Cara Membuat Briket Arang Sekam Padi Yang Mudah Dan Sederhana

Tahukah kalian bagaimana cara membuat briket arang sekam padi? Jika tidak, maka kami akan menjelaskan bagaimana cara membuat briket arang sekam padi yang mudah dan sederhana.

Sisa penggilingan atau limbah padi yang berupa sekam, kerap kali bisa dijumpai di daerah-daerah penghasil padi. Selain banyak dimanfaatkan sebagai media tanam untuk tanaman hias, ternyata sekam padi juga bisa dijadikan sebagai bahan bakar alternatif.

Dengan hanya menggunakan bantuan teknologi yang cukup sederhana, arang sekam bisa diubah menjadi briket bahan bakar untuk menggantikan batu bara. Selain murah dan mudah ditemukan, briket arang sekam padi ini juga sangat mudah dibuat dan mempunyai nilai ekonomis yang cukup baik.

Cara Membuat Briket Arang Sekam Padi

Cara Membuat Briket Arang Sekam Padi

Walaupun briket dengan bahan baku arang sekam tidak sepanas briket batu bara, atau juga kurang tahan lama jika dibandingkan dengan briket batok kelapa, namun briket arang sekam padi mempunyai ketersediaan bahan baku yang melimpah. Sehingga proses pembuatan briket arang sekam tidak akan membutuhkan biaya yang tinggi seperti briket batok kelapa apalagi briket batu bara.

Cara membuat briket arang sekam padi ini membutuhkan 2 kali proses atau tahapan. Tahapan yang dibutuhkan dalam membuat briket dari arang sekam bisa kita lihat di bawah ini :

1.  Membuat Arang Sekam Sebagai Tahapan Cara Membuat Briket Arang Sekam

Cara Membuat Briket Arang Sekam Padi

Bahan yang dibutuhkan :

  • Sekam padi yang sudah kering,
  • Cerobong Asap digunakan untuk proses pembakaran sekam
  • Kayu, Serabut kelapa, minyak tanah, korek api

Cara Membuat Arang sekam:

  • Berdirikan cerobong yang sudah disiapkan di permukaan tanah yang rata. Setelah itu beri penyangga disekitar cerobong agar cerobong bisa berdiri dengan tegak dan tidak bisa roboh
  • Masukan serabut kelapa/kertas sebagai pemicu api kedalam lubang cerobong.
  • Kemudian Anda bisa menuangkan sekam padi di sekitar cerobong, sehingga nantinya sekam akan membentuk seperti sebuah gunung tinggi.
  • Siapkan korek api dan bakar serabut kelapa yang sudah berada di dalam cerobong, untuk mempermudah proses pembakaran Anda bisa menuangkan sedikit minyak tanah .
  • Api yang terbentuk di dalam cerobong nantinya akan tembus melewati lubang-lubang cerobong.
  • Jika bagian atas sekam sudah mulai menghitam, maka aduk-aduklah sekam padi dari atas ke bawah agar warna hitam/gosongnya bisa merata.
  • Jika semua sekam padi sudah menghitam atau sudah berubah menjadi arang, maka matikan bara api dengan cara menyiramnya dengan air.

2. Membuat Briket Arang Sekam Sebagai Tahapan Cara Membuat Briket Arang Sekam Padi

Bahan untuk membuat briket arang sekam padi :

  • Arang sekam padi yang sudah dibakar pada proses sebelumnya
  • Tepung kanji/pati
  • Pipa paralon atau bambu yang mempunyai diameter 10 cm dan tinggi 7 cm

Cara pembuatan briket arang sekam :

  • Pertama, encerkanlah 1 tepung kanji menggunakan 9 bagian air
  • Ambilah 1 larutan yang terbentuk kemudian tambahkan hingga 7 bagian arang sekam padi
  • Aduk sampai semua adonan merata
  • Jika sudah merata, maka adonan siap untuk dicetak. Masukkan adonan tadi ke dalam pipa paralon/bambu kemudian padatkan
  • Lalu Anda bisa mengeluarkan briket yang sudah padat dari dalam pipa paralon dengan perlahan-lahan dan hati hati
  • Keringkan hasil cetakan briket arang sekam ini di media penjemuran
  • Jemur briket ini sampai merata sampai hilang kadar airnya
  • Briket sekam padi pun siap untuk digunakan

Itulah 2 cara untuk membuat briket arang sekam padi yang mudah untuk dicoba. Jika Anda menginginkan cara yang lebih mudah untuk mengolah briket ini, maka Anda bisa menggunakan Alat pembuat briket. Anda bisa menemukan Alat pembuat briket di toko mesin atau di berbagai website google dan toko online.

Kelebihan Briket Sebagai Bahan Bakar Alternatif

Cara Membuat Briket Arang Sekam Padi

Briket merupakan bahan bakar alternatif yang lebih baik daripada bahan bakar fosil, terutama bahan bakar minyak. Mengapa briket mempunyai lebih baik dibandingkan dengan bahan bakar minyak? Berikut ini adalah penjelasannya!

1. Merupakan Energi Terbarukan

Briket merupakan sumber energi alternatif pengganti bahan bakar fosil (minyak bumi) yang mempunyai sifat yaitu dapat diperbaharui. Tidak seperti minyak bumi, briket bisa diperbaharui dalam waktu yang cukup singkat. Minyak bumi terbentuk dari fosil makhluk hidup dalam kurun waktu yang sangat panjang, yaitu sekitar lima puluh juta tahun. Sedangkan, briket bisa kita buat dalam waktu yang singkat.

Briket adalah energi terbaru yang terus dapat diperbaharui keberadaannya. Sehingga, nantinya manusia tidak akan kehabisan briket, seperti kehabisan bahan bakar minyak bumi.

2. Dapat mengurangi sampah

Kelebihan briket jika dibandingkan minyak bumi selanjutnya adalah briket bisa mengurangi sampah. Briket dibuat dari bahan-bahan yang mempunyai kandungan lignin dan selulosa seperti limbah biomassa. Artinya, briket ini bisa dibuat dari berbagai macam sampah atau limbah biomassa seperti hasil pertanian peternakan, kehutanan, dan juga perkebunan. Sehingga, proses pembuatan dan penggunaan briket akan bisa mengubah sampah menjadi sumber energi yang lebih berguna.

3. Lebih murah

Karena terbuat dari bahan-bahan limbah biomassa, menyebabkan briket mempunyai harga yang lebih murah daripada minyak bumi. Proses pembuatan briket juga tidak memerlukan proses penyulingan yang berskala besar seperti yang dilakukan pada minyak bumi.

Sehingga, hal ini nantinya akan membantu untuk menghemat biaya pembuatan. Limbah biomassa yang digunakan untuk membuat briket juga cukup mudah ditemukan dan memiliki jumlah yang cukup banyak. Bahan-bahan ini, misalnya, serbuk kayu, bonggol jagung, daun jati, tempurung kelapa, sekam padi, jerami, kotoran sapi, cangkang sawit, dan eceng gondok.

Itulah tadi beberapa cara membuat arang sekam padi beserta kelebihan briket yang bisa Anda baca untuk menambah wawasan Anda. Semoga artikel ini bisa menjawab pertanyaan Anda dan semoga bermanfaat!.