Cara Membuat Susu Kacang Kedelai

Cara Membuat Susu Kacang Kedelai. Susu kedelai merupakan salah satu sumber protein yang paling populer. Minuman itu menyehatkan tubuh. Susu kedelai adalah susu yang terbuat dari susu kedelai murni.

Selain rasanya yang enak, susu kedelai juga mengandung banyak nutrisi seperti kalsium, protein, vitamin dan nutrisi lainnya. Lisin adalah sejenis asam amino yang ditemukan dalam susu kedelai. Segelas susu kedelai bebas gula mengandung 7 gram protein yang bermanfaat bagi kesehatan.

Satu studi menunjukkan bahwa wanita yang minum susu kedelai setiap hari memiliki risiko 56 persen lebih rendah terkena osteoporosis dibandingkan wanita yang tidak mengonsumsi susu kedelai. Susu kedelai seperti minuman lainnya, tidak menimbulkan masalah selama dikonsumsi dalam jumlah sedang. Makan hingga 10 mg kedelai per hari dapat mengurangi risiko kekambuhan kanker payudara hingga 25 persen.

Konsumsi kedelai dalam bentuk apa pun perlu diimbangi dengan berbagai buah dan sayuran, serta produk protein lainnya. Tubuh membutuhkan makanan yang beragam, jadi jangan hanya terpesona dengan manfaat susu kedelai.

Bagi Anda yang menyukai susu kedelai, Anda bisa membuat susu kedelai sendiri di rumah.

Bahan Cara Membuat Susu Kacang Kedelai

300 gram

kacang kedelai

100 gram gula pasir (sesuai selera, bisa juga tidak digunakan)

1 ruas jahe

2 lembar daun pandan (ikat simpul)

2 liter air

Sedikit garam.

Cara Membuat Susu Kacang Kedelai

  1. Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah merendam kedelai dalam air. Rendam kedelai semalaman, lalu kupas kulitnya dengan cara diperas. Buang kulit kedelai yang sudah dipotong.
  2. Kemudian masak kacang kedelai selama kurang lebih 20 menit lalu tiriskan. Merendam, mengupas, dan memasak kedelai akan membantu mengurangi bau tak sedap pada susu kedelai. Baca juga: Resep kopi arab dengan campuran bumbu untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
  3. Setelah direbus dan ditiriskan, haluskan kedelai dengan dua liter air menggunakan blender.
  4. Saring larutan air kacang tanah melalui saringan halus atau gunakan kain halus untuk menyaring tahu.
  5. Setelah disaring, masak sari kedelai hingga mendidih dan masukkan gula, garam, jahe, dan daun pandan.
  6. Aduk terus larutan sari kedelai saat dimasak agar tidak gosong. Susu kedelai siap disajikan.
  7. Tips Bikin Susu Kedelai Lebih Nikmat, Nurroji Sarankan Tambahkan Ekstrak Vanila. “Sangat penting untuk menggunakan peralatan yang bersih dan higienis.
  8. Saya sarankan menggunakan air yang baik seperti air mineral kemasan,” jelas Nurroji. Lebih baik (susu kedelai) juga dikonsumsi langsung.
  9. Jangan simpan di freezer karena akan mengubah rasa dan bentuk. Biasanya putus,” sambungnya. Anda dapat menyimpan susu kedelai yang dimasak dalam wadah kedap udara di lemari es dan akan bertahan selama satu atau dua hari.

Manfaat Susu Kedelai Bagi Kesehatan

1. Membantu Proses Pertumbuhan

Manfaat susu kedelai yang pertama adalah untuk mendukung proses tumbuh kembang anak balita. Hal ini karena susu kedelai memiliki kandungan protein yang tinggi. Protein memainkan peran penting dalam memasok tubuh dengan nutrisi. Selain itu, kedelai adalah salah satu sumber protein nabati terbaik. Selain memiliki kandungan yang tinggi, juga mudah dicerna oleh tubuh.

2. Membantu Menurunkan Kolesterol

Protein terdiri dari asam amino yang memiliki manfaat mencegah berbagai penyakit. Asam amino dan isoflavon yang terdapat dalam susu kedelai memiliki fungsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Dengan mengonsumsi makanan rendah kolesterol, tubuh terhindar dari berbagai penyakit kardiovaskular seperti penyakit jantung, stroke dan lain sebagainya.

3. Membantu Menurunkan Tekanan Darah

Beberapa penelitian telah membandingkan susu kedelai dengan susu sapi untuk membantu menurunkan tekanan darah. Terbukti bahwa susu kedelai lebih baik dalam menurunkan tekanan darah dibandingkan susu sapi pada penderita hipertensi ringan sampai sedang.

Oleh karena itu, penderita tekanan darah tinggi sangat disarankan untuk mengatur pola makan dengan mengonsumsi makanan yang baik seperti susu kedelai untuk membantu menjaga tekanan darah.

4. Membantu mengontrol gula darah

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Archives of Internal Medicine, mengonsumsi biji-bijian dapat membantu mengontrol gula darah pada penderita diabetes.

Pada penderita diabetes tipe 2, konsumsi susu kedelai memiliki efek yang baik terhadap tekanan darah dan gula darah. Hal ini dikarenakan susu kedelai memiliki indeks glikemik yang rendah.

5. Membantu Anda Menurunkan Berat Badan

Manfaat susu kedelai selanjutnya adalah menu diet yang baik untuk menurunkan berat badan dan mencegah obesitas. Hal ini dikarenakan kandungan protein yang tinggi pada kedelai. Untuk menghitung sumber protein sangat dianjurkan jika Anda ingin menurunkan berat badan. Tujuannya agar tidak merasa lemas meski sedang berdiet.

6. Mengurangi Gejala Pasca Menopause

Susu kedelai dapat mengurangi masalah kesehatan pada wanita pascamenopause. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa isoflavon dalam kedelai dapat membantu menjaga kadar estrogen pada wanita pascamenopause.

Sistem kekebalan mungkin melemah setelah menopause karena efek penuaan dan penurunan kadar estrogen. Isoflavon merupakan komponen yang mengandung bahan estrogenik dan antioksidan sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh wanita selama ini.

7. Sediakan Makanan Untuk Ibu Hamil

Kedelai dalam susu kedelai mengandung folat atau vitamin B9. Kedua zat tersebut berperan penting dalam nutrisi ibu hamil. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Nutrition Journal, ibu yang mengonsumsi kedelai selama kehamilan memiliki plasenta yang lebih sehat dan berat janin yang baik.

8. Mencegah Osteoporosis

Manfaat lain dari susu kedelai adalah dapat mengurangi kemungkinan terjadinya osteoporosis. Osteoporosis merupakan risiko bagi wanita yang akan mengalami menopause atau usia tua.

Kandungan kalsium dalam susu kedelai berperan dalam mencegah pengeroposan tulang yang sering terjadi akibat proses penuaan.

9. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Tidak hanya kalsium yang dibutuhkan tubuh untuk mencegah osteoporosis secara umum untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Kalsium dibutuhkan oleh semua umur, terutama anak-anak.

Menurut penelitian Shea M. Kyla dari Tufts University, AS, susu kedelai mengandung phylloquinone, atau vitamin K, yang dapat meningkatkan kepadatan tulang dan mencegah risiko patah tulang dan patah tulang.

10. Membantu Pembekuan Darah

Vitamin K tidak hanya membantu penyerapan kalsium, tetapi juga membantu pembekuan darah. Pembekuan darah dibutuhkan oleh tubuh untuk menyembuhkan luka dan luka.

Vitamin K, ditemukan dalam susu kedelai, berperan dalam produksi protrombin, protein khusus yang bertanggung jawab untuk pembekuan darah dan metabolisme tulang.

11. Menurunkan risiko kanker usus besar

Manfaat susu kedelai semakin mengurangi risiko kanker usus besar atau kanker usus besar. Hal ini disebabkan kandungan butirat dalam kedelai.

Butyrate adalah jenis bakteri baik yang memiliki efek anti-inflamasi. Penelitian dari Georgia Health Sciences University menunjukkan bahwa butirat memainkan peran penting dalam pengobatan berbagai penyakit usus kronis.

12. Mengurangi Kanker Prostat

Selain pencegahan kanker usus besar, manfaat lain dari susu kedelai adalah pencegahan kanker prostat. Hal ini disebabkan kadar isoflavon dalam kedelai yang berperan sebagai zat anti karsinogenik atau pencegah kanker.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Sapporo Medical University menunjukkan bahwa konsumsi kedelai secara teratur dapat menurunkan risiko kanker prostat pada sejumlah pria di Jepang.

13. Mencegah kanker payudara

Satu studi menunjukkan bahwa kejadian kanker payudara lebih rendah di negara-negara konsumen kedelai seperti Jepang dan Singapura.

Penelitian dari Paterson Institute for Cancer Research menunjukkan bahwa kadar fitoestrogen dalam produk olahan kedelai dapat mencegah sel kanker payudara berkembang dalam tubuh manusia.

Selain itu, kanker payudara yang juga terkait dengan kadar estrogen dapat dicegah dengan mengonsumsi susu kedelai.

14. Membantu Menjaga Kesehatan Hati

Susu kedelai mengandung isoflavon, yang dapat memiliki efek antioksidan pada tubuh. Antioksidan ini membantu mengurangi stres oksidatif dan mencegah kerusakan hati.

Isoflavon dapat membantu kinerja hati dengan menawarkan zat beracun yang masuk ke dalam tubuh. Orang dapat terpapar zat beracun yang berasal dari makanan yang mengandung bahan kimia dan polutan berbahaya.

15. Pencernaan Lancar

Manfaat susu kedelai selanjutnya adalah dapat membantu pencernaan Anda berjalan dengan lancar. Hal ini dikarenakan kandungan serat yang tinggi pada susu kedelai.

Konsumsi susu kedelai secara teratur dapat memenuhi kebutuhan serat tubuh. Serat dapat membantu Anda terhindar dari berbagai masalah pencernaan seperti sembelit, wasir, dan sembelit.