Cara Membuat Abon Sapi Pedas Enak, Gurih, dan Lezat

Bingung mengolah daging sapi kurban yang masih tersisa? Tak perlu khawatir, Anda bisa mengolahnya menjadi abon sapi. Berikut cara membuat abon sapi pedas yang bisa Anda coba.

Enak, gurih, tahan lama, dan praktis. Empat kata yang mendeskrpsikan tentang abon sapi. Abon sapi memang banyak dijual di pasar, tetapi kamu juga bisa membuat abon di rumah dengan bahan yang lebih terjamin. Cara bikin abon sapi rumahan, selain itu Anda juga bisa menyimpan abon sebagai stok makanan yang tahan lama.

Sejarah Abon

Negara asal abon dari negeri Tiongkok, dan awal pembuatan nya digunakan sebagai Topping atau isian dari berbagai hidangan seperti roti kering, bakpao, bubur, nasi dan juga sebagai makanan lain nya.

Abon salah satu bahan makanan paling populer di dalam masakan tiongkok juga di Indonesia.Jenis abon yang satu ini memang yang paling digemari di kalangan masyarakat, karena selain rasanya yang enak, gurih abon ini memiliki kandungan gizi yang tinggi.

Abon sapi ini tersedia diberbagi tempat dalam jumlah yang banyak, jadi Anda bisa menemukannya dengan mudah. Beberapa daging cocok untuk jadi olahan abon seperti daging sapi, ayam, ikan, dan lain nya. Berikut cara membuat abon sapi pedas, ayam dan lain nya.

Cara Mambuat Abon Sapi Pedas Rumahan

Bahan utama:

  • 1 kg daging sapi (pilih yang masih segar)
  • 300 ml santan kental
  • 1 ruas lengkuas (dimemarkan)
  • 2 lbr daun salam

Bumbu halus:

  1. 3 sendok makan gula merah (atau sesuai selera)
  2. 4 siung bawang putih (atau sesuai selera)
  3. 2 sdm ketumbar
  4. Cabe rawit
  5. Garam secukupnya

Cara membuat abon sapi pedas:

  1. Masukkan daging sapi, lengkuas, dan daun salam dalam panci kemudian direbus dengan air mendidih.
  2. Jika sudah yakin lunak angkat dan biarkan agar dingin, lalu diiris tipis-tipis.
  3. Daging sapi yang sudah diiris kemudian dipukul-pukul menggunakan alat khusus sampai memar.
  4. Berikutnya suwir semua daging yang sudah digeprek sampai mirip helai-helai kapas.
  5. Kemudian kita rebus santan lalu masukkan suwiran daging sapi bersama bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan.
  6. Masak sampai santan benar-benar habis dan suwiran daging terasa kering. Untuk hasil terbaik sebaiknya dimasak dengan api sedang.

Abon daging ini bisa awet berbulan-bulan jika Anda menyimpannya di wadah tertutup dan kedap udara. Anda tinggal menaburkannya di atas sepiring nasi hangat  ditambah bawang goreng saat buah hati mogok makan. 

Tips

Ketika dimasak bersama santan lebih baik suwiran daging di bolak-balik agar tidak ada sebagian yang gosong

Agar lebih taham lama dan rasanya tidak berubah sebaiknya abon sapi disimpan di wadah yang kering dan bersih. Sebelum Anda masukan dalam wadah abon sapi harus dalam kondisi dingin agar tidak basi.

Biasanya resep abon sapi dengan hasil yang renyah dan enak tergantung dari cara pengolahannya dan paling penting pada saat proses terakhir yaitu ketika merebus santan dan daging. Waktu proses ini kondisi api perlu dijaga agar tetap sedang, tidak terlalu besar atau terlalu kecil.

Pilih Sesuai Kebutuhan Tubuh!

Berdasarkan hasil dekskripsi penjelasan di atas, baik abon sapi maupun ayam, keduanya memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Tinggal bagaimana Anda sebagai konsumen cermat dalam memilihnya yang sesusai dengan kebutuhan tubuh.

Bisa dicatat, meskipun abon dibuat dari daging-dagingan yang memiliki kandungan baik untuk tubuh, proses memasaknya dapat membuat kualitas gizi yang tersimpan di dalamnya. Jika Anda memasaknya terlalu lama, hal ini dapat membuat abon kehilangan kehilangan baik yang ada di dalamnya.

Untuk Anda sedang ingin menurunkan berat badan, abon ayam kurang cocok untuk Anda karena mengandung kadar lemak yang lebih tinggi disbanding sapi. Selain itu, abon ayam juga kurang cocok bagi penderita hipertensi karena kandungan natriumnya yang tinggi.

Demikian informasi singkat mengenai cara membuat abon sapi rumahan yang perlu Anda ketahui, karena ini merupakan langkah awal Anda dalam memulai, dan semoga ini bisa menjadi referensi untuk Anda. 

Terima kasih