Cara Membuat Pancake Pisang Diet yang Nikmat dan Lezat

Anda sedang ingin diet? Tapi bingung dengan menu diet anda? Pancake pisang jawabannya. Pancake pisang ini sangat cocok bagi anda yang sedang melakukan diet. Nah, kali ini saya mau membagikan cara membuat pancake pisang diet. Tapi sebelum ke resepnya mari kita mengenal berbagai macam diet.

Macam Macam Diet

Diet Atkins

Diet Atkins percaya bahwa penambahan berat badan disebabkan oleh karbohidrat. Oleh karena itu, diet jenis ini harus mengurangi atau menghilangkan makanan tinggi karbohidrat. Semakin sedikit karbohidrat yang masuk ke tubuh Anda, semakin baik hasilnya. Saat Anda melakukan diet Atkins, sumber energi Anda adalah protein dan lemak.

Diet golongan darah

Diet golongan darah adalah dr. Diperkenalkan oleh seorang dokter naturopati bernama Peter J. D’Adamo. Dia mengatakan bahwa jika Anda makan sesuai dengan golongan darah Anda, tubuh Anda dapat mencerna makanan dengan lebih baik.

Selain menerapkan diet berbasis golongan darah, diet ini juga mendorong masyarakat untuk memilih jenis olahraga yang sesuai dengan golongan darahnya. Misalnya, yoga untuk golongan darah A dan senam aerobik untuk golongan darah O.

Diet Paleo

Diet Paleo, atau sering disebut sebagai diet manusia purba, adalah jenis diet yang berfokus pada sumber makanan untuk berburu dan memancing.

Kami menyebutnya sebagai sumber makanan yang bisa dipilih sebagai hasilnya, seperti daging tanpa lemak, seafood, atau rempah-rempah yang mengandung kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan, sayuran, rempah-rempah, dan telur.

Makanan ini mewakili kehidupan Paleolitik sebelum penemuan teknologi pertanian sekitar 10.000 tahun yang lalu. Oleh karena itu, semua jenis makanan olahan seperti gandum dan kentang tidak termasuk dalam diet ini. Sebagian besar makanan dalam diet Paleo adalah makanan tinggi protein, rendah karbohidrat, dengan berbagai sumber tetapi substansial.

Pola makan vegetarian

Mayoritas vegetarian tetap berpegang pada jenis lacto vegetarian. Jenis diet ini melarang makan makanan yang berasal dari hewan selain telur, produk susu dan madu.

Namun, jenis diet vegetarian lainnya, pola makan vegan, melarang makanan yang berasal dari hewan tanpa kecuali. Pola makan vegan bukan hanya pola makan, tetapi juga cara hidup bagi mereka yang menghargai keseimbangan lingkungan dan menghindari perilaku hewan yang tidak etis.

Jenis vegetarian lainnya adalah fruitarian, lacto-ovo vegetarian, ovo-vegetarian, pescatarian, dan polotarian. Diet vegetarian ditujukan untuk mengurangi risiko penyakit jantung dan pembuluh darah, diabetes, dan kanker. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa vegetarian memiliki berat badan yang lebih sedikit, lebih jarang sakit, dan memiliki umur yang lebih panjang daripada pemakan daging.

Cara Membuat Pancake Pisang Diet

1. Cara Membuat Pancake Pisang Diet

Bahan :

  • 1 telur
  • 1/2 cangkir tepung almond atau tepung biasa
  • Air secukupnya)
  • Keju parut (sesuai selera)
  • 1/4 sendok teh baking powder
  • 1 sendok makan mentega
  • 1 buah pisang (potong sesuai selera)
  • Madu untuk dicoba)

Cara Membuat Pancake Pisang Diet :

  1. Campur telur, tepung almond atau tepung terigu, keju parut, air dan baking powder. Campur semua bahan dengan baik.
  2. Diamkan adonan selama kurang lebih 10 menit.
  3. Panaskan teflon, beri sedikit mentega, lalu tuang sedikit adonan. Masak hingga kecoklatan dan masak.
  4. Ulangi memasak adonan sampai semua adonan habis.
  5. Sajikan di piring saji dengan topping pisang. Taburi dengan madu atau sirup gula dan rasa.

2. Cara Membuat Pancake Oatmeal Pisang Diet

Bahan untuk pancake oatmeal pisang :

  • 6 sdm oatmeal quaker
  • 2 buah pisang kecil.
  • 1 telur.
  • 1/2 sdt baking powder.
  • 2 sendok teh minyak sayur.
  • 1 sdm air

Cara Membuat Pancake Oatmeal Pisang Diet :

  1. Haluskan oatmeal terlebih dahulu.
  2. Giling pisang, masukkan ke dalam mangkuk dan campur dengan oatmeal. Campur dengan baik.
  3. Ambil gelas kecil, masukkan telur dan kocok dengan garpu hingga sedikit berbusa. Tuang ke dalam campuran oatmeal dan aduk rata.
  4. Tambahkan 1/2 sendok teh baking powder dan aduk kembali. (Jika adonan terlalu kental, tambahkan satu sendok makan air). Tambahkan 2 sendok teh minyak sayur dan aduk rata.
  5. Siapkan penggorengan dengan api kecil. Tunggu sampai panas tanpa diolesi minyak.
  6. Tuang 2 sendok makan adonan, pipihkan dan bulatkan. Tunggu beberapa detik sampai Anda melihat lubang kecil. Balikkan adonan, tunggu hingga matang, dan coba lagi hingga adonan habis.

Baca Juga : Cara Membuat Pancake Pisang yang Manis dan Lembut

Itulah resep cara membuat pancake pisang diet. Walaupun anda sedang diet, pancake ini tidak akan mengurangi rasa nikmat anda ketika menyantap pancake ini.