Cara Membuat Ayam Crispy Goreng Kriuk Ala Rumahan

Pasti kalian di rumah sudah tidak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Karena Cara Membuat Ayam Crispy Goreng Kriuk memang terkenal karena kelezatan dan kekriukannya ini. Semua orang menjadikan makanan yang satu ini menjadi makanan yang favorit.

Dalam prosesnya pun cukup mudah dan sederhana sekali, dimulai dari bahan dan alat – alat yang digunakkannya pun sangat mudah ditemukan di manapun. Jadi buat kalian di rumah harus mencobanya, dijamin waktu kalian tidak akan terbuang dengan sia – sia. Yukk kita simak artikel berikut ini.

Kandungan Ayam

Cara Membuat Ayam Crispy Goreng Kriuk

Ilmuwan nutrisi AS Chris Mohr mengatakan nilai gizi daging ayam memiliki manfaat. Ada beberapa jenis nutrisi, seperti protein, yang jumlahnya cukup banyak – 18 gram dalam 100 gram daging ayam. Namun, kandungan daging ayam tidak sebatas protein saja.

Namun daging ayam mengandung banyak nutrisi seperti kalsium, magnesium, fosfor, kalium, natrium, dan juga beberapa vitamin. Vitamin dalam daging ayam seperti vitamin C, vitamin B1, vitamin D, vitamin B-12, vitamin A dan K, folat, serta riboflavin dan niasin.

Kandungan kalori ayam sangat tinggi. 100 gram daging ayam juga menghasilkan 302 kalori. Tingkat kalori ini cukup untuk meningkatkan jumlah energi dalam tubuh. Jadi Anda akan tetap merasa kenyang meski makan ayam meski tanpa karbohidrat. Namun, ada baiknya jika Anda mendapatkan semua nutrisi agar tubuh tidak lemas dan kekurangan energi.

Cara Membuat Ayam Crispy Goreng Kriuk

Cara Membuat Ayam Crispy Goreng Kriuk

Bahan – Bahan :

  • 1/2 kg ayam ( sesuai selera )

Bumbu Marinasi :

  • bawang putih 3 siung
  • ketumbar 1/2 send0k makan
  • kunir bubur 1/4 sendok makan
  • garam 1 sendok makan
  • penyedap rasa 1/4 sendok makan
  • merica 1/4 sendok makan
  • 1/4 air air perasan jeruk nipis

Bumbu Tepung :

  • tepung terigu 1/4 kg
  • tepung beras 3 sendok makan
  • maizena 5 sendok makan
  • tepung crispy 3 sendok makan
  • 2 sendok makan tepung tapioka

Bumbu Celupan :

  • air secukupnya
  • telur 1 butir
  • garam 1/2 sendok makan

Cara Membuat :

  1. Bersihkan dan potong ayam terlebih dahulu, lalu campurkan dengan bumbu marinasi secara merata, kemudian simpan di dalam kulkas kurang lebih sehari semalam agar bumbu marinasi benar – benar meresap secara merata.
  2. Campurkan adonan tepung kering dan bumbu tepung, aduk – aduk secara bersamaan hingga tercampur dengan rata, lalu sisihkan.
  3. Untuk adonan celupan yang pertama, lalu ambil 6 sendok dari adonan tepung, lalu tambahkan garam, penyedap rasa dan tambahkan air hingga adonan encer.
  4. Adonan celupan yang kedua cukup masukkan telur dan garam, lalu beri air secukupnya.
  5. Ambil ayam yang sudah dimarinasi dari kulkas lalu celupkan ke dalam telur, kemudian celupkan ke dalam adonan tepung yang kering,.
  6. Setelah itu celupkan ke dalam adonan tepung yang encer, lalu celupkan lagi ke dalam adonan tepung yang kering tekan – tekan supaya bisa menghasilkan crispy yang bagus, lakukan berulang – ulang hingga ayam habis.
  7. Panaskan minyak goreng, minyaknya kalau bisa yang banyak dan menggunakan panci saja supaya  minyak bener – bener banyak.
  8. Masukkan ayam ke dalam minyak panas dengan api sedang, pastikan ayam sampai benar – benar terendam.
  9. Tunggu hingga ayam berwarna kecoklatan, jangan terlalu sering membolak – balikan ayam supaya tidak menyerap minyak terlalu banyak.
  10. Angkat dan sajikan ayam ( dengan sambal / saos akan lebih nikmat )

Selengkapnya Cara Buat Kue Bakpao Lembut Ala Rumahan

Tips

Seringkali, kebanyakan orang tidak memasaknya karena kesalahan kecil, seperti penggunaan minyak yang salah, yang tidak memberikan tekstur renyah yang diinginkan. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda membuat kentaki ayam renyah agar ayam renyah lezat yang akan bertahan lama.

1. Jangan Menggoreng Ayam Langsung dari Freezer

Jika Anda menyimpan ayam di lemari es atau freezer, usahakan untuk tidak langsung menggorengnya, karena ini akan menurunkan suhu minyak dan ayam tidak akan matang sepenuhnya. Hal ini juga akan mencegah kulit ayam memiliki tekstur yang renyah yang menjadi ciri khas dari kentaki ayam yang renyah.

2. Rendam Ayam Dalam Air Asin

Kebanyakan orang sering melewatkan langkah ini. Padahal, jika Anda tahu bahwa air asin bisa membuat ayam lebih renyah. Pertama, rendam irisan ayam dalam air asin selama sekitar 4 jam sebelum menutupinya dengan tepung. Cara ini akan menghasilkan tekstur daging yang renyah dan empuk.

3. Jangan Menggoreng Ayam Dengan Minyak yang Terlalu Panas

Minyak sayur yang terlalu panas akan membuat daging cepat gosong bagian luarnya, meskipun belum matang sempurna. Panggang ayam pada suhu 165 ° C selama sekitar 15-18 menit. Tidak hanya itu, usahakan untuk tidak menggoreng ayam secara bersamaan karena bisa mengisi wajan. Wajan penuh akan menurunkan suhu minyak dan memperpanjang waktu memasak, menghasilkan tepung ayam yang renyah.

4. Teknik Olesan Tepung Harus Benar

Kunci membuat kentaki ayam crispy krispi adalah teknik pelapisan tepung yang benar. Kebanyakan orang hanya melapisi tepung sekali sebelum menggoreng. Padahal, urutan yang benar adalah menaburkannya dengan tepung dan telur lalu melapisinya lagi dengan telur dan tepung untuk mendapatkan kerak yang renyah.

Pastikan juga untuk menambahkan bumbu seperti merica dan garam ke setiap lapisan tepung untuk membuat bumbu ayam.

5. Jangan Gunakan Hanya Paha Ayam

Kebanyakan orang hanya ingin menggunakan paha ayam untuk kerak yang renyah. Padahal, jika Anda tahu bahwa semua potongan daging ayam bisa membuat ayam krispi yang renyah dan nikmat, salah satunya adalah bagian dada. Untuk menumis dada ayam, potong terlebih dahulu ayam menjadi potongan-potongan kecil agar ayam lebih cepat matang.

Itulah sedikit informasi tentang Cara Membuat Ayam Crispy Goreng Kriuk yang bisa membantu kalian dalam memilih menu untuk keluarga dan teman – teman kalian di rumah. Karena memang makanan yang satu ini tidak membosankan sam sekali, jadi sangat cocok untuk dihidangkan oleh siapa saja.

Mohon maaf jika ada salah kata pada artikel yang saya tulis ini, semoga bisa bermanfaat untuk kalian di rumah, Terima kasih dan selamat mencoba.