Cara Memasak Nasi Jagung Simple, Gurih Dan Enak


Jagung bisa diolah menjadi nasi jagung simple yang enak dan Gurih. Cara memasak nasi jagung juga mudah. Simak cara memasak nasi Jagung simple berikut ini.

Jagung

cara memasak nasi jagung simple

Jagung (Zea mays ssp. Mays) merupakan salah satu tanaman penghasil karbohidrat terpenting di dunia, selain gandum dan beras. Bagi penduduk Amerika Tengah dan Selatan, jagung merupakan makanan pokok, sebagian penduduk Afrika dan sebagian wilayah di Indonesia. Saat ini, jagung juga telah menjadi komponen penting dalam pakan ternak. Penggunaan lainnya adalah sebagai sumber minyak nabati dan sebagai bahan dasar tepung maizena. Berbagai produk turunan jagung digunakan sebagai bahan baku berbagai produk industri farmasi, kosmetik dan kimia.

Jagung merupakan model tanaman yang menarik, terutama dalam bidang biologi dan pertanian. Sejak awal abad ke-20, tanaman ini telah menjadi objek penelitian genetika yang intens, dan membantu membentuk teknologi budidaya hibrida yang revolusioner. Dari segi fisiologi tumbuhan ini tergolong tumbuhan C4 sehingga sangat efisien dalam memanfaatkan sinar matahari. Dalam studi agronomi, respon dramatis dan karakteristik jagung terhadap defisiensi atau keracunan unsur-unsur yang tidak penting membuat jagung menjadi tanaman percobaan fisiologi pemupukan yang masuk.

Untuk merontokkan jagung selain dengan manual menggunakan tangan, juga dilakukan dengan simpel menggunakan mesin perontok jagung

Nasi jagung

cara memasak nasi jagung simple

Nasi jagung (nasek empog, nasi ampok, nasi empok) merupakan makanan khas Indonesia yang berbahan dasar jagung. Jagung yang digunakan dalam pembuatan nasi jagung adalah jagung yang sudah tua atau dikenal dengan jagung pipilan. Di pasaran, jagung pipilan mudah ditemukan karena harganya relatif murah dibandingkan dengan harga jagung manis atau jagung muda. Nasi jagung sama dengan nasi putih biasa yang dimakan dengan lauk pauk lainnya.

Manfaat Jagung

cara memasak nasi jagung simple

1. Gangguan pencernaan

Jagung rebus memiliki khasiat mencegah gangguan pencernaan. Gangguan pencernaan tidak hanya untuk anak-anak, tetapi juga orang dewasa dan wanita hamil. Manfaat jagung rebus bagi kesehatan berasal dari kandungan yang ada di dalamnya.

Penelitian yang dilakukan oleh Dr. Arthur Schatzkin, mantan kepala cabang epidemiologi nutrisi di Institut Kanker Nasional AS (NCI) menyimpulkan bahwa asupan serat total tidak terkait dengan risiko kanker kolorektal, sedangkan biji-bijian mengurangi risiko tersebut.

Kandungan serat pada jagung rebus cukup tinggi. Serat bisa membuat makanan bergerak dengan lancar di saluran pencernaan. Agar konsumen terhindar dari masalah sembelit atau susah buang air besar.

2. Sumber energi

Jagung dapat digunakan sebagai sumber energi. Manfaat rebusan jagung bagi kesehatan berasal dari kandungan karbohidrat di dalamnya. Tak heran jika banyak yang mengandalkan jagung rebus sebagai nasi.

Karbohidrat merupakan sumber energi yang penting. Terutama untuk stamina dan metabolisme konsumennya. Ada sekitar 50 persen kalori yang dibutuhkan tubuh. Kalori tersebut sebaiknya didapat dari makanan berkarbohidrat seperti jagung rebus.

Jagung sering dijadikan bahan makanan nasi karena kandungan karbohidrat dan proteinnya yang tinggi. Karena itu, peringatan camilan harian sangat cocok. Tujuannya agar tubuh tetap berenergi.

3. Asam folat

Bagi ibu hamil, manfaat jagung rebus untuk kesehatan patut diandalkan. Memprioritaskan kesehatan janin dalam kandungan. Ada banyak asam folat dalam jagung rebus ini.

Saat hamil, asam folat merupakan nutrisi yang dapat membantu janin tumbuh dan berkembang. Asam folat dibutuhkan oleh janin sebagai penata sistem sel dan sistem saraf serta tulang belakang.

Bahaya jika bayi kekurangan asam folat biasanya akan mengalami gangguan. Oleh karena itu penting untuk menjadikan jagung rebus sebagai camilan bagi ibu hamil. Apalagi kandungan asam folatnya juga bisa membantu mencegah anemia.

4. Kaya Vitamin B.

Selain asam folat atau vitamin B9, manfaat jagung rebus untuk kesehatan juga memberikan vitamin B kompleks. Jagung mengandung vitamin B3, B5, B6, dan B9. Semua vitamin ini cocok untuk anak-anak, dewasa, dan ibu hamil.

Vitamin B3 menjaga kesehatan sistem saraf dan kulit. Vitamin B5 membantu mendapatkan energi dari makanan. Vitamin B6 dapat membantu mengobati mual di pagi hari dan memproduksi sel darah merah.

5. Jantung

Memiliki hati yang sehat merupakan dambaan banyak orang. Pasalnya, penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian terbesar di dunia. Karena itu, cobalah manfaatkan manfaat jagung rebus untuk kesehatan jantung.

Jagung rebus mengandung vitamin C, karotenoid, dan bioflavonoid. Kandungan ini sangat baik untuk mengontrol jumlah kolesterol dalam darah. Untuk membuat masalah kardiovaskular lebih mudah dikendalikan.

Bahkan vitamin C yang dimilikinya juga dapat membantu mengurangi asam amino pada pembuluh darah. Asam amino yang meningkat dapat menyebabkan masalah pada pembuluh darah. Demikian juga, meningkatkan berbagai masalah yang berhubungan dengan hati manusia.

6. Antioksidan

Jagung rebus juga mengandung antioksidan. Inilah yang menjadikan manfaat jagung rebus untuk kesehatan yang patut Anda andalkan. Kandungan antioksidan pada jagung diketahui cenderung lebih tinggi dibandingkan biji-bijian lainnya.

Lutein merupakan salah satu jenis antioksidan dalam jagung rebus yang dapat melindungi mata dari kerusakan sel. Ada juga Zeaxanthin yang merupakan karotenoid paling umum ditemukan pada tumbuhan. Kandungan ini diduga dapat meningkatkan kesehatan mata.

7. Kaya Protein

Manfaat kesehatan jagung rebus terhambat oleh kandungan proteinnya. Sangat baik untuk memenuhi kebutuhan protein harian para pemakannya. Untuk anak-anak, dewasa, lansia, hingga ibu hamil.

Selama masa kehamilan, khususnya trimester kedua dan ketiga, protein merupakan salah satu nutrisi yang paling dibutuhkan. Selain itu, protein juga berfungsi sebagai batu bata penyusun tubuh janin dan berperan penting dalam pertumbuhannya.

Sementara itu, anak-anak, dewasa, dan lansia dapat memperoleh manfaat dari penguatan sistem kekebalan tubuh. Memudahkan pemesanan sel dan jaringan tubuh. Begitu juga bagi yang ingin memiliki pola makan yang sehat, jagung bisa diandalkan karena sifatnya yang sangat mengenyangkan.

8. Kandungan Kalium

Manfaat jagung rebus untuk kesehatan lebih lanjut adalah dari kandungan kaliumnya. Kalium berperan penting dalam membantu otot berkontraksi, menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam sel tubuh. Kalium berperan dalam menjaga kestabilan tekanan darah.

Kalium sangat baik untuk memantau metabolisme tubuh manusia. Apalagi kandungan kalium pada jagung rebus cocok untuk penderita diabetes karena rendah gula. Kemudian mampu menjaga kesehatan jantung, mencegah stroke, menjaga syaraf, tulang dan otot.

9. Kanker paru-paru

Jagung rebus dapat digunakan untuk mengatasi masalah kanker paru-paru. Manfaat jagung rebus bagi kesehatan berasal dari kandungan cryptoxanthin-nya. Kandungan ini sangat baik untuk mencegah perkembangan kanker paru-paru menjadi semakin ganas.

Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa jagung dapat mencegah kanker paru-paru. Terdapat bahan kimia alami bernama cryptoxanthin pada jagung manis yang bila diserap tubuh akan berubah menjadi vitamin A.

Kanker paru-paru merupakan penyebab kematian nomor satu bagi pria di Indonesia. Pada kanker paru-paru, sel paru-paru menjadi abnormal dan bersifat kanker, sehingga tumbuh tidak terkendali. Kanker paru-paru biasanya menyerang orang yang berusia lebih dari 40 tahun.

Jenis kanker ini sering kali dikaitkan dengan merokok. Sebagian besar kasus (85%) diderita oleh perokok. Namun, orang yang tidak merokok juga bisa terkena kanker paru-paru.

10. Daya Ingat

Jagung rebus dapat membantu meningkatkan daya ingat. Manfaat jagung rebus bagi kesehatan berasal dari kandungan tiamin dan vitamin B1. Selain meningkatkan kemampuan daya ingat, jagung rebus juga mampu mencegah penyakit Alzheimer.

Penyakit Alzheimer / demensia sering dialami oleh para lansia. Kondisi ketika beberapa sel di otak tidak berfungsi lagi. Akibatnya, kemampuan otak menurun drastis.

Pada fase awal, penderita Alzheimer biasanya sering kehilangan ingatan jangka pendek. Misalnya lupa atau tidak bisa mengingat kejadian yang baru saja terjadi. Selain itu, penderita seringkali lupa nama tempat atau benda yang sering digunakan.

Penderita penyakit Alzheimer akan mengalami penurunan fungsi intelektual yang parah. Hal tersebut akan menyebabkan terganggunya aktivitas sehari-hari dan kehidupan sosial pasien.

Cara Memasak Nasi Jagung

Bahan-bahan yang Diperlukan yaitu:

  • 250 gram jagung meniran/tumbukan
  • 150 gram beras
  • 1 1/2 sendok teh garam
  • 750 ml air
  • 600 ml santan (dihangatkan)

Cara Memasaknya Yaitu:

  1. Rendam jagung meniran dengan nasi dan garam menggunakan air yang telah disediakan. Kemudian rebus campuran beras dan jagung hingga airnya habis, lalu segera angkat.
  2. Masukkan nasi jagung ke dalam panci kukus atau kukusan yang sudah dipanaskan sebelumnya. Siram nasi jagung menggunakan santan hangat, angkat, lalu kukus nasi jagung hingga matang dan segera.
  3. Kalau sudah berarti nasi jagung sudah siap dihidangkan.

Itu tadi cara memasak nasi jagung simple, gurih dan enak. Semoga apa yang Saya sampaikan ini bisa bermanfaat. Jika, Anda ingin mengetahui lebih lengkap tentang nasi jagung Anda bisa membaca artikel tentang resep nasi jagung. Semoga bermanfaat.

_Terima Kasih & Selamat Mencoba_