Cara Meningkatkan Hasil Pertanian Dengan Maksimal di Indonesia

Indonesia selama ini dikenal sebagai negara pertanian, cara meningkatkan hasil juga mudah. Banyak masyarakat indoneisa yang berprofesi di bidang sektor agraris, baik itu petani pangan, peternak maupun petani argoindustri.

Mereka memanfaatkan sumber daya yang terdapat disekitar mereka dengan baik walaupun itu tanaman dan hewan sekalipun.

Namun, seringkali dijumpai hasil dari pertanian yang digarap oleh petani dari indonesia tidak mendapat hasil yang maksimal sesuai dengan yang diharapkan.

Impian untuk dapat berswasembada pangan pun terus mengalami kemunduran karena banyak petani yang kesulitan untuk meningkatkan hasil pertanian.

Jika benar demikian, apakah yang harus dilakukan? Berikut ini beberapa langkah sederhana untuk dapat meningkatkan hasil dari pertanian tersebut.

Cara Meningkatkan Hasil Melakukan Intensifikasi

Apabila anda merupakan petani yang berasal dari jawa dan bali yang luas lahannya sempit, langkah intensifikasi untuk memanfaatkan pertanian ini bisa dilakukan.

Intensifikasi pertanian adalah langkah guna memanfaatkan semaksimal mungkin lahan yang ada. Bahlan ada juga penggunakan alih sarana penanaman, tidak hanya memanfaatkan sawah, tetapi juga dengan menggunakan teknik hidroponik.

Namun, cara yang paling lazim untuk melakukan intensifikasi dari pertanian adalah dengan melalui sapta usaha tani.

Berikut ringkasan dari sapta usaha tani yang biasanya diterapkan dalam pertanian sehari hari.

  • Melakukan pengolahan tanah yang tepat, baik itu sebelum penanaman hingga setelah panen.
  • Melakukan pengairan dengan teratur dan merata.
  • Memiilih bibit tanaman yang unggul untuk menurunkan risiko dari gagal panen.
  • Rutin melakukan pemupukan, pastikan pupuk tersebut telah menyerap hingga akar tanaman.
  • Tidak lupa melakukan pemberantasan hama dan virus yang mungkin dapat menyerang tanaman.
  • Pengolahan yang tepat setelah panen, baik itu dari hasil panen, bagian yang tidak diambil, hingga tanam yang sebelumnya digunakan.

Jika semua langkah itu diterapkan dengan baik juga konsisten, maka bukan tidak mungkin hasil dari pertanian dapat mencapai hasil yang diharapkan dan mengurangi kerugian petani.

Diversifikasi pertanian

Meningkatkan hasil pertanian juga bisa dilakukan melalui diversifikasi pertanian. Apa itu diversifikasi pertanian? Ini merupakan cara meningkatkan hasil pertanian dengan cara menanam beberapa jenis tanaman produksi sekaligus dalam satu lahan pertanian.

Di Indonesia, praktik yang paling sering dijumpai adalah menanam padi dan jagung sekaligus dalam satu lahan.

Apabila dilakukan dengan tepat, cara ini sangat efisien untuk meningkatkan hasil pertanian. Petani juga tidak harus tergantung pada satu tanaman saja panen nanti.

Risiko gagal panen bisa diminimalisir karena ada kemungkinan satu dari dua jenis tanaman akan selamat.

Selain baik untuk pertanian pangan, diversifikasi ini juga baik untuk peternakan. Contohnya adalah dengan membuat peternakan yang isinya adalah hewan-hewan penghasil susu (sapi dan kambing).

  1. Mekanisasi pertanian

Tidak dapat dimungkiri bahwa pertanian Indonesia masih tertinggal karena peralatan yang digunakan pun masih bermodel lama. Bahkan di beberapa daerah, pertaniannya masih mengandalkan tenaga manusia.

Padahal, jika dilakukan perhitungan, tenaga manusia untuk bertani sudah tidak efisien karena sangat menghabiskan waktu. Untuk itu, perlu adanya mekanisasi pertanian di Indonesia.

Tenaga manusia dan tenaga hewan hendaknya mulai perlahan ditinggalkan karena tidak lagi efisien.

Memang tidak mudah untuk mewujudkannya, tetapi bukan suatu hal yang mustahil jika ada kerja sama yang baik antara pemerintah, perusahaan produsen mesin pertanian, peneliti, petani, dan tentunya masyarakat.

Sebenarnya, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan hasil pertanian. Ketiga cara di atas hanyalah sebagian kecil di antaranya yang paling mungkin untuk dilakukan.

Anda juga bisa melakukan inovasi sendiri untuk meningkatkan hasil pertanian. Misalnya, mulai menerapkan sistem hidroponik yang mudah di sela-sela menggarap lahan pertanian.

Ingat, ada banyak jalan menuju Roma, ada banyak cara untuk mendapat hasil pertanian yang melimpah!