Cara Menanam Anggrek Dengan Media Sabut Kelapa

Cara Menanam Anggrek Dengan Media Sabut Kelapa – Bunga anggrek, siapa yang ga suka sama bunga anggrek, pasti semua orang suka mau pria atau wanita, tua ataupun muda. Bunga anggrek ini adalah salah satu jenis tanaman yang populer di kalangan penggemar tanaman – tanaman hias.

Tanaman anggrek yang sehat biasanya tidaklah tumbuh di tanah pot biasa, sehingga ada beberapa cara khusus menanam tumbuhan anggrek dan dengan menggunakan media tanam yang banyak digunakan dan efektif, seperti misalnya sabut kelapa.

Dilansir dari media The Spruce, Kamu bisa memakai sabut kelapa sebagai sebuah media tanam atau pun sebagai bahan campuran pot. Akar tanaman anggrek ini membutuhkan udara dan akar yang basah biasanya akan membunuh tanaman ini.

Maka dari itu, penggunaan sabut kelapa sebagai media tanama atau campuran berguna untuk membuat akar anggrek tetap sehat dan memiliki sirkulasi udara yang baik, serta menjaga agar akar anggrek milik Kamu tidak basah karna terendam oleh air.

Serat akarnya yang panjang mampu menyerap kelembapan, namun juga cepat kering, sehingga akar anggrek mengalami kondisi pertumbuhan yang tetap lembab tapi tidak lembek dan basah.

Nah, untuk kamu yang pengen menanam tanaman anggrek dengan media sabut kelapa, kamu tentunya harus mengetahui cara – cara yang tepat agar bisa mendapatkan hasil terbaik dari penanaman anggrek.

Cara Menanam Anggrek Dengan Media Sabut Kelapa

cara menanam anggrek dengan media sabut kelapa

Bilas keripiks sabut kelapa dengan baik sehari sebelum kamu berencana untuk merepoting atau mulai menanam anggrek. Keripik sabut kelapa mungkin punya kandungan residu garam yang di dapatkan melalui akar, sehingga kamu perlu membilasnya secara menyeluruh dan benar – benar bersih.

Bahan :

  • Sabut kelapa
  • Arang
  • Perlit
  • Pemutih
  • Air

Langkah – langkah :

1. Cara Menanam Anggrek dengan Media Sabut Kelapa yang Pertama, Siapkan Sabut Kelapa

cara menanam anggrek dengan media sabut kelapa

Kalo kamu pengen menanam anggrek dengan menggunakan media dari sabut kelapa, tentunya kamu harus terlebih dahulu menyiapkan sabut kelapanya untuk media tanam nanti.

Kamu bisa menemukan sabut kelapa ini di pasar, toko tanaman atau juga bisa kamu cari di toko online. Pastikan sabut kelapa yang kamu pilih memiliki kualitas serat terbaik, agar tanaman anggrekmu nanti bisa tumbuh dengan baik, oke.

2. Cara Menanam Anggrek Dengan Media Sabut yang Berikutnya, Bersihkan Sabut Kelapa

Bilas dan cuci lah keripik sabut kelapa dengan benar dan bersih, sehari sebelum kamu berencana untuk mulai menanam atau merepoting tanaman anggrek kamu.

Serat – serat dalam sabut kelapa bisa aja memiliki sisa – sisa residu kandunga garam yang dapat melukai akar anggrek nantinya. Sehingga, pastikanlah kamu membersihkan serat – serat dalam sabut kelapa tersebut dengan bersih dan higienis.

Setelah kamu bersihkan serat sabut kelapanya, kamu harus mengeringkannya dahulu sebelum digunakan menjadi media untuk menanam tanaman anggrek kamu. Keringkan di bawah sinar terik matahari sampai benar – benar kering dan tidak lembap sebelum digunakan sebagai media tanam anggrek kamu.

3. Untuk Langkah Selanjutnya, Campurkan Sabut Kelapa dengan Bahan – Bahan Campuran yang Lain.

Campurkan serat sabut kelapa dengan beberapa bahan campuran yang lainnya. Campurkanlah dengan arang dan perlit dengan perbandingan 2 untuk serat – serat sabut kelapa, 1 untuk arang dan 1 untuk perlitnya.

Kamu bisa mencampurkan media tanam ini dengan bahan yang lainnya, namun campuran ini adalah yang paling umum, efektif dan sudah banyak digunakan untuk menanam anggrek di rumah.

Setelah mencampurkan semua bahan – bahan tersebut, rendam campuran dengan air untuk bisa menyerap.

4. Setelah Mencampurkan Bahan – Bahan Tersebut, Bersihkan Pot dan Alat Menanam

Sebelum kamu mulai menanam tanaman hias anggrek, kamu perlu pastikan bahwa semua alat penanaman, termasuk pot tanaman ada dalam keadaan yang bersih dan steril. Sanitasi pot dan alat yang akan kamu gunakan untuk menanam anggrekmu dengan menggunakan air dan pemutih atau bleaching.

Caranya adalah, kamu cukup perlu untuk mencampurkan sebanyak perbandingan setengah cangkir pemutih dengan satu galon air. Kemudian, bersihkan semua permukaan alat tanam dan pot media tanam, dan biarkan mengering sebelum digunakan dalam proses penanaman anggrekmu.

5. Cara Menanam Anggrek Dengan Media Sabut Kelapa, Tanam Anggreknya

Keluarka anggrek dari wadahnya yang sekarang dengan sangat hati – hati dan potong akar yang buruk menggunakan gunting yang juga telah kamu sterilkan dengan campuran air pemutih tadi.

Akar yang buruk itu ditandai dengan kondisinya yang sudah kering atau kebalikannya yaitu lembek. Setelah itu, bilas sampai benar – benar bersih akar tanaman dengan air suhu ruang, lalu tempatkan dalam wadah atau pot tanaman yang baru.

Setelah itu, letakkan tanaman anggrek sampai akar kurang lebih berada sekitar 2,5 centi meter dari bagian atas wadah tanaman yang baru.

6. Cara Menanam Anggrek Dengan Media Sabut Kelapa yang Terakhir, Masukkan Sabut Kelapa

Peras sisa air dari campuran sabut kelapa, arang dan perlit yang direndam dengan air tadi. Lalu mulailah mengisi ruang – ruang kosong di sekitar akar tanaman anggrek dengan serat – serat sabut kelapa.

Setelah wadah berhasil dipenuhi dengan sabut kelapa, siramilah tanaman untuk membantu campuran sabut kelapa menetap di tempatnya.

Selain Digunakan untuk Menanam Anggrek, Sabut Kelapa juga Bisa Menjadi Cocomesh

Selain buat tanam anggrek, sabut kelapa juga bisa jadi Coco Mesh, kalian tau ga sih cocomesh atau net sabut kelapa ini tuh apa? Gunanya buat apa ya? Nah cocomesh atau jaring dari sabut kelapa ini tuh sebuah produk olahan serat sabut kelapa yang berbentuk jaring atau net. Jaring – jaring serat sabut kelapa ini dipintal dan dianyam dari tali tambang yang terbuat dari serat sabut kelapa.

Kalo gunanya sendiri untuk ditaruh di lereng – lereng tanah rawan longsor areal bekas tambang. Tujuannya satu, untuk mencegah terjadinya erosi atau pengikisan tanah oleh angin dan air hujan. Ini dikarenakan serat sabut kelapa ini berkarakter fisik kokoh dan menyerap air dengan daya yang luar biasa, sehingga air tak mampu lagi mengikis tanah.

Kedua, cocomesh yang ditaruh bisa menjadi media tanam reboisasi areal gersang bekas tambang. Kandungan unsur baik yang ada dalam serat sabut kelapa ini sangat mendukung pertumbuhan tumbuhan jadi lebih cepat dan optimal lagi.

Kalo yang jual cocomesh itu ada dimana aja sih? Kamu bisa beli cocomesh di Rumah Sabut, bisa liat websitenya di jual cocomesh.

Nah itu saja tadi Cara – Cara Menanam Anggrek dengan Media Sabut Kelapa, mudah dipahami bukan? Selamat mencoba!