Cara Membuat Masker Kopi Kapal Api Kemasan Ekonomis

Cuma modal kopi, emang bisa buat masker buat kulit wajah? Gimana sih cara membuat masker dari bahan kopi kapal api kemasan. Nah artikel kali ini akan membahas tentang cara membuat masker kopi kapal api yang mudah dan ekonomis tentunya. Serta akan dirangkum beberapa manfaat masker kopi bagi wajah dan kesehatan kulit.

Cara Membuat Masker Kopi Kapal Api

cara membuat masker kopi kapal api

Kopi memang sudah lama dikenal kaya dengan nutrisi, mulai dari vitamin B2, vitamin B5, mangan, dan magnesium. Dengan begitu banyak nutrisi yang terkandung, kopi mampu mencegah munculnya kerutan dan juga flek hitam membandel di wajah. Antioksidan semacam flavonoid dan polifenol pada kopi dapat melindungi kulit dari radikal bebas yang memicu datangnya tanda-tanda penuaan.

Bubuk kopi hitam kapal api selain nikmat diminum juga sering diaplikasikan untuk scrub pada wajah karena mengangkat sel kulit mati dan kotoran pada wajah. Sehingga kulit tampak lembut dan lembap. Tidak kalah dengan manfaat masker kopi dan lidah buaya yang memang dapat melembabkan wajah karena campuran lidah buaya yang mengandung antioksidan tinggi.

Alat dan Bahan

  • Bubuk kopi kapal api
  • Air hangat
  • Wadah
  • Kuas (Opsional)

Cara Membuat Masker Kopi Kapal Api :

  1. Pertama-tama siapkan bubuk kopi hitam kapal api
  2. Kemudian seduh dengan air panas.
  3. Tunggulah kopi dingin dulu, hingga ampasnya mengendap di bawah wadah.
  4. Lalu aplikasikan ampas kopi dengan mengoleskan pada wajah.
  5. Diamkan dahulu selama 20 menit, terakhir bilas wajah dengan air hangat.

Baca Juga : Resep dan Cara Membuat Masakan Rendang ala Rumahan

Manfaat Masker Kopi Bagi Kesehatan Kulit

manfaat masker kopi bagi kesehatan kulit

1. Menenangkan Kulit

Kopi memang dikenal memiliki efek menstimulasi tubuh saat diminum. Namun, sebuah penelitian menunjukkan temuan sebaliknya. Kopi ternyata mempunyai manfaat menenangkan saat dipakai untuk masker pada kulit. Efek ini tidak lepas dari peran senyawa antioksidan yang terkandung dalam kopi.

2. Melawan Penuaan dini

Selain membuat wajah menjadi lebih rileks, manfaat dari masker kopi untuk wajah yang tidak kalah penting adalah mencegah penuaan dini. Memakai masker kopi atau pasta kopi ke kulit ternyata dapat mengurangi bintik hitam di wajah, kemerahan, serta garis halus. Yang mana jika tidak ditangani, ketiga hal tersebut bisa memicu penuaan dini.

Efek antipenuaan dari masker kopi ini diperoleh dari kandungan antiokidan zat alami ini. Karena kandungan antioksidan ini dapat melindungi kulit dari radikal bebas yang dapat memicu munculnya tanda-tanda penuaan. Minyak yang tergatung dari biji kopi dapat meningkatkan kolagen dan elastin, sehingga dapat membantu kulit tampak lebih kencang.

3. Mencegah Kanker Kulit

Selanjutnya kopi juga diperkaya dengan vitamin B3 ( niacin ). Yang mana senyawa ini diperoleh dari pemecahan senyawa trigonelline. Diketahui senyawa trigonelline bisa terurai menjadi niacin setelah biji kopi melalui proses panggang. Kandungan niacin ini membantu mencegah kanker kulit nonmelanoma.

4. Mengurangi Peradangan Pada Kulit

Salah satu manfaat lain dari masker kopi yang tidak kalah penting yakni dapat membantu mengurangi peradangan. Manfaat antiperadangan dari masker kopi ini berasal dari kandungan senyawa chlorogenic acid (CGA) dan melanoidin. Sebagai informasi, CGA dapat membantu mengurangi hiperpigmentasi yang terkait dengan peradangan.

5. Membantu Menghilangkan Jerawat

Kandungan CGA dalam kopi juga dapat membantu menghilangkan jerawat. Karena kandungan CGA dalam kopi memiliki sifat antiperadangan sekaligus antibakteri. Jika masker kopi digunakan bersamaan dengan dengan obat jerawat lain, akan membuat kombinasi bahan yang dipercaya dapt mengurangi jerawat lebih efektif.

6. Membantu Menghilangkan Mata Panda

Menghilangkan mata panda dengan cara alami juga bisa menggunakan masker kopi. Karena kafein yang terkandung dalam masker kopi ini dapat membantu melebarkan pembuluh darah yang menjadi biang lingkaran hitam membandel di bawah mata (mata panda).

7. Mengatasi Kulit ang Terbakar Sinar Matahari

Manfaat lulur kopi yang tidak kalah penting adalah membantu mengatasi kulit akibat terbakar matahari. Dengan menggunakan masker kopi ini setelah terpapar sengatan matahari dapat memberikan efek yang menenangkan bagi kulit.

Nah begitulah cara membuat masker kopi kapal api beserta beberapa manfaat yang diberikan ketika menggunakan masker kopi ini pada wajah. Dengan manfaat yang begitu banyak dan cara pembuatannya yang mudah dan murah serta gampang ditemukan sehingga cocok sekali untuk dicoba bagi kalian yang ingin kulit sehat dengan budget minim nih.