Cara Menangani Limbah Rumah Tangga yang Baik dan Benar

Mungkin banyak limbah rumah tangga di rumah mu bukan?.Nah,maka dari itu lakukan cara menangani limbah rumah tangga yang ada di rumah mu.berikut saya berikan tips cara menangani limbah rumah tangga.

Cara menangani limbah rumah tangga

cara mengatasi limbah rumah tangga

1.Cara menangani limbah rumah tangga dengan pilih tempat sampah

Kita bisa siapkan tempat untuk sampah organik dan sampah anorganik agar tidak tercampur. Selain itu, kita juga bisa menyiapkan wadah untuk sampah kering yang bisa diolah kembali. Di tempat-tempat umum, kategori sampah biasanya juga digunakan, yang ditunjukkan dengan warna tempat tersebut. Setiap warna tempat sampah ini memiliki arti yang berbeda-beda.

2.Cara menangani limbah rumah tangga dengan pemanfaatan sampah organik

Setelah dipisahkan, kita bisa memanfaatkan sampah organik untuk berbagai hal. Kita bisa mengubahnya menjadi kompos untuk berkebun. Selain itu, dapat juga digunakan sebagai pakan untuk memelihara ternak atau bahkan disumbangkan kepada yang membutuhkan.

3.Pengolahan sampah anorganik

Sampah anorganik kering dapat kita olah menjadi sesuatu yang dapat digunakan kembali, seperti botol untuk alat tulis, pot bunga atau tempat lainnya. Kita juga bisa mengambilnya lalu memberikannya ke bank sampah.

4.Ganti tempat sampah

Kebanyakan orang menutupi tempat sampahnya dengan plastik dengan tujuan agar nantinya lebih mudah untuk dibuang, namun secara tidak sadar justru membuat segalanya menjadi lebih mudah Sampah plastik menjadi semakin umum ketika Anda menganggap bahwa plastik adalah jenis sampah yang sulit terurai. Jadi solusinya adalah mengganti alas sampah dengan koran atau kardus.

5.Meminimalkan konsumsi plastik

Berkaitan dengan cara penanganan sampah rumah tangga dari poin sebelumnya yaitu kita harus lebih pintar dan meminimalisir penggunaan plastik. Seperti halnya gerakan diet kantong plastik yang banyak dilakukan masyarakat akhir-akhir ini, merupakan langkah nyata bagi kita untuk menjaga lingkungan, bahkan di beberapa daerah ada pemerintah yang menetapkan harga beli plastik saat berbelanja. Diharapkan masyarakat membawa tas belanja sendiri yang dapat digunakan berulang kali. Selain belanja dengan tas kain sendiri / & nbsp; Goodie-Bag & nbsp; biasakan membawa peralatan makan atau mug pribadi untuk mengurangi jumlah sampah atau limbah rumah tangga.

6.Menangani minyak goreng bekas

Setelah dimasak, biasanya ada sisa minyak goreng yang tidak terpakai. Jangan membuangnya ke saluran pembuangan atau wastafel dapur. Karena bisa berdampak buruk yaitu sembelit Pipa dan yang lebih parah lagi, mencemari air di daerah kita. Sebaiknya disimpan di wadah khusus, dinginkan dan bisa kita sumbangkan ke perusahaan pengolah minyak. Minyak yang tersisa kemudian diubah menjadi biodiesel, bahan bakar yang tidak beracun dan dapat terurai secara hayati yang dapat menggerakkan mesin mobil dan pada saat yang sama membantu lingkungan.

7.Penanganan Limbah limbah berbahaya

Apakah itu? Jenis limbah yang mengandung bahan kimia, seperti baterai atau sisa botol dan tangki tinta. Jangan membuangnya ke tempat sampah biasa, atau bahkan membuangnya sembarangan. Karena bisa jadi polusi. Solusinya adalah dengan memisahkannya kemudian menyerahkannya ke pusat daur ulang sampah yang dapat mengelolanya dengan baik. Kemudian kita bisa menyerahkan barang elektronik bekas ke toko atau perusahaan yang membuatnya untuk digunakan atau didaur ulang menjadi sesuatu yang lebih berguna.

Baca Juga: Cara Mengatasi Sampah di Lingkungan Masyarakat

Dari cara menangani limbah rumah tangga di atas dapat kita terapkan di kehidupan sehari-hari kita agar limbah rumah tangga tidak menjadi limbah yang berbahaya bagi lingkungan dan diri kita.