang Mudah Dan Berkualitas

Minyak VCO sangatlah banyak manfaatnya untuk kesehatan. Cara bikin minyak VCO sangatlah mudah. Ada berbagai macam metode untuk membuatnya.

Virgin Coconut Oil

Virgin coconut oil adalah minyak alami yang terbuat dari kelapa yang diekstrak, Bisa di sebut juga minyak kelapa. Minyak alami ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari memasak hingga sebagai produk kecantikan. Aroma dan rasanya yang khas membuat minyak ini banyak digemari.

Virgin coconut oil (VCO) alias minyak kelapa dara, dipercaya memiliki kualitas yang lebih tinggi dibandingkan minyak kelapa biasa karena keduanya melewati proses ekstraksi yang berbeda.

Virgin coconut oil diperoleh langsung dari santan kelapa segar tanpa melalui proses pemanasan, penyulingan, pemutihan, dan pengharuman sehingga tidak mengubah sifat alami minyak. Dan ternyata, manfaat virgin coconut oil bagi kesehatan sangat menakjubkan.

Aroma dan rasanya yang khas membuat minyak ini banyak digemari. Tidak tanggung-tangung, minyak alami ini pun mempunyai manfaat yang bisa kamu rasakan mulai dari ujung kaki hingga kepala. Oleh karena itu ada banyak cara menggunakan virgin coconut oil yang bisa kamu coba.

Kandungan virgin coconut oil kaya akan omega 3 yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, mencegah resiko penyakin jantung dan hati, serta meningkatkan kinerja otak.

Selain itu, virgin coconut oil juga baik untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan lauric acid di dalamnya baik untuk melembapkan kulit dan memperkuat batang rambut.

Cara Bikin Minyak VCO Yang Berkualitas

Untuk membuat minyak VCO, ada berbagai macam metode. Metode tersebut sebagai berikut:

1. Metode Tanpa Pemanasan

Cara pembuatan minyak kelapa ini menghasilkan minyak yang bening yang sering disebut minyak kelapa murni. Anda juga harus menyiapkan daging kelapa yang tua dan mengikuti cara-cara membuat minyak kelapa murni sebagai berikut:

  1. Parut daging kelapa kemudian peras santannya (beri sedikit udara agar santan yang keluar lebih banyak).
  2. Masukkan santannya ke dalam kantong plastik lalu diamkan selama 1-2 jam hingga terbentuk 2 lapisan yaitu santan di atas dan udara di bawah.
  3. Buatlah lubang di bagian bawah plastik agar udara terpisah dan terbuang percuma, Tuang santan kental ke dalam wadah plastik, tutup dengan rapat, dan simpan pada suhu ruangan yang minim sinar matahari selama 24 jam.4.
  4. Setelah 24 jam akan terbentuk tiga lapisan yaitu minyak kelapa (atas), minyak kelapa (tengah), udara (bawah), Tuang minyak ke dalam wadah yang memungkinkan dan kain bersih atau tisu tanpa pewangi untuk menyimpan minyak dan santan.5.
  5. Anda juga bisa menaruhnya di lemari es sehingga tiga lapisan yang paling atas membeku. Ambil bagian yang beku yaitu minyak, lalu ulangi langkah tadi dengan tisu atau kain bersih, Tetesan minyak dari proses ini disebut VCO.

2. Metode Pemanasan

Metode ini menggunakan pemanasan yang terkontrol. Untuk melakukannya. Krim yang diperoleh dari santan tadi dimasak dalam wajan dengan suhu sedang dari 60 ° C hingga 75 ° C, Lalu diaduk perlahan sampai minyak keluar. Saat Anda mendapatkan oli, matikan apinya.

Pisahkan minyaknya dari tempat dengan sendok. Keuntungan menggunakan metode ini adalah VCO produk diperoleh dalam waktu yang lebih singkat daripada metode lainnya.

3. Metode Fermentasi

Cara membuat VCO dengan fermentasi dimulai dari menyiapkan krim santan di dalam toples dan kemudian tambahkan ragi roti sebanyak 1/4 sendok teh.

Jika kamu membutuhkan minyak kelapa dalam jumlah kecil, proses pembuatan dengan cara fermentasi adalah yang paling tepat. Hasilnya terdapat 3 lapisan: lapisan atas (minyak), lapisan tengah (pirang), dan lapisan bawah (air).

4. Metode Pancing

Metode pancing ini adalah metode yang mudah, Dengan menggunakan VCO yang sudah jadi sebagai pancinganya untuk membentuk minyak baru.

Langkah-langkahnya sangat mudah yaitu: siapkan krim, taruh di toples, lalu tambahkan 1-2 sendok makan VCO dan aduk rata. Tutup toples, lalu tunggu 24 jam, Hasilnya ada 3 lapisan yaitu: lapisan atas, lapisan tengah , dan lapisan bawah.

5. Metode Enzim Daun Pepaya

Daun pepaya mengandung enzim papain yang dapat digunakan untuk cara membuat minyak kelapa murni.

Langkah-langkahnya yaitu: Siapkan daun pepaya dan potong kecil-kecil, Campur daun pepaya cincang halus dengan krim kelapa dan masukkan ke dalam toples tertutup, Tunggu selama 24 jam hingga 3 lapisan terbentuk.

Anda bisa membuat virgin cocconut oil itu menggunakan mesin pembuat VCO. Menggunakan mesin juga dapat mempermudah proses pembuatan anda.

Manfaat Dari VCO

1. Mempertajam fungsi kognitif otak

Salah satu sifat yang paling menguntungkan dari virgin coconut oil adalah kandungan asam lemak rantai sedang (MCT)-nya.

MCT tidak hanya lebih mudah diserap oleh hati dibanding jenis asam lemak lainnya, tetapi juga dimetabolisme lebih cepat. Artinya, asam lemak sehat ini dapat diolah lebih lanjut menjadi keton yang dapat dimanfaatkan oleh otak sebagai sumber energi utamanya.

Didampingi dengan pola diet rendah karbohidrat, asupan keton dapat menyediakan hingga 70% dari kebutuhan energi otak dan telah terbukti memiliki peluang efek terapi pada orang yang menderita kehilangan memori, seperti dalam kasus penyakit Alzheimer.

2. Membunuh bakteri dan virus penyebab infeksi

Hampir 50 persen dari asam lemak dalam virgin coconut oil adalah asam laurat. Ketika asam laurat dicerna, asam lemak sehat ini akan berubah menjadi zat yang disebut monolaurin.

Asam laurat dan monolaurin diketahui dapat membunuh patogen berbahaya penyebab infeksi, seperti bakteri, virus, dan jamur.

3. Mengurangi frekuensi kejang anak

Kandungan MCT dalam virgin coconut oil dikirim langsung ke hati untuk diproses menjadi keton yang dikirim ke otak sebagai sumber energi utama.

Jika minyak kelapa dara dikonsumsi rutin berbarengan dengan diet rendah karbohidrat, pada gilirannya ini akan meningkatkan konsentrasi darah dari badan keton, yang dapat membantu mengurangi kejadian kejang pada anak yang memiliki epilepsi.

4. Membantu menurunkan berat badan

Selain membantu memerangi gangguan otak dan memori, konsumsi asam lemak rantai menengah yang terkandung dalam minyak kelapa dara, telah terbukti meningkatkan jumlah kalori yang Anda bakar dibandingkan dengan asam lemak lainnya.

Dengan kata lain, tubuh dapat dengan mudah mengubah lemak untuk dimanfaatkan menjadi energi. Keton, sebagai salah satu bentuk energi hasil metabolisme lemak, diketahui dapat memiliki efek mengurangi nafsu makan.

Begitulah cara bikin minyak VCO yang mudah dengan berbagai metode. Sangat mudah untuk di praktekan di rumah. Dan manfaatnya juga sangat banyak sekali.