Cara Membuat Kue Cakwe Goreng Dengan Mudah

Hello sahabat-sahabat semuanya, pada kesempatan serta artikel saya kali ini, saya ingin berbagi dengan sahabat-sahabat semua cara membuat kue cakwe goreng, karena biasanya sahabat sekalian cuma makan cakwe kan?, nah adanya artikel ini bisa membantu sahabat-sahabat semua untuk membuat cakwe sendiri.

Kalian sebenarnya juga ga perlu untuk khawatir jika tidak bisa mengikutinya karena tentu saja didalam artikel ini sahabat sekalian pastinya dapat dengan mudah mengikuti langkah-langkah pembuatannya. Jadi sahabat-sahabat bisa membuat cakwe goreng yang banyak di rumah sendiri deh, hehehe.

Etsss, tapi sebelum saya mendalami cara membuat cakwe goreng, sebenarnya saya ingin sedikit membahas hal seputaran tentang cakwe goreng ini. Supaya sahabat sekalian tidak cuma bisa membuat cakwe, tetapi juga memiliki wawasan dan mengetahui hal seputaran tentang cakwe goreng ini.

Langsung saja tanpa perlu lagi ada kata beserta banyak basa-basi lagi, berikut pembahasan mengenai cakwe goreng.

CAKWE GORENG

cara membuat kue cakwe goreng

Cakwe yakni makanan ringan sekaligus jajanan yang berasal dan asli dari Cina atau Tiongkok. Makanan ini sendiri sebenarnya tercipta dari tragedi atau peristiwa yang tercatat di sejarah kuno yang bisa dibilang cukup tragis sekaligus kelam. Cakwe pada awalnya digunakan sebagai simbol protes masyarakat terhadap pemerintahan masa Dinasti Song.

Meskipun awal dari penciptaan cakwe ini dapat dibilang cukup gelap, cakwe goreng ini nyatanya sangatlah digemari. Makanan ini juga telah tersebar negara lain dengan menggunakan nama serta rasa yang sesuai khasanah negara tersebut. Hal ini bisa terjadi dikarenakan banyak orang Tionghoa yang merantau serta menyebarkan makanan ini.

Di negara asalnya sendiri, makanan cakwe ini lebih sering dikenal dan disebut dengan sebutan Youtiao serta tentunya dengan penyajian yang berbeda-beda, Cakwe ini juga biasanya disantap bersamaan secara langsung dengan bubur panas.

CARA MEMBUAT CAKWE GORENG

cara membuat kue cakwe goreng

Setelah tadi kita telah membahas sedikit hal seputaran tentang cakwe goreng sebelumnya bersama sahabat sekalian, sekarang sudah saatnya saya akan membahas cara membuat cakwe goreng, pembahasan kali ini tentu yang sahabat sekalian tunggu-tunggu kan? Hehehe.

Langsung saja tanpa perlu lagi ada kata beserta banyak basa-basi lagi, kita masuk ke pembahasan dan cara membuat cakwe goreng.

Bahan-bahan :

2 sendok teh ragi instan
250 ml air
Minyak goreng (secukupnya)
1 sendok makan gula pasir
1/2 sendok teh baking powder
1 sendok teh garam halus
2 siung bawang putih
250 gram tepung protein sedang dengan merk apapun
50 gram tepung terigu protein rendah dengan merk apapun

Bahan untuk membuat saus :

1/2 sendok teh garam
1 sdm saus tomat botol atau sachet (bisa menggunakan merk apapun)
1 sdm saus sambal botol atau sachet (bisa menggunakan merk apapun)
1 siung bawang putih (dihaluskan)
1 sendok teh tepung maizena
3 sdm gula pasir

Langkah pembuatan :

  1. Langkah pertama yang bisa sahabat sekalian lakukan yakni mencampurkan ragi instan yang sudah disiapkan sebelumnya dengan air, kemudian kalian bisa diamkan larutan tersebut selama beberapa saat.
  2. Selanjutnya, sahabat sekalian bisa melanjutkannya dengan mencampurkan semua bahan kering yang sudah disiapkan sebelumnya bersamaan dengan bawang putih, dan kalian lanjutkan mencampurnya dengan larutan ragi yang sudah jadi serta sudah disiapkan sebelumnya.
  3. Selanjutnya, kalian bisa mengaduk adonannya hingga kalis dan halus. Dan dilanjutkan dengan menutup adonan dengan kain dengan waktu selama kurang lebih 15 menit.
  4. Selanjutnya, kalian bisa mengaduk serta menguleni adonannya lagi sampai sekiranya membentuk bola, kemudian menutupnya lagi dengan kain dengan waktu selama 6 jam. Hal ini dibutuhkan karena akan memungkinkan adonan menjadi mengembang.
  5. Langkah selanjutnya, kalian bisa menaburi tepung di atas roller board ataupun papan penggilingan, kemudian lanjutkan dengan menggiling adonan yang sudah jadi tadi sampai kira-kira mencapai ketebalan 0,5 cm.
  6. Kemudian, kalian bisa melanjutkannya dengan memotong-motong adonan tadi menjadi kira-kira berukuran 4×10 cm.
  7. Selanjutnya, sahabat sekalian bisa menaburi sedikit tepung kemudian lakukan penumpukan adonan menjadi 2 tumpukan. Selain itu juga, kalian harus memastikan untuk mencubit bagian tengahnya agar tidak menyatu secara utuh.
  8. Kemudian, sahabat sekalian bisa melanjutkannya dengan membuat serta juga membentuk adonan menjadi agak melar dan elastis.
  9. Selanjutnya, kalian bisa melanjutkannya dengan menggoreng adonan tadi ke dalam minyak yang panas sampai sekiranya muncul dan berwarna coklat kekuningan.
  10. Ketika sudah muncul warna coklat kekuningan itu tandanya cakwe sudah siap, tetapi kita disini melanjutkan pembuatan sausnya. Nah, untuk saus ini kalian bisa merebus dan memasak saus sambal, saus tomat, garam, gula, tomat serta bawang putih secara bersamaan didalam air yang panas.
  11. Kemudian, kalian lanjutkan dengan menuang tepung maizena yang sebelumnya sudah dilarutkan dengan 2 sendok makan air dan masak secara bersamaan sampai sekiranya berbuih.
  12. Setelah sausnya siap, sahabat sekalian bisa menyajikan cakwenya bersamaan dengan saus yang tadi sudah dibuat.

Nah, itu tadi pembahasan serta artikel yang berkaitan dengan cara membuat kue cakwe goreng, diharapkan artikel kali ini bisa bermanfaat bagi sahabat-sahabat sekalian yang sedang mencari atau tertarik dengan informasi terkait dengan cakwe goreng.

Selain itu, sahabat sekalian juga jangan lupa untuk kunjungi juga artikel lain yang ada diwebsite ini ya !, karena artikel disana saya jamin ga akan kalah menarik dengan yang disini, see u another time guyss !.