Cara Menghilangkan Noda Tinta pada Sofa yang Baik dan Benar

Cara menghilangkan noda tinta pada sofa perlu diketahui. Sofa merupakan furnitur yang sangat penting dan biasanya terletak di ruang tamu. Namun bagaimana jika sofa terkena noda tinta pulpen? Hal ini biasa terjadi pada banyak orang. Tidak sedikit orang yang merasa khawatir dan risau ketika sofa terkena noda tinta.

baca juga: cuci sofa di tangerang selatan

Noda tinta dapat membuat tampilan sofa menjadi jelek. Bahkan jika tidak segera dibersihkan, maka akan semakin sulit dan permanen. Untuk mengatasi hal tersebut, maka anda bisa membersihkannya dengan berbagai cara. Seperti menggunakan cairan pembersih yang khusus.

Cara Menghilangkan Noda Tinta pada Sofa Kulit, Bagaimana?

Anda tidak perlu khawatir atau panik ketika noda tinta tidak sengaja tumpah pada permukaan sofa. Sebab, ada beberapa tips dan cara menghilangkan noda pulpen di sofa. Simak tipsnya berikut ini.

1. Jangan Menyeka atau Mengelap Noda Tinta

Tips yang pertama adalah jangan mengelap noda tinta tersebut. Sebab, bisa jadi noda tinta akan melebar dan menyebar ke bagian lainnya. Cara yang tepat adalah menyerapnya. Anda bisa meletakkan kain lap atau tisu basah diatas noda.

Biarkan saja dan jangan anda usap. Namun jangan biarkan hingga noda tersebut mengering. Anda bisa mengambil deterjen cair dan menuangkannya pada bagian yang ada nodanya. Kemudian diamkan selama beberapa menit hingga deterjen menyerap noda tinta.

Kurang lebih 15-20 menit agar deterjen cair masuk ke dalam serat sofa. Deterjen cair lebih disarankan karena mudah menyerap ke dalam serat. Akan lebih baik lagi jika anda menggunakan deterjen khusus sofa kulit. Sehingga lebih aman dan ampuh untuk membersihkan.

baca juga: jasa cuci sofa di tangerang

2. Sikat Noda Tinta Dengan Lembut

Apabila deterjen sudah terserap, maka anda bisa menyikat dengan lembut. Anda bisa menggunakan sikat lembut untuk membersihkan permukaan sofa kulit. Cara menghilangkan noda tinta pada sofa kulit yang satu ini bisa anda lakukan dengan mudah.

Anda juga bisa menggunakan kapas yang telah dibasahi dengan alkohol. Cairan alkohol juga dapat meminimalisir noda tinta pada sofa kulit. Bersihkan hingga noda benar-benar hilang.

3. Keringkan Menggunakan Hairdryer

Cara menghilangkan noda pulpen di sofa Selanjutnya adalah keringkan menggunakan hairdryer. Alkohol yang terkena udara panas akan menguap bersama tinta. Sehingga noda tinta benar-benar bersih dan tidak berbekas. Anda bisa menggunakan cara ini jika sewaktu-waktu ada noda tinta yang menempel pada sofa.

Anda bisa menggunakan cara yang lain yakni menggunakan spray cairan.  Sofa kulit memang memiliki kualitas yang bagus. Jika terdapat noda yang menempel, maka akan sangat sulit untuk dibersihkan. Anda bisa membersihkan segera dengan spray cairan pembersih.

Beberapa cara menghilangkan noda tinta pada sofa bisa anda aplikasikan dengan mudah. Lebih baik menggunakan cairan pembersih yang khusus dan langsung disemprotkan pada sofa. Dengan begitu sofa tidak memiliki spot noda yang mengganggu penampilan.