Cara Membuat VCO Alami Yang Berkualitas Dan Banyak Manfaat

Banyak sekali orang yang ingin membuat Virgin Coconut Oil sendiri. Namun, Banyak yang tidak tau proses pembuatan Virgin Coconut Oil tersebut. Pembuatan Virgin Coconut Oil ada beberapa metode tersendiri. Berikut ini cara membuat VCO alami yang berkualitas dan banyak manfaat.

Virgin Coconut Oil

Virgin coconut oil adalah minyak alami yang terbuat dari kelapa yang diekstrak, Bisa di sebut juga minyak kelapa. Minyak alami ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari memasak hingga sebagai produk kecantikan. Aroma dan rasanya yang khas membuat minyak ini banyak digemari.

Tidak tanggung-tangung, minyak alami ini pun mempunyai manfaat yang bisa kamu rasakan mulai dari ujung kaki hingga kepala. Oleh karena itu ada banyak cara menggunakan virgin coconut oil yang bisa kamu coba.

Kandungan virgin coconut oil kaya akan omega 3 yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah, mencegah resiko penyakin jantung dan hati, serta meningkatkan kinerja otak.

Selain itu, virgin coconut oil juga baik untuk menjaga kesehatan kulit. Kandungan lauric acid di dalamnya baik untuk melembapkan kulit dan memperkuat batang rambut.

Virgin coconut oil mengandung hampir 100% lemak. Meskipun begitu, lemak pada VCO memiliki struktur berbeda dengan lemak minyak kelapa kebanyakan.

Pada dasarnya, VCO diketahui mengandung zat yang mampu meningkatkan jumlah kolesterol baik. Berikut ini takaran nutrisi yang tersaji pada 1 sendok makan (sdm) VCO:

  • Kalori: 121 kilokalori (kkal)
  • Protein: 0 gram (g)
  • Total lemak: 13,5 g
  • Kolesterol: 0 miligram (mg)

Cara Membuat VCO Alami

Membuat vco ada beberapa metode, Berikut ini metode-metode tersebut:

1. Metode Tanpa Pemanasan

Cara pembuatan minyak kelapa ini menghasilkan minyak yang bening yang sering disebut minyak kelapa murni. Anda juga harus menyiapkan daging kelapa yang tua dan mengikuti cara-cara membuat minyak kelapa murni sebagai berikut:

  1. Parut daging kelapa kemudian peras santannya (beri sedikit udara agar santan yang keluar lebih banyak).
  2. Masukkan santannya ke dalam kantong plastik lalu diamkan selama 1-2 jam hingga terbentuk 2 lapisan yaitu santan di atas dan udara di bawah.
  3. Buatlah lubang di bagian bawah plastik agar udara terpisah dan terbuang percuma, Tuang santan kental ke dalam wadah plastik, tutup dengan rapat, dan simpan pada suhu ruangan yang minim sinar matahari selama 24 jam.4.
  4. Setelah 24 jam akan terbentuk tiga lapisan yaitu minyak kelapa (atas), minyak kelapa (tengah), udara (bawah), Tuang minyak ke dalam wadah yang memungkinkan dan kain bersih atau tisu tanpa pewangi untuk menyimpan minyak dan santan.5.
  5. Anda juga bisa menaruhnya di lemari es sehingga tiga lapisan yang paling atas membeku. Ambil bagian yang beku yaitu minyak, lalu ulangi langkah tadi dengan tisu atau kain bersih, Tetesan minyak dari proses ini disebut VCO.

2. Metode Pemanasan

Metode ini menggunakan pemanasan yang terkontrol. Untuk melakukannya. Krim yang diperoleh dari santan tadi dimasak dalam wajan dengan suhu sedang dari 60 ° C hingga 75 ° C, Lalu diaduk perlahan sampai minyak keluar. Saat Anda mendapatkan oli, matikan apinya.

Pisahkan minyaknya dari tempat dengan sendok. Keuntungan menggunakan metode ini adalah VCO produk diperoleh dalam waktu yang lebih singkat daripada metode lainnya.

3. Metode Fermentasi

Cara membuat VCO dengan fermentasi dimulai dari menyiapkan krim santan di dalam toples dan kemudian tambahkan ragi roti sebanyak 1/4 sendok teh.

Jika kamu membutuhkan minyak kelapa dalam jumlah kecil, proses pembuatan dengan cara fermentasi adalah yang paling tepat. Hasilnya terdapat 3 lapisan: lapisan atas (minyak), lapisan tengah (pirang), dan lapisan bawah (air).

4. Metode Pancing

Metode pancing ini adalah metode yang mudah, Dengan menggunakan VCO yang sudah jadi sebagai pancinganya untuk membentuk minyak baru.

Langkah-langkahnya sangat mudah yaitu: siapkan krim, taruh di toples, lalu tambahkan 1-2 sendok makan VCO dan aduk rata. Tutup toples, lalu tunggu 24 jam, Hasilnya ada 3 lapisan yaitu: lapisan atas, lapisan tengah , dan lapisan bawah.

5. Metode Enzim Daun Pepaya

Daun pepaya mengandung enzim papain yang dapat digunakan untuk cara membuat minyak kelapa murni.

Langkah-langkahnya yaitu: Siapkan daun pepaya dan potong kecil-kecil, Campur daun pepaya cincang halus dengan krim kelapa dan masukkan ke dalam toples tertutup, Tunggu selama 24 jam hingga 3 lapisan terbentuk.

Itulah beberapa metode membuat minyak VCO. Anda juga bisa membuatnya dengan mesin pembuat VCO.

Manfaat Dari VCO

Minyak kelapa umumnya digunakan sebagai minyak pijat. Namun, minyak kelapa murni khususnya juga dapat dikonsumsi, lho. Kombinasikan VCO dengan serangkaian program untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh. Berikut manfaat yang akan didapat:

1. Mendukung Kesehatan Kardiovaskular

Berbeda dengan minyak kelapa biasa yang banyak mengandung lemak jenuh, virgin coconut oil diperkaya asam lemak yang membantu metabolisme tubuh, sehingga mencegah penumpukan lemak pada arteri.

Hal ini terbukti beberapa populasi di dunia seperti di Sri Lanka atau masyarakat Kitavan di Papua Nugini yang mengonsumsi minyak VCO dalam jumlah banyak memiliki kasus serangan jantung yang rendah.

2. Mendorong Pembakaran Lemak Tubuh

Manfaat VCO yang dikombinasikan dengan olahraga ringan dapat mendorong pembakaran lemak tubuh dan menghasilkan energi tambahani.

Studi menunjukan makan 15 sampai 30 gram virgin coconut oil per hari dapat meningkatkan pengeluaran energi sebesar 5% dari biasanya.

Selain menghasilkan energi, pembakaran lemak dapat mencegah obesitas atau masalah berat badan berlebih.

3. Meredakan Kejang

Mengurangi asupan karbohidrat dan meningkatkan asam lemak memberikan efek peningkatan kadar keton dalam darah.

Para peneliti mempelajari diet ketogenik ini dapat mengobati berbagai gangguan kesehatan. Salah satunya mengurangi kejang pada anak-anak epilepsi yang resistensi terhadap obat-obatan.

Meskipun perlu dikaji lebih dalam lagi, namun beberapa peneliti mempercayai minyak VCO dapat mengatasi kejang pada epilepsi.

4. Memiliki Efek Anti-Mikroba

Mungkin kamu pernah menemukan kandungan VCO pada beberapa produk kecantikan seperti sabun mandi, pembersih wajah atau make-up.

Hal ini tidak mengherankan mengingat VCO memiliki kandungan antimikroba untuk membunuh kuman. Jika digunakan dengan benar minyak VCO juga dapat mencegah pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Selain itu, pada penelitian tabung reaksi juga menunjukan hasil virgin coconut oil efektif membunuh bakteri Staphylococcus aureus penyebab infeksi jamur pada manusia.

5. Mengurangi Rasa Lapar

Salah satu khasiat menarik minyak kelapa murni lainnya adalah mampu mencegah rasa lapar. Hal ini berkaitan dengan peningkatan konsentrasi keton yang memberikan efek samping penurunan nafsu makan secara signifikan.

Sehingga secara tidak langsung juga berdampak terhadap penurunan berat badan. Kamu bisa menambahkan minyak VCO ini pada menu diet harian kamu.

Itulah cara membuat vco alami yang berkualitas dan banyak manfaat dengan berbagai metode. Untuk bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Sebaiknya kita melakukan tahapan pembuatanya dengan baik.