Cara Mencuci Tangan Yang Baik dan Benar Menurut Dokter

Mencuci tangan secara rutin akan menjauhkan Anda dari berbagai jenis penyakit menular. Tapi bukan sembarangan cuci tangan. Anda harus memahami cara mencuci tangan yang baik dan benar agar hasilnya juga maksimal.

Mencuci tangan dengan cara yang tidak benar tentu tidak akan memberikan hasil apa-apa. Apalagi kalau tidak sama sekali. Saat ini ada banyak orang yang masih menyepelekan masalah cuci tangan. Padahal manfaat dari kebiasaan ini sangatlah besar. Terlebih lagi dari sisi kesehatan. 

Cara Mencuci Cuci Tangan yang Benar

Mencuci tangan secara rutin akan menghilangkan semua bakteri dan kuman yang menempel di tangan. Jadi kuman dan bakteri tidak akan masuk ke saluran pernafasan dan pencernaan ketika Anda bernafas ataupun makan. 

Berdasarkan saran dari pakar kesehatan, ada 6 langkah cuci tangan yang baik dan benar dari sisi kesehatan. Ikuti panduannya di bawah ini.

Basahi Tangan dengan Air Mengalir

Gunakan air yang mengalir ketika Anda mencuci tangan. Anda bisa menggunakan air hangat ataupun air dingin. Langkah pertama adalah membasahi tangan Anda dari mulai telapak tangan hingga ke pertengahan lengan. 

Pakai Sabun

Untuk mematikan semua jenis bakteri dan kuman yang hinggap, pastikan untuk menggunakan sabun cuci tangan yang tepat. Oleskan sabun hingga menutupi seluruh permukaan telapak dan punggung tangan. 

Gosok dengan benar

Jangan lupa untuk menggosok telapak dan punggung tangan secara bergantian. Gogok juga bagian sela-sela jari tangan dan kuku. Genggam setiap jari dengan tangan lainnya dan gosok dengan cara memutar. Lakukan metode ini setidaknya 20 detik setiap kali mencuci tangan.

Bilas dengan air mengalir

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, bilas kedua tangan Anda dengan air mengalir. Sama seperti sebelumnya, Anda bisa menggunakan air hangat ataupun air dingin. Pastikan semua sabun hilang dan tangan menjadi kesat.

Keringkan tangan

Terakhir, Anda bisa langsung mengeringkan tangan dengan handuk. Jika ada, bisa juga menggunakan hair dryer. Keringkan secara perlahan, jangan terlalu kasar karena bisa merusak jaringan epidermis pada tangan.

Pastikan untuk melakukan cara mencuci tangan yang baik dan benar tersebut secara rutin. Hal ini akan memberikan dampak yang sangat baik terhadap kesehatan tubuh Anda dan keluarga. Gunakan juga sabun cuci tangan yang mengandung senyawa antibakteri.