Cara Mengelola Keuangan Bisnis Pulsa

Kesalahan yang sering dilakukan oleh pemula dalam bisnis pulsa adalah mengabaikan pengelolaan keuangan.Hasilnya, meski banyak pembeli uang hasil penjualan tidak terkumpul bahkan selalu kehabisan modal untuk mengisi deposit. Lakukan cara berikut untuk mengelola keuangan bisnis Anda.

1. Pisahkan Uang Bisnis dari Uang Pribadi

Hindari menggunakan uang bisnis untuk keperluan pribadi dan sebaliknya.Meskipun usaha baru saja dirintis dengan Daftar SDP Mobile, Anda harus disiplin memisahkan keuangan agar tidak kebingungan.Jika uang Anda tercampur, tentunya sulit menilai apakah usaha berkembang atau tidak.

2. Buatlah Catatan Transaksi yang Jelas

Setiap transaksi yang Anda lakukan, tulislah di sebuah buku catatan, baik transaksi pembelian dari pelanggan maupun pengisian deposit.Masukkan juga transaksi pembelian perlengkapan usaha seperti alat tulis serta pulsa dan paket data untuk operasional. Selanjutnya rekap sebagai laporan secara berkala, mingguan atau bulanan untuk mengetahui keadaan arus kas.

3. Menyisihkan Keuntungan untuk Menabung

Berapa pun jumlah keuntungan yang Anda dapatkan, sisihkan sebagian untuk ditabung. Tidak harus banyak, asalkan rutin dilakukan setiap bulan. Dari tabungan tersebut, Anda dapat memiliki dana darurat jika sewaktu-waktu diperlukan.

4. Hanya Terima Pembelian Tunai

Pulsa dan paket data adalah produk yang rawan diutang karena tersedia dalam nominal kecil dan kadang dibutuhkan di saat terdesak.Jangan terlalu mudah memberikan utang pulsa Anda kepada pembeli, kecuali orang yang benar-benar dipercaya dan sangat membutuhkan. Biasanya justru teman sendiri yang berani berutang pulsa dan lupa tidak membayarnya.Jika terus dibiarkan, lambat laun keuangan bisnis Anda menjadi tidak sehat.

5. Menambah Jenis Produk yang Dijual

Saat tabungan sudah terkumpul atau Anda memiliki dana untuk dijadikan modal, tambahlah jenis produk yang dijual. Kalau biasanya hanya menjual pulsa, paket data, dan layanan pembayaran, sediakan juga aksesori handphone, kartu SIM, dan layanan servis. Semakin lengkap dan semakin banyak dagangan Anda, jumlah pembeli akan meningkat dan keuntungan pun semakin bertambah.