Cara Memasak Sate Telur Puyuh Balado Favorit Anda dan Keluarga

cara memasak sate telur puyuh balado
Ilustrasi Sate Telu Puyuh Bumbu Balado

Cara memasak sate telur puyuh balado – Sate telur puyuh merupakan hidangan penyerta atau bisa dijadikan lauk untuk makanan yang kaya akan kuah, seperti sop, sop, bahkan bubur ayam. Anda pasti sudah sangat familiar dengan jajanan khas angkringan yang satu ini. Sate telur puyuh banyak dijumpai di warung soto sebagai pelengkap hidangan utama.

Jika Anda berkunjung ke Yogyakarta, Anda pasti akan menemukan Angkringan dengan nasi kucing dan lauk lainnya seperti sate telur puyuh, sate keong, sate usus, dll. Seperti telur ayam, mengolah telur puyuh juga tidak menyulitkan Anda. Olahan tumisan lainnya menjadi pilihan tepat bagi Anda yang tidak ingin ribet. Anda hanya perlu menambahkan bahan cincang.

Sesuaikan rasa sesuai dengan keinginan Anda dan Anda bisa langsung menikmati sajian telur puyuh. Pada kesempatan kali ini kami menyajikan resep dan cara memasak sate telur puyuh balado, langsung saja menuju pembahasan selanjutnya yaaa.

Baca Juga : Resep Cara Buat Boba dari Tepung Tapioka Simpel

Cara Memasak Sate Telur Puyuh Balado

Bahan:

  • 30 Butir telur puyuh rebus
  • 2 Lembar daun jeruk
  • 1 Batang serai
  • 1 Buah tomat merah
  • 1¼ Sendok teh garam
  • ½ Sendok teh gula pasir
  • 1 Sendok makan asam jawa
  • 5 Sendok makan minyak sayur
  • 4 Siung bawang putih
  • 5 Butir bawang merah
  • 8 Buah cabai merah besar
  • 4 Buah cabai merah keriting

Cara Memasak:

  1. Langkah pertama adalah menggoreng telur puyuh dalam minyak yang dipanaskan dengan api sedang hingga garing dan telur mengeluarkan lapisan seperti kulit.
  2. Kemudian tumis bumbu halus, daun jeruk, dan serai sampai harum. Tambahkan tomat. Aduk secara perlahan hingga merata.
  3. Terakhir masukkan telur puyuh, garam, gula, dan air asam jawa. Masak hingga matang.
  4. Susun dan tusukkan telur puyuh yang telah dimasak pada tusukan sate. Satu tusukan sate terdiri dari lima 4 sampai 5 butir telur atau sesuai selera.

Kandungan Gizi Telur Puyuh

1. Kaya akan protein

Sama seperti telur, telur puyuh juga mengandung makanan yang tinggi protein. Satu porsi sate telur puyuh (terdiri dari5 butir telur) mengandung 6 gram protein dan hasilnya setara dengan satu butir telur ayam.

Tubuh manusia membutuhkan nutrisi protein untuk digunakan sebagai energi, menjaga kekuatan fisik, menjaga kesehatan kulit dan rambut, serta membangun dan memperkuat massa otot.

2. Kaya akan vitamin A dan kolin

Telur mini yang dihasilkan oleh puyuh juga kaya akan vitamin A dan kolin. Setiap porsi sate telur puyuh memiliki kandungan 119 mg kolin dan 244 IU vitamin A. Artinya, satu porsi sate telur puyuh (setara dengan 5 butir telur) dapat memenuhi 22-28% kebutuhan kolin harian Anda dan 8 pada 10% kebutuhan harian Anda. kebutuhan. asupan vitamin A.

Keduanya bekerja sama untuk menjaga sistem kekebalan tubuh bekerja untuk mencegah risiko penyakit dan infeksi, terutama perkembangan penyakit jantung. Vitamin A dan kolin yang terdapat pada sate telur puyuh ini juga dapat menjaga fungsi sistem saraf dan penglihatan.

3. Kaya akan selenium dan zat besi

Selenium (26%) dan zat besi (9%) yang terkandung pada sate telur puyuh lebih banyak dibandingkan telur ayam. Selenium berfungsi untuk menjaga fungsi kognitif otak, meningkatkan metabolisme hormon tiroid, dan memperbaiki kerusakan DNA. Pada saat yang sama, zat besi dapat membuat sel darah merah yang sehat untuk mencegah anemia.

Zat besi juga dapat memberikan kemampuan untuk membantu mencegah penyakit jantung. Kombinasi zat besi dan selenium digunakan tubuh untuk melakukan metabolisme otot dan menjaga kesehatan pembuluh darah.

Bagaimana? Mudah bukan? Silahkan anda coba-coba sendiri memasak di rumah ya. Nantikan artikel menarik lainnya dilain kesempatan.

Jangan lewatkan artikel menarik selanjutnya Simak Cara Membuat Boba Dengan 3 Bahan Saja