Cara Menggoreng Bawang Merah Agar Tidak Gosong

Cara menggoreng bawang merah agar tidak gosong. Salah satu pelengkap yang selalu ada pada kuliner-kuliner khas Indonesia adalah bawang goreng. Rasa makanan akan bertambah sedap seketikan dengan sedikit saja taburan bawang merah goreng di atas masakan ataupun nasi putih.

Namun, tidak semua orang bisa membuat bawang merah goreng yang kriuk dan juga lezat. Kebanyakan sering mengeluh, tidak lama setelah diangkat dari atas penggorengan, bawang goreng sering terasa alot. Menambah waktu menggoreng justru membuat bawang merah menjadi gosong dan juga terasa pahit.

Ada beberapa alasan kenapa bawang goreng yang sudah dibuat malah jadi gagal. Pertama yaitu api saat memasak bawang merah terlalu besar.

Tentunya hal ini akan rentan membuat bawang goreng menjadi cepat gosong, apalagi jika kamu terlalu lama mengangkatnya. Sebaiknya, kamu usahakan menggunakan api sedang dan juga minyak secukupnya.

Lalu, yang kedua biasanya bawang goreng yang gagal karena tidak renyah. Nah, ada tips yang bisa kamu lakukan untuk membuat teksturnya menjadi jauh lebih renyah. Untuk itu, simak dan ikuti baik-baik resep dan cara menggoreng bawang merah agar tidak gosong berikut ini!

1. Bawang Merah Goreng Renyah

cara menggoreng bawang merah agar tidak gosong

Bahan-Bahan :

  • 1 kg bawang merah
  • 4 cangkir minyak goreng
  • Sedikit garam
  • Sedikit tepung tapioka

Cara Menggoreng Bawang Merah Agar Tidak Gosong :

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengupas dan memotong tipis bawang merah. Setelah itu, kamu cuci di bawah air mengalir. Lanjut tiriskan dan juga keringkan dengan cara dijemur di atas permukaan yang rata. Selalu pastikan agar bawang merah nya benar-benar kering sempurna supaya terasa renyah.
  2. Langkah selanjutnya, kamu taburkan garam dan juga sedikit tepung tapioka di atas bawang merah. Diamkan dengan waktu kurang lebih selama 5 menit.
  3. Langkah selanjutnya, kamu panaskan minyak goreng di atas wajan sampai mengeluarkan sedikit asap dari atas permukaannya.
  4. Langkah selanjutnya, kamu masukkan sedikit demi sedikit bawang merah ke dalam minyak panas, goreng selama kurang lebih 5-8 menit sampai warnanya berubah menjadi kekuningan.
  5. Untuk mendapatkan bawang goreng dengan warna yang cantik kuning keemasan, angkat dari penggorengan beberapa saat setelah bawang merah mengambang di permukaan.
  6. Langkah selanjutnya, kamu letakkan tissue dapur di atas wadah untuk menyerap minyaknya.
  7. Biarkan sampai dingin. Simpan di dalam wadah kedap udara. Bawang merah goreng siap untuk menjadi pelengkap makanan kamu.

2. Bawang Merah Goreng Gurih Original

cara menggoreng bawang merah agar tidak gosong

Bahan-Bahan :

  • Siapkan 1 kg bawang merah
  • Sediakan 2 sdm garam
  • Ambil 500 ml minyak goreng

Cara Menggoreng Bawang Merah Agar Tidak Gosong :

  1. Langkah pertama, kamu kupas bawang merah, kemudian kamu cuci bersih.
  2. Langkah selanjutnya, kamu iris tipis-tipis bawang merah ataupun kamu bisa juga menggunakan parut untuk mengiris bawang merah. Setelah di iris, kamu taburi menggunakan garam. Aduk-aduk hingga tercampur rata.
  3. Setelah itu, kamu goreng bawang merah di minyak panas dan dengan menggunakan api sedang, sambil diaduk-aduk supaya bawang goreng tidak menyatu dan juga menempel. Saya disini gorengnya bertahap ya, tidak langsung sekali goreng, yang penting bawang nya kerendam minyak. Tips supaya tidak gosong : setelah agak kekuningan bisa langsung kamu angkat, kalau kamu menunggu kecoklatan bawang merah yang panas bisa gosong meski sudah diangkat dari atas wajan.
  4. Selanjutnya, setelah diangkat bisa langsung di tiriskan, pakai tisu dapur ataupun memakai kertas minyak. Tunggu sampai bawang goreng dingin baru kamu simpan di stoples supaya awet kriuknya. Note : jangan sekali-kali meniriskan bawang merah goreng diatas wajan yang masih panas, soalnya nanti bisa gosong.
  5. Bawang merah goreng siap untuk menemani berbagai masakan kamu. Selamat mencoba semoga bermanfaat!

3. Bawang Merah Goreng Renyah Gurih

Bahan-Bahan :

  • ┬╝ kg bawang merah yang sudah dikupas
  • 1 sdt garam
  • 1 liter air
  • 1 sdt tepung maizena
  • Minyak goreng secukupnya

Cara Menggoreng Bawang Merah Agar Tidak Gosong :

  1. Langkah pertama yang harus kamu kamu lakukan adalah mencuci bersih bawang yang sudah dikupas.
  2. Setelah itu, sebelum bawang merah nya digoreng, kamu campurkan terlebih dulu satu sendok garam dengan satu liter air. Lalu, kamu rendam bawang dengan waktu selama kurang lebih 30 menit. Rendaman air garam ini berguna membuat tekstur bawang lebih gurih dan juga renyah.
  3. Selanjutnya, setelah direndam dengan menggunakan air garam, kamu taburkan sedikit tepung maizena supaya bawang goreng semakin renyah. Kemudian, kamu diamkan bawang selama beberapa menit.
  4. Langkah selanjutnya, kamu panaskan minyak dengan memakai api sedang. Lalu, kamu goreng bawang dengan minyak panas sambil diaduk-aduk. Jangan sampai kamu lupa mengaduknya untuk mencegah supaya tidak mudah gosong dan semua nya merata.
  5. Selanjutnya, setelah berwarna agak keemasan ataupun kuning kecokelatan, kamu saring bawang lalu siram-siram dengan memakai minyak panas sekitar tiga kali. Kemudian, kamu tekan agar semua minyaknya keluar.
  6. Bawang yang sudah disaring ditaruh pada alas kertas ataupun tissue dapur, lalu kamu pisahkan bawang goreng dengan memakai garpu. Tujuannya agar bawang merah goreng tidak menyatu ataupun menumpuk.
  7. Setelah dingin, kamu bisa menyimpan nya didalam wadah bertutup rapat. Bawang merah goreng siap untuk disajikan dengan menu makanan keluarga.

Pelajari juga resep dan cara membuat keripik bawang seledri renyah. Itulah dia resep dan cara menggoreng bawang merah agar tidak gosong yang dapat kamu coba dan kamu praktekkan sendiri dirumah.

Selamat mencoba!