Cara Membuat Bakpao Kacang Hijau Empuk dan Lembut

Inilah resep rahasia di balik suksesnya dalam Cara Membuat Bakpao Kacang Hijau sendiri. Tidak banyak orang yang mengetahui resep yang satu ini. Karena memang tidak diragukan lagi dengan cita rasa dan kelembutan dari kue bakpao yang satu ini. Jadi semua orang yang menyoba makanan yang satu ini dijamin bakalan ketagihan bangett, apalagi untuk anak – anak.

Di samping memiliki cita rasa yang lezat dan kelembutan teksturnya, bakpao ini juga memiliki banyak sekali manfaat yang bisa kita ambil dan kita serap. Mau tau kan gimana dan apa saja yang terdapat pada Cara Membuat Bakpao Kacang Hijau ini ? Yukkk kita simak langsung artikel di bawah ini.

Bakpao

Cara Membuat Bakpao Kacang Hijau

Bakpao adalah salah satu kue yang paling populer di Indonesia, namun kue tradisional ini berasal dari China, kue tersebut disebut bakpao oleh orang Indonesia, kata Hokkien untuk sarapan. Kue ini biasanya diisi dengan daging, coklat, pandan atau kacang hijau. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang lembut membuat hidangan ini menarik bagi semua orang. Selain enak, kue ini juga relatif rendah minyak karena tidak digoreng atau dikukus.

Hidangan ini terbuat dari adonan tepung yang diremas dengan ragi, lalu diisi di tengahnya. Cara Membuat Bakpao Kacang Hijau ini bisa dikatakan mudah – mudah namun sulit. Untuk membuatnya membutuhkan teknik menguleni sendiri.

Bakpao aman untuk semua orang, termasuk anak-anak dan balita. Proses pengukusan membuat siomay menjadi salah satu cemilan yang rendah kalori dibandingkan gorengan. Pada umumnya bahan untuk membuat siomay adalah daging ayam, daging sapi dan kacang hijau yang juga kaya akan protein yang baik untuk tubuh.

Menurut Angka Kecukupan Gizi (AKG) tahun 2013, kebutuhan balita sekitar 1600 kkal, sedangkan kebutuhan orang dewasa sekitar 2000 kkal. 100 gram bakso mengandung 239 kkal. Satu muffin kira-kira 120 gram, jadi satu muffin mengandung 287 kkal, atau 18% dari kebutuhan harian balita dan 14% kebutuhan orang dewasa. Oleh karena itu, bakpao dapat dijadikan sebagai camilan sehari-hari untuk memenuhi asupan nutrisi tubuh.

Kacang Hijau

Cara Membuat Bakpao Kacang Hijau

Kacang hijau (Phaseolus radiatus L.) merupakan salah satu tanaman legum penting di Asia Tenggara dan Asia Selatan. Di Indonesia, tanaman ini menempati urutan ketiga setelah kedelai dan kacang tanah, baik dari segi luas tanam dan produksi maupun sebagai bahan pangan. Tanaman ini berumur pendek semusim, sekitar 65 hari. Buncis mengandung 24,4% protein, 1% lemak, dan 64,6% karbohidrat. Selain itu, menurut (Marzuki dan Soeprapto, 2007), tanaman ini mengandung vitamin B1, vitamin A dan C.

Kacang hijau banyak digunakan sebagai bahan makanan seperti tauge, sup, bubur, tepung, minuman dan kacang-kacangan. Di Indonesia, sebaran daerah produksi kacang hijau adalah Nangroe Aceh Darussalam, Sumatera Barat dan Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Utara dan Selatan, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Pulau Jawa merupakan penghasil utama kacang hijau di Indonesia, potensi lahan kering di daerah yang cocok untuk ditanami kacang hijau sangat luas. Buncis merupakan tanaman sekunder dan dikenal luas di daerah tropis. Tumbuhan dari famili Fabaceae ini memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari sebagai sumber protein nabati yang tinggi.

Tumbuh buncis, seperti kedelai, selalu meningkat dari tahun ke tahun, tetapi hasil tidak meningkat. Buncis mengandung protein yang cukup tinggi yaitu 22% dan merupakan sumber mineral penting yang baik, termasuk kalsium dan fosfor. Sedangkan komponen lemaknya adalah asam lemak tak jenuh. Kandungan kalsium dan fosfor dalam buncis membantu menjaga tulang tetap kuat.

Kacang hijau juga rendah lemak, yang sangat bagus untuk mereka yang ingin menghindari makan banyak lemak. Tidak hanya itu, rendahnya kandungan lemak pada kacang hijau juga membuat makanan dan minuman dengan bahan dari kacang hijau tidak mudah tercium.

Manfaat Kacang Hijau

Secara garis besar ada beberapa manfaat yang terkandung dalam biji kacang hijau ini. Berikut sedikit informasi mengenai manfaat kacang hijau dalam Cara Membuat Bakpao Kacang Hijau.

1. Sumber Mineral

Kacang hijau adalah makanan yang kaya akan mineral. Beberapa mineral penting yang ada di dalamnya adalah kalium, magnesium, asam folat, seng, besi, dan fosfor. Kalium dan magnesium penting untuk menjaga kesehatan jantung

2. Kaya Serat

Kacang hijau juga merupakan sumber serat yang baik, baik yang larut maupun yang tidak larut. Serat tidak larut membantu menjaga sistem pencernaan tetap sehat dan mengurangi masalah sembelit. Sedangkan serat larut membantu menurunkan kolesterol jahat dalam darah dan menjaga gula darah

3. Kaya Akan Protein

Sebagai nutrisi pembangun tubuh, Anda harus mengonsumsi protein dalam jumlah yang cukup setiap hari. Berbeda dengan protein hewani yang seringkali masih mengandung lemak jenuh, buncis merupakan sumber protein nabati yang baik tanpa lemak jenuh.

4. Baik untuk Kesehatan Jantung

Manfaat besar lainnya dari kacang hijau adalah sangat bagus untuk kesehatan jantung. Konsumsi buncis secara teratur membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan fleksibilitas arteri dan vena.

5. Memiliki Efek Detoksifikasi

Kacang hijau memiliki efek detoksifikasi tubuh dan meningkatkan metabolisme. Dalam pengobatan alami di China dan India, kacang hijau sering dianjurkan untuk detoksifikasi (mengeluarkan racun) dalam tubuh dan menyembuhkan penyakit kronis.

6. Menurunkan Berat Badan

Kacang hijau rendah kalori (tidak dimasak dengan santan dan tinggi gula) dan merupakan sumber serat yang dapat membuat Anda kenyang untuk waktu yang lama. Dengan begitu, keinginan untuk jajan akan terbatas. Hal ini merupakan hal positif bagi Anda yang menginginkan pola makan yang sehat dan alami.

Cara Membuat Bakpao Kacang Hijau

Cara Membuat Bakpao Kacang Hijau

Bahan Bakpao :

  • tepung terigu 300 gram
  • baking powder 1/2 sendok teh
  • ragi instan 2 sendok teh
  • tepung tangmien 60 gram
  • air suji dingin, dari 20 lembar suji
  • gula pasir 75 gram
  • mentega putih 30 gram
  • 1 putih telur
  • pasta pandan 1/8 sendok teh
  • 2 lembar pandan
  • susu bubuk 25 gram
  • 1 sendok teh garam

Bahan Isian :

  • kacang hijau kupas 100 gram
  • garam 1/8 sendok teh
  • gula pasir 100 gram
  • daun pandan 2 lembar
  • santan kental, dari 1/2 butir kelapa 125 ml

Cara Membuat Isian :

  1. Untuk cara pertama, kita akan memulai langkah ini dengan terlebih dahulu menyiapkan alat isian. Untuk beberapa peralatan, Anda perlu menyertakan tas jinjing, spatula atau pengocok, dan pengukus.
  2. Siapkan saja alat ini dan Anda siap membuat pangsit manis ini. Setelah perangkat selesai, masukkan kacang hijau yang sudah dikupas ke dalam ember atau pot.
  3. Tambahkan air untuk merendam kacang selama kurang lebih 2 jam. Kemudian siapkan kukusan di atas kompor dan panaskan dengan api sedang, lalu kukus kacang hijau sampai bahan ini empuk dan mengembang merata.
  4. Kemudian angkat jika sudah matang dan haluskan dengan blender. Tuang santan agar blender bisa bekerja menggiling bahan-bahan tersebut secara merata.
  5. Kemudian, campurkan bahan-bahan tersebut dengan baik dengan gula dan garam, santan dan daun pandan. Gunakan pengocok untuk mengaduk hingga bahan menjadi lentur atau tidak lengket.
  6. Setelah selesai, keluarkan dari kotak dan dinginkan sementara. Kemudian ambil sedikit adonan dan bentuk menjadi bola-bola kecil dengan ukuran yang diinginkan.

Cara Membuat Bakpao :

  1. Untuk membuat bakpao ini terlebih dahulu Anda perlu menyiapkan wadah dan menambahkan tepung terigu beserta tepung roti, baking powder, gula pasir, susu bubuk dan ragi. Aduk semua bahan ini sampai tercampur.
  2. Jika sudah, lanjutkan dengan menambahkan putih telur. Aduk dan uleni bahan ini dengan baik. Kali ini, tambahkan perasan daun labu siam untuk warna yang cantik. Kemudian aduk hingga adonan berubah warna dan kalis.
  3. Tambahkan mentega putih dengan garam. Aduk bahan ini dengan baik sampai elastis dan diamkan selama sekitar 30 menit agar adonan mengembang lebih merata.
  4. Timbang adonan masing-masing 30 gram dan diamkan adonan selama kurang lebih 10 menit hingga adonan menjadi lembut merata. Gunakan rolling pin untuk menggulung adonan, lalu bentuk menjadi lingkaran lalu beri isian di tengahnya. Kemudian potong ujungnya secara merata.
  5. Lipat setiap bagian untuk membentuk mawar. Kemudian letakkan di atas perkamen dan diamkan hingga mengembang sempurna dalam waktu sekitar 40 menit.
  6. Setelah matang, kukus dalam kukusan selama kurang lebih 10 menit hingga bahan matang dan mengembang merata.

Selengkapnya Cara Membuat Roti Goreng Dari Tepung Terigu

Sekian artikel saya mengenai Cara Membuat Bakpao Kacang Hijau beserta penjelasan dan manfaatnya. Semoga artikel saya kali ini dapat membantu kalian mengisi waktu luang dengan hal yang lebih positif lagi. Terima kasih dan selamat mencoba.