Cara Membuat Sambal Bawang Putih

Selamat datang di artikel saya pada kesempatan kali ini saya mau membagikan sebuah cara membuat sambal bawang putih yang sangat enak dan juga mudah pastinya, jika kalian belum tau saya mau memberikan sejarah beserta pengertiannya semoga bisa menambah wawasan anda.

Sejarah:

Rasanya hambar jika dimakan tanpa sambal. Nasi hangat dengan sambal dan lalapan bisa membuat perut kenyang. Apalagi ditemani ikan laut goreng, tempe/tahu goreng, dadar terutama ayam atau daging.

Sambal bawang atau sebagian orang menyebutnya sambal korek. Saus yang satu ini sangat mudah dibuat dengan bahan yang sangat sederhana. Cukup dengan cabai, bawang merah dan garam, sambal ini sebenarnya banyak digandrungi oleh banyak orang, termasuk masyarakat Pacitan.

Sambal bawang dengan ikan laut goreng dengan sayur lodeh dan nasi thiwul sepertinya menjadi makanan favorit banyak orang di 1001 Kota Goa.

“Nasinya bisa habis kalau ada sambal bawang, nasi thiwul, apalagi kalau ada ikan laut dan tempe goreng. Tidak ada yang seperti itu,” kata Sunarto, warga Tanjungsari Pacitan.

“Makanan apa pun, sambal bawang yang paling depan. Tanpa sambal, makannya tidak enak,” tambahnya.

Perlu dicatat bahwa sambal juga memiliki nilai sejarah. Dilansir dari https://brilicious.brilio.net/, Catenius van der Meijden, salah satu pakar kuliner pada masa kolonial. Dia adalah seorang wanita Belanda yang tinggal di Indonesia. Sebagai nyonya Belanda, Catenius dengan bantuan seorang pembantu bertugas menyiapkan hidangan khusus untuk seluruh keluarga.

Keahlian Catenius dalam memasak sambal kemudian dicatat dan diterbitkan pada tahun 1942. Selain itu, ia juga menulis buku tentang Makan Nasi yang diterbitkan pada tahun 1922.

Resep sambal yang terkenal dari Catenius van der Meijden adalah sambal oeloek dan saus telur. Ada juga nama unik sambal lainnya, yaitu sambal serdadoe, sambal banjak, sambal brandal, dan lain-lain.

Cara Membuat Sambal Bawang Putih Cobek

Cara Membuat Sambal Bawang Putih
  • 200 gram cabai merah keriting.
  • 100 gram cabai merah.
  • 1 tomat.
  • 10 bawang merah.
  • 4 buah bawang putih.
  • 2 sendok makan gula merah.
  • 2 sendok makan terasi bakar.
  • Gula untuk dicicip.
  • Garam secukupnya.
  • 2 jeruk nipis.


Cara Membuat Sambal Cobek Bawang :

  1. Cabe rawit, tomat, terasi, bawang bombay digoreng terlebih dahulu hingga layu. Setelah itu baru dihaluskan.lebih mudah kalian bisa menggunakan mesin pengupas bawang
  2. Tambahkan gula merah, gula pasir, dan garam, serta air jeruk nipis.

Resep Sambal Bawang Putih

Bahan:

  • 20 Buah cabai rawit merah.
  • 8 Buah bawang merah, potong kasar.
  • Minyak jelantah bekas menggoreng udang atau lauk lain.
  • Kaldu bubuk 1/8 sendok teh.
  • Garam secukupnya.
  • Gula pasir 1/8 sendok teh.

Cara Membuat Sambal Bawang Gurih:

1. Goreng cabai dan bawang asal layu tapi jangan terlalu kering, lalu ulek kasar. lebih mudah kalian bisa menggunakan mesin pengupas bawang
2. Panaskan minyak bekas menggoreng udang, masukkan ulekan cabai dan bawang, tambahkan garam, kaldu bubuk, dan gula.
3. Aduk rata dan masak hingga sambal matang dengan api kecil.
4. Sajikan dengan udang krispi atau lauk lain sesuai selera.

Ini Ada Beberapa Sambal Yang Populer Di Indonesia

Sambal adalah bumbu atau lauk pauk yang bahan utamanya adalah cabai, dan memiliki rasa yang pedas. Kita patut berbangga, karena sambal merupakan salah satu masakan khas Indonesia, karena banyak jenis dan rasanya. Ditambah dengan keragaman rempah dan bumbu yang ada di Indonesia, banyak sekali kreasi sambal yang dikembangkan oleh masyarakat asli Indonesia. Tak heran jika hampir setiap daerah di Indonesia memiliki sambal khasnya masing-masing yang cocok disandingkan dengan berbagai lauk.
Berikut adalah beberapa kecil keanekaragaman sambal di Indonesia:

  1. Sambal Ijo
    Seperti namanya, sambal hijau terbuat dari cabai hijau dan tomat hijau. Sambal yang sering disebut dengan lado mudo merupakan sambal yang berasal dari Minang, oleh karena itu sambal ini banyak dijumpai di rumah makan Padang. Bagi yang suka sambal dengan tingkat pedas yang rendah pasti suka dengan cabai ini.
  2. Sambal Matah

Sambal matah adalah sambal yang berasal dari Bali. Matah artinya mentah, sesuai dengan cara mengolah sambal ini. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat sambal ini adalah bawang merah, bawang putih, cabai, terasi, garam, serai, minyak, dan air jeruk nipis. Sambal matah bisa dinikmati dengan ikan bakar, ayam goreng, dan lauk lainnya.

  1. Sambal Terasi

Sambal yang satu ini memiliki cita rasa yang unik jika dibandingkan dengan sambal yang lainnya. Sambal terasi terbuat dari cabai, tomat, bawang merah, bawang putih, gula, dan garam. Karena rasanya yang enak dan disukai banyak orang, sambal terasi bisa dengan mudah ditemui di berbagai restoran.

  1. Saus Bawang

Sambal Bawang adalah sambal yang terdiri dari cabai rawit, bawang merah, dan bawang putih yang dihaluskan mentah, kemudian disiram minyak panas. Sambal Bawang adalah sambal khas Jawa Timur.

  1. Dabu-Dabu Sambal

Sambal dabu-dabu adalah sambal yang berasal dari Manado, Sulawesi Utara. Saus ini biasanya digunakan sebagai pelengkap makanan laut, terutama ikan bakar. Sambal dabu-dabu terbuat dari cabai, bawang merah, dan tomat.

  1. Sambal Bajak

Sambal bajak laut terbuat dari cabai, bawang merah, terasi goreng, lengkuas, daun salam, garam, gula merah, air asam, dan minyak. Meski terlihat mirip dengan sambal terasi, sambal ini menggunakan beberapa bumbu lain yang membuat rasanya berbeda. Sambal Bajak adalah sambal yang berasal dari daerah Jawa Timur.

  1. Gandaria Sambal

Buah Gandaria merupakan buah yang banyak tumbuh di Jawa Barat. Ternyata, buah ini bisa diolah menjadi sambal. Rasa manis dan asam dari buah gandaria membuatnya unik. Saus gandaria dibuat dengan mencampurkan cabai, terasi, gula, garam yang sudah dihaluskan, lalu ditambahkan irisan buah gandaria.

Sekian artikel dari saya semoga bisa membantu anda saya harap artikel diatas bisa bermanfaat bagi anda yang mau mencoba jualan tentang cara membuat sambal bawang putih yang sangat enak ini atau sebagai menu makan bersama keluarga / pasangan kalian sangat disarankan.