Ezz Nih!!, Cara Membuat Permen Kapas Tanpa Alat

Cara membuat permen kapas tanpa alat dan beberapa pembahasan tentang permen kapas atau arum manis.

Permen Kapas

Cara membuat permen kapas tanpa alat

Saat kecil dulu, pernahkah anda datang ke pasar malam, sirkus atau karnival yang digelar di wilayah anda? Kalau pernah, anda pasti pernah membeli atau minimal melihat kehadiran permen unik ini.

Gula-gula kapas atau yang biasa disebut cotton candy bukan hanya lezat namun membawa sebuah kegembiraan tertentu bagi orang yang mengkonsumsinya, khususnya anak-anak. Selain manis, berwarna unik dan berbentuk menarik, permen kapas juga bisa kita dapatkan dengan harga cukup murah.

Bahan pembuat permen kapas yang murni gula memang banyak dituding akan membuat gigi kita berlubang dan akhirnya dulu digunakan untuk menakut-nakuti kita saat anda ingin memakan panganan yang terasa sangat manis ini.

Ini bukan anggapan yang salah, akan tetapi sebenarnya jumlah gula dalam satu porsi permen kapas biasanya tidak cukup banyak untuk membuat gigi anda langsung berlubang. Kecuali, tentu saja anda memakan permen kapas dalam jumlah yang banyak

Permen kapas yang mengembang dan terlihat lucu ini juga membawa suasana menyenangkan bagi orang yang memakannya. Proses pembuatan permen kapas juga sudah berlangsung selama lebih dari 100 tahun.

Anda mungkin bisa menanyakan proses ini pada kakek dan nenek anda karena ternyata satu daerah punya mesin pembuat permen kapas yang berbeda dengan tempat lainnya. Bagi banyak orang, bau dan aroma permen kapas yang manis dan bernuansa karamel mungkin tidak akan terlupakan dan seringkali akan membawa sedikit nostalgia. Bagimana dengan anda?

Bagi anda pecinta panganan yang khas ini, anda bisa membuat permen kapas sendiri, sesuai selera anda. Anda juga bisa membuat bentuk yang bermacam-macam dan memberi warna favorit anda didalam panganan khas ini.

Asal Usul Permen Kapas

Cara membuat permen kapas tanpa alat

Lembut dengan bentuk yang menggemaskan membuat permen kapas mudah disukai oleh anak-anak hingga orang dewasa. Permen dengan sebutan cotton candy ini juga kerap menjadi gambaran masa kecil yang membahagiakan.

Namun, terlalu banyak mengonsumsi permen kapas juga menjadi ancaman bagi para orang tua, yang khawatir anaknya terkena efek dari terlalu banyak makan makanan manis. Sementara, orang dewasa menghindarinya karena takut membuat gemuk.Mengutip National Geographic, sejatinya permen kapas mengandung 105 kalori untuk porsi standar 28 gram.

Hal ini karena besar permen kapas terdiri dari udara (tanpa kalori) dan gula murni. Uniknya, permen kapas diciptakan oleh salah satu pekerjaan yang membatasi pasiennya dalam konsumsi makanan manis —yup, dokter gigi.

Permen kapas ditemukan oleh seorang dokter gigi, William Morrison, dengan bantuan pembuat manisan bernama John C. Wharton, pada tahun 1897. Keduanya merancang dan mematenkan mesin permen elektrik; mangkuk logam berisi kepala pemintal yang dapat diisi dengan kristal gula dan dilengkapi dengan lubang-lubang sangat kecil.

Kreasi mereka dipakai hingga sekarang —mesin-mesin permen kapas modern saat ini yang biasa kamu temui. Pemanas akan melelehkan gula, mengubahnya menjadi sirup. Pada saat yang sama, gaya putar dengan kecepatan 3.400 putaran per menit yang dihasilkan oleh kepala pemintal akan memaksa gula cair melewati lubang-lubang kecil.

Sirup akan menyemprot melalui lubang kecil dan langsung mengeras menjadi untaian panjang dan tipis bak benang. Karena prosesnya begitu cepat, sirup tidak akan mengkristal, melainkan berubah menjadi bentuk padat tidak teratur layaknya kapas.

Perusahaan ini hingga kini masih menjadi produsen utama mesin permen kapas di dunia.

Jangan lupa untuk membaca artikel tentang cara membuat mesin permen kapas juga ya.

Cara Membuat Permen Kapas Tanpa Alat

Bahan-Bahan :

–  5 cangkir gula pasir
–  2000ml air
–  Vanilli secukupnya
–  Pewarna makanan (pilih yang disukai)
–  Perasa makanan (pilih yang disukai)

Cara Membuat Permen Kapas Tanpa Mesin :

1. Masukan gula pasir, vanilli, 2 liter air, dan perasa makanan ke dalam sebuah panci. Panaskan panci itu dengan kompor api yang sedang.

2. Ketika sudah agak masak, tuangkan gula yang sudah menjadi karamel itu kedalam sebuah wadah kaca dan masukan ke dalam microwave.

3. Ketika sudah mencapai 3-5 menit keluarkan dan masukan pewarna makanan itu lalu aduk-aduk dengan sebuah stik atau apa aja yang ada.

4. Setelah di aduk rata lalu kocok karamel itu dengan “whisk” (pengocok bahan kue).

5. Ketika karamel itu sudah mengembang menjadi seperti gumpalan kapas, gulung dengan stik. Jadi deh sebuah arumanis gulung buatan sendiri.

6. Kalau membuat arum manis itu mau tahan lama masukan ke dalam wadah yang kedap udara seperti plastik yang besar.

Gimana? Anda tertatik? Silahkan Anda terapkan cara ini dirumah ya. Selamat mencoba dan semoga sukses dengan Permen Kapas Anda.