Cara Membuat Rendang Daging Sapi yang Empuk dan Enak

Cara Membuat Rendang Daging Sapi yang Empuk dan Enak

Memasak rendang agar enak dan empuk itu sebenarnya mudah, namun kita terkadang malah melakukan kesalahan dalam memasak rendang sehingga mengakibatkan daging rendang alot dan keras. Untuk itu bacalah artikel cara membuat rendang daging sapi yang empuk dan enak ini hingga akhir untuk menemukan mengatasi masalah tersebut.

Salah satu kegiatan yang menyenangkan adalah memasak. Karena dengan memasak sendiri, kita akan meningkatkan kemampuan diri sendiri dalam memasak dan juga dapat menjaga kesehatan tubuh karena kita mengetahui apa saja gizi yang kita makan. Dan juga kita bisa meracik sendiri bumbu bumbu yang kita gunakan dalam memasak sehingga rasanya bisa menyesuaikan dengan selera kita masing masing.

Memasak masakan yang sulit bisa disajikan sebagai sajian istimewa untuk keluarga, contohnya saja adalah memasak rendang. Rendang adalah makanan khas Padang, Sumatera Barat yang sudah terkenal hingga ke seluruh Indonesia bahkan mancanegara. Bagi pemula, memasak rendang terbilang sulit. Daging rendang dapat hancur atau malah alot jika dimasak dengan cara yang salah.

Rendang memang terkenal enak, gurih, dan sedikit pedas. Rasa gurih disebabkan karena penggunaan santan yang banyak sekali saat memasak. Rempah rempah yang digunakan rendang pun juga sangat banyak sehingga menciptakan rasa yang akan menggoyang lidah sehingga kamu tidak ingin berhenti makan.

Tips Memasak Rendang

Kamu ingin agar daging rendangmu empuk dan tidak alot? Berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu coba dalam memasak rendang daging sapi agar daging sapi empuk dan tidak alot. Beberapa tipsnya antara lain yaitu:

  • Gunakan bagian daging yang tepat. Disarankan menggunakan jenis daging yang sesuai untuk membuat rendang, yaitu daging sapi bagian paha atas karena teksturnya keras sehingga tidak mudah hancur selama dimasak hingga berjam jam. Proses memasak rendang bisa membutuhkan waktu yang sangat lama hingga 5 jam.
  • Potong ukuran sedang. Dalam memotong daging sapi tidak boleh terlalu tipis maupun terlalu tebal dan tidak boleh sejajar dengan arah serat agar teksturnya nanti bisa empuk. Jika kamu memotong daging dengan arah sejajar dengan aah serat maka akan mengakibatkan rendang daging sapi alot ketika matang.
  • Pukul pukul daging. Tips selanjutnya yang bisa kamu coba adalah dengan memukul mukul daging. Memukul mukul daging juga bisa menjadi solusi yang ampuh untuk membuat daging empuk karena serat daging akan hancur ketika dipukul.
  • Merendam daging dengan baking soda. Serat serat pada daging adalah hal yang dapat membuat daging menjadi alot. Namun tenang saja, serat serat tersebut dapat dihancurkan dengan menggunakan baking soda. Caranya mudah, kamu cukup merendam daging sapi mentah dalam larutan baking soda dan air selama kurang lebih 1 jam.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu coba ketika memasak rendang daging sapi agar daging rendang mu empuk dan tidak alot. Kamu bisa menggunakan semua tipsnya sekaligus namun perlu diingat dalam merendam daging sapi dengan baking soda jangan terlalu lama dan ketika memukul mukul daging juga jangan sampai seratnya hancur total.

Karena hal itu akan sangat memengaruhi tekstur daging rendang nantinya. Bisa bisa daging rendangmu malah hancur. Disarankan untuk membaca artikel mengenai cara membuat rendang daging sapi sederhana.

Cara Memasak Rendang Daging Sapi yang Empuk dan Enak

cara membuat rendang daging sapi yang empuk dan enak

Setelah mengetahui beberapa tips untuk membuat daging rendang daging sapi empuk dan tidak alot, sekarang saatnya kita mengetahui bagaimana cara membuat rendang daging sapi yang empuk dan enak.

Untuk membuat rendang daging sapi yang enak dan nikmat tentunya dibutuhkan bahan dan rempah rempah yang sudah ditakar dengan benar agar hasilnya maksimal dan tidak mengecewakan. Berikut dibawah ini akan saya bagikan bahan bahan yang dibutuhkan dalam membuat rendang daging sapi dan juga cara membuatnya.

Bahan bahan yang Dibutuhkan Dalam Membuat Rendang Daging Sapi:
  • Daging sapi 500 gram
  • Santan 1,5 liter dari 2 kelapa tua
  • Kelapa parut sangrai 3 sendok makan
  • Daun kunyit 2 lembar
  • Daun jeruk 2 lembar
  • Serai 2 batang
  • Pekak 1 buah
  • Baking soda 1 sendok makan
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya
  • Gula merah secukupnya
Bahan Untuk Bumbu Halus Rendang Daging Sapi:
  • Bawang merah 8 butir
  • Bawang putih 5 butir
  • Cabai keriting 8 buah
  • Cabai rawit merah 5 buah
  • Kemiri sangrai 4 butir
  • Jinten ½ sendok teh
  • Ketumbar 1 sendok teh
  • Kunyit 2 cm
  • Jahe 1 cm
  • Garam secukupnya
Persiapan Membuat Rendang Daging Sapi yang Empuk dan Enak:
  1. Pertama tama potong potong daging sapi dengan ukuran sesuai seleramu masing masing. Jika kamu memotongnya kecil kecil maka proses memasaknya membutuhkan waktu relatif lebih singkat, namu jika besar besar maka akan semakin lama dalam memasaknya. Itu bertujuan agar daging rendangnya matang dengan sempurna. Setelah itu cuci hingga bersih, sisihkan.
  2. Larutkan 1 sendok makan baking soda dengan air secukupnya lalu rendam daging sapi selama 1 jam di wadah tertutup. Setelah 1 jam, angkat dan sisihkan.
  3. Haluskan bahan bahan bumbu halus, antara lain sebagai berikut, bawang putih, bawang merah, cabai keriting, cabai rawit merah, kunyit, jahe, ketumbar, jinten, dan kemiri sangrai. Akan lebih bagus jika dilakukan secara manual dalam menghaluskan bumbu halus, tidak menggunakan blender karena rasanya akan jauh lebih nikmat.
Cara Memasak Rendang Daging Sapi yang Empuk dan Enak
  1. Jika sudah selesai dengan persiapan di atas, tumis bumbu halus tadi bersama dengan daun kunyit, daun jeruk, serai dan pekak menggunakan sedikit minyak goreng sampai baunya harum dan bumbu tersebut matang.
  2. Langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah memasukkan daging sapi ke dalam wajan. Masak dan aduk hingga daging rendang terbalut sempurna dengan bumbu halus yang sudah ditumis.
  3. Tuang santan sebanyak 1,5 liter dari 2 kelapa tua ke dalam wajan dan masak rendang daging sapi hingga santan menyusut. Aduklah sesekali agar santan tidak pecah dan daging gosong pada bagian bawahnya. Ingat juga untuk jangan terlalu sering mengaduk agar daging tidak hancur.
  4. Tambahkan gula merah dan garam. Koreksi rasanya. Gunakan api kecil dalam memasak rendang daging sapi selama beberapa jam. Hal itu dikarenakan agar daging tidak cepat matang sehingga teksturnya tidak keras.
  5. Tambahkan kelapa parut sangrai ke dalam rendang yang kita buat, aduk aduk hingga tercampur rata.
  6. Jika santan sudah kental dan tinggal sedikit,angkat rendang dan tuang dalam piring lalu hiasi dengan sedikit hiasan.
  7. Rendang daging sapi empuk dan enak siap dinikmati bersama dengan nasi putih hangat. Rendang adalah sajian yang sangat cocok sebagai santapan keluarga saat hari istimewa.

Itu tadi adalah resep cara memasak rendang daging sapi yang empuk dan enak. Kamu bisa membuat sajian istimewa ini untuk keluarga tercinta. Selamat mencoba dan semoga tidak gagal.