Cara Mengkonsumsi VCO Untuk Asam Lambung Yang Aman

Virgin coconut oil sangat banyak sekali manfaatnya untuk kesehatan. Terutama untuk penyakit asam lambung. Virgin coconut oil sendiri sangat mudah di temukan, anda juga bisa membelinya di pasaran. Berikut ini cara mengkonsumsi VCO untuk asam lambung.

Virgin Coconut Oil

Virgin coconut oil adalah minyak alami yang terbuat dari kelapa yang diekstrak, Bisa di sebut juga virgin coconut oil. VCO ini bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan, mulai dari memasak hingga sebagai produk kecantikan. Aroma dan rasanya yang khas membuat minyak ini banyak digemari.

Dari hasil berbagai penelitian, diketahui bahwa lemak VCO merupakan Asam Lemak Jenuh dengan  rantai carbon menengah (Medium Chain Fatty Acid atau disingkat MCFA) yang bersifat mudah dicerna oleh enzim lipase tanpa perlu bantuan asam empedu. 

Rantai karbon VCO mudah diabsorbi intenstin dan masuk kealiran darah dengan hanya terikat pada albumin, sehingga dengan cepat menuju kehati untuk dimetabolisir. 

Proses metabolisme VCO independen dari insulin sehingga dapat menghasilkan energi cepat dalam semua kondisi fisiologis tubuh. Pasokan energi demikian sangat vital, terutama pada saat ada stress jaringan.

VCO mengandung asam kaprat dan asam laurat yang tinggi (47-53 %). Asam kaprat dan asam laurat sangat membantu pengeluaran insulin oleh kelenjar pancreas. Sehingga bagi penderita diabetes ada tambahan usaha dalam tubuh untuk membantu penurunan gula darah.

Asam Laurat juga mampu menghancurkan dinding sel mikroba-bakteri, virus dan kuman yang terdiri dari lipid. jika kandungan lipid dihancurkan, maka dinding selnya ikut hancur.

Asam lemak VCO yang merupakan sari dari minyak kelapa bersifat anti bakteri dan anti protozoa. Sehingga efektif untuk menghambat, mengontrol bahkan membinasakan Helicobater pylori penyebab maag dan gangguan pencernaan.

Demikian hasil penelitian Byron W Petschow dari Indiana, Amerika Serikat, bekerja sama dengan perusahaan obat Bristol-Myers Squibb.

Manfaat Virgin Coconut Oil

Dilihat dari kandungan asam lemak dengan rantai karbon menengah (MCFA), asam laurat dan asam kaprat, cara kerja, serta hasil uji klinis. VCO dapat mencegah dan menyembuhkan penyakit-penyakit berikut:

1. Penyakit Metabolisme

Obesitas, kanker, diabetes melitius, plak jantung, jantung koroner, darah tinggi / rendah, kolesterol tinggi, penyumbatan pembuluh darah, osteoporosis, abses, varises, stroke, hypothyroida, vertigo,   mudah kesemutan, asam urat, rematik, meningkatnya asam lambung, susah buang air besar  dan ambeien

2. Penyakit Karena Jamur, Virus, Kuman Dan Bakteri

Campak, Hepatitis A, B dan C, cacar, TBC, Herpes,, HIV/AIDS influenza, Keputihan, dimungkinkan utk flu burung, demam berdarah, borok-borok, jerawat, typhus, tukak lambung/maag, bau mulut, sakit gigi, luka-luka, Infeksi saluran pernafasan dan penyakit karena jamur, kuman, virus, bakteri serta  infeksi lainnya.

Manfaat lainya juga ada yang di hasilkan dari VCO. Seperti Mengencangkan kulit, Menghilangkan noda bekas jerawat/cacar, membuat awet muda, mencegah kebotakan dan menyuburkan rambut membuat tubuh tetap fresh dan sebagai suplemen.

Aturan Pemakaian VCO

Dosis minum seperti yang disarankan oleh Bruce Fife MD salah seorang perlopor minyak kelapa murni dari Amerika Serikat adalah 3 sendok makan perhari, namun untuk penyakit-penyakit yang akut bisa diminum 23 sendok tiga kali sehari.

Penyakit luar bisa dioleskan dan diminum, untuk sakit gigi yang disebabkan oleh kuman bisa disumpalkan dengan kapas pada gigi yang berlubang dan untuk berkumur, untuk kebotakan dioleskan dan diurut di kepala 2 jam sebelum keramas, sedangkan sebagai suplemen bisa diminum 2 sendok sebelum melaksanakan aktifitas/ olahraga.

Cara Pembuatan VCO

  1. Siapkan 5 buah kelapa yang sudah tua.
  2. Kupas berikut kulit arinya, kemudian kelapa diparut.
  3. Campur parutan kelapa dengan 0,5 liter air kemudian diuleni (diremas remas).
  4. Peras campuran parutan kelapa dan air unruk dijadikan santan, kemudian tempatkan di toples plastic yang bersih.
  5. Air santan di mixer selama +/- 15 menit
  6. Tutup tempat plastic dengan kain kasa dan biarkan selama 36 jam.

Yang perlu diperhatikan selama proses dari item 1 sampai dengan 6 tidak boleh terkena garam ataupun keringat.

Setelah 36 jam pemeraman akan terjadi 4 lapisan, lapisan 1 (atas) lemak tak jenuh tapi bentuknya menggrombol, lapisan 2 VCO, lapisan 3 ampas atau lemak jenuh pekat dan lapisan terakhir air asam yang tidak boleh terkena tanaman.

Anda juga bisa membuatnya menggunakan mesin pembuat VCO agar hasilnya lebih maksimal lagi.

Itulah cara mengkonsumsi VCO untuk asam lambung. Banyak sekali manfaat yang di hasilkan VCO untuk kesehatan. Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Caranya juga sangat mudah.