Cara Membuat Gula Semut dari Gula Merah

cara membuat gula semut dari gula merah

Cara Membuat Gula Semut dari Gula Merah – Gula semut merupakan versi bubuk dari gula aren atau biasa juga disebut dengan gula kristal. Dinamakan gula semut karena bentuk gula ini mirip dengan rumah semut yang bersarang di tanah.

Gula merah (gula aren) merupakan pemanis yang terbuat dari berbagai jenis nira aren, seperti kelapa, arenga, aren, dan nipa. Nira kelapa dipekatkan dengan proses pemanasan untuk menghilangkan kandungan air. Setelah diperoleh sirup yang kental, selanjutnya dicetak dan ditunggu hingga dingin. Pembuatan gula aren cukup mudah dan dapat dilakukan dengan peralatan yang sederhana.

Gula aren dikenal sebagai pemanis yang luar biasa. Keunggulan gula aren yaitu gula aren dinilai lebih sehat karena mengandung nilai gizi lebih dengan indeks glikemik lebih rendah dibandingkan dengan gula pasir. Kandungan indeks glikemik yang terkandung dalam gula aren perlu diperhatikan. asupan yang berlebihan dapat bersifat adiktif bagi tubuh dan dapat menyebabkan penyakit diabetes.

Indeks glikemik merupakan ukuran seberapa cepat makanan dapat meningkatkan kandungan gulanya. Semakin rendah nilai indeks glikemik, semakin lambat peningkatan kadar gula. Gula aren juga mengandung beberapa nutrisi lain, termasuk zat besi, seng, kalsium, kalium, dan bahkan antioksidan. Namun, jumlah nutrisinya tidak seimbang dengan makanan lain yang lebih kompleks seperti buah dan sayuran

Sama seperti gula pasir, gula aren juga memiliki kandungan kalori yang tinggi. Oleh karena itu bagi para penderita diabetes harus membatasi asupan gula aren. Meskipun gula aren memiliki banyak manfaat, bagi penderita diabetes dan orang yang sedang diet sebaiknya membatasi konsumsi gula aren.

Kegunaan Gula Semut dari Gula Merah

Gula semut aren dapat digunakan untuk;

  • Kopi
  • Teh
  • Susu
  • Bandrek
  • Minuman Herbal
  • Jamu
  • Pemanis Makanan
  • dll

Cara Membuat Gula Semut dari Gula Merah

gula semut dari gula merah

Langkah pertama dalam cara membuat gula semut dari gula merah adalah memotong gula merah aren. Gula merah aren yang dipilih adalah gula merah yang tidak dibasahi agar kristal gula semut lebih cepat terbentuk.

Panaskan gula merah cincang di atas api kecil dan aduk terus agar tidak gosong. Setelah dipanaskan selama 2 jam, kristal gula semut mulai terbentuk. Lanjutkan pemanasan dan aduk sampai semua gula merah mengkristal menjadi gula.

Gula semut yang sudah jadi diayak melalui saringan tepung untuk memisahkannya dari kotoran dan ukuran butirannya seragam. Gula semut rafinasi dikemas dalam plastik ziplock agar tetap kering, higienis, dan tahan lama.

Manfaat Gula Semut

Manfaat gula semut antara lain;

1. Mengurangi Risiko Diabetes

Gula pasir dengan indeks glikemik tinggi yang kita konsumsi dapat menyebabkan penyakit diabetes. Makanan dengan indeks glikemik tinggi dapat meningkatkan gula darah.

Dibandingkan dengan gula pasir, nilai glikemik pada gula semut jauh lebih rendah. Oleh karena itu, ada baiknya mempertimbangkan penggunaan gula semut untuk mencegah diabetes.

2. Menjaga Kadar Kolesterol

Riset Food and Nutrition Research Institute mengatakan bahwa kadar fitonutrien seperti flavonoid, antosianin, dan polifenol pada gula semut sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung. Peran fitonutrien dalam gula semut mengurangi kolesterol jahat dan mengurangi peradangan.

3. Mengurangi Risiko Osteoporosis

Gula aren juga mengandung kalsium yang memiliki banyak manfaat, antara lain menjaga sendi, otot dan tulang serta mengurangi risiko osteoporosis.

4. Baik untuk Kesehatan Pencernaan

Kandungan inulin yang terkandung dalam gula semut sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Kandungan inulin juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Inulin juga membantu mencegah dan mempercepat penyembuhan diare.

5. Menjaga Kesehatan Saraf dan Fungsi Otot

Gula semut mengandung magnesium dalam jumlah besar yang dibutuhkan oleh tubuh. Magnesium membantu menjaga fungsi saraf dan otot, memelihara otot jantung dan kekuatan tulang.

Sekarang sudah banyak sekali alat yang mempermudah kita. Untuk membuat gula semut, sekarang sudah ada mesin gula semut Cek di sini untuk info selengkapnya.

Sekian artikel kali ini, semoga bermanfaat.