Cara Menghilangkan Embun Pada Jam Tangan

Arloji atau jam tangan adalah sebuah alat yang dipakai oleh banyak orang sebagai penunjuk waktu yang praktis dan efisien. Ada banyak produsen jam tangan seperti jam tangan Casio, Timex, Tag Heuer, dan lainnya yang terkenal dengan ciri khasnya masing-masing. Namun, hampir semua jam tangan pasti memiliki masalah yang sama yang kadang mengganggu kinerja jam tangan tersebut.

Jam tangan yang berembun merupakan salah satu masalah utama yang paling umum ditemukan pada hampir setiap pengguna jam tangan. Terutama ketika kondisi udara lembab atau saat tiba musim hujan, jam tangan seringkali berembun pada bagian dalam kacanya. Embun pada bagian dalam kaca jam tangan akan sangat mengganggu ketika akan melihat waktu pada jam tangan yang sedang digunakan.

Pengembunan yang terjadi pada jam tangan cukup umum terjadi dan biasanya cukup sulit dihilangkan jika hanya dilap menggunakan kain. Untuk menghilangkan embun pada bagian dalam kaca jam tangan tidak bisa digosok dengan kain namun harus menggunakan cara lain. Berikut adalah beberapa cara menghilangkan embun pada jam tangan yang mudah dan praktis yang bisa dilakukan sendiri:

Rendam dalam Beras

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk menghilangkan embun pada kaca jam tangan adalah dengan cara direndam dalam beras. Trik ini bisa dilakukan dengan menggunakan semangkuk penuh beras dan kubur atau rendam jam tangan di dalamnya selama beberapa waktu. Setelah berlalu beberapa waktu, angkat jam tangan dan embun telah hilang, jangan lupa bersihkan atau lap jam tangan hingga bersih.

Gunakan Lilin

Yang kedua adalah metode menghilangkan embun pada kaca jam tangan dengan menggunakan bantuan lilin yang sudah dinyalakan. Lilin yang biasa digunakan ketika lampu mati bisa menghilangkan embun pada jam tangan dengan efektif dan cepat. Caranya adalah dengan mendekatkan bagian bawah jam tangan dengan lilin selama sekitar 1 menit hingga embun pada jam tangan menghilang.

Keringkan dengan Hair Dryer

Metode ketiga yang bisa digunakan pada jam tangan yang berembun adalah dengan menggunakan hair dryer. Proses menghilangkan embun di jam tangan dengan menggunakan hair dryer cukup mudah dilakukan dengan mengatur hair dryer pada suhu terendah. Yang perlu diperhatikan adalah ketika mengeringkan dengan hair dryer, jarak antara jam tangan dengan hair dryer adalah sekitar 15 centimeter.

Bungkus dengan Handuk

Trik lain yang bisa dilakukan untuk mengeringkan embun pada jam tangan adalah dengan menggunakan handuk kering. Handuk kering yang bersih bisa digunakan untuk menghilangkan embun yang ada di jam tangan dengan cara membungkusnya. Saat membungkus, pastikan bagian belakang jam tangan menghadap ke bawah dan bungkusan handuk pada tempat yang memiliki udara terbuka.

Jemur di bawah Panas Matahari

Untuk menghilangkan jam tangan yang tiba-tiba berembun, tidak perlu panik dan cukup jemur jam tangan di bawah sinar matahari. Langkah ini adalah langkah termudah yang bisa dilakukan untuk menghilangkan embun yang ada di bagian dalam kaca jam tangan. Tidak perlu benda lainnya untuk menghilangkan embun di jam tangan, cukup jemur di bawah sinar matahari selama sekitar 5 menit.

Gunakan Telapak Tangan

Terakhir, untuk menghilangkan embun yang menempel pada bagian dalam jam tangan, cukup gunakan telapak tangan. Walaupun sedikit kurang efektif, ini termasuk cara termudah untuk menghilangkan embun di jam tangan yang bisa dicoba. Ketika telapak tangan sedang dalam keadaan hangat, letakkan permukaan jam tangan pada telapak tangan selama beberapa menit hingga embun menghilang.