Ciri-ciri Cumi-cumi, Klasifikasi hingga Struktur Morfologi

Ciri-ciri Cumi-cumi, Klasifikasi hingga Struktur Morfologi
Ciri-ciri Cumi-cumi, Klasifikasi hingga Struktur Morfologi

Ciri-ciri cumi-cumi – Cumi-cumi merupakan kelompok hewan cephalopoda atau jenis mollusca yang hidup di dalam laut.nama cephalopoda yang berasal dari bahasa Yunani berarti kepala kaki maksudnya karena kaki yang terpisah menjadi sejumlah tangan melingkari kepala titik sedangkan moluska itu merupakan hewan yang yang bertubuh lunak. Cumi-cumi dipisahkan dengan kepala yang berbeda. Akson besar cumi-cumi ini punya diameter 1 mm yang digunakan untuk proses konsumsi dari cumi-cumi ini. Nama spesies cumi-cumi adalah loligo chinensis.

Menurut nontji dengan penelitiannya pada tahun 2002, cumi-cumi ini memiliki tubuh langsing, kerangkanya tipis dan punya propulsi jet untuk menembakkan air lewat organ berupa corong. Organ ini digunakan untuk bertahan hidup.

tahukah kamu bahwa cumi-cumi ini termasuk dalam golongan invertebrata atau hewan yang tidak bertulang belakang. Salah satu cumi-cumi laut dalam yang bernama heterotheutis itu merupakan cumi-cumi yang bisa memancarkan cahaya loh. yang membuat cumi-cumi ini bisa memancarkan cahaya adalah juluran panjang yang menonjol ke depan. Pengeluaran cahaya ini merupakan akibat dari proses ruminasi yang terjadi pada cumi-cumi jenis ini. Bahkan cumi-cumi ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan untuk mempertahankan dirinya. ketika cumi-cumi lain menyemprotkan tinta hitam untuk melindungi dirinya justru cumi-cumi yang ini menyemburkan cairan yang bercahaya karena proses luminasi tadi.

Cumi-cumi merupakan hewan yang cukup unik karena punya kaki di kepalanya. Kaki ini disebut dengan tentakel, pada setiap cumi-cumi memiliki 10 tentakelyang mana berbeda dengan saudaranya yakni gurita yang memiliki 8 tentakel. Setiap ini punya penghisap di ujung-ujungnya nya yang digunakan untuk melekat pada suatu komponen atau mangsa. Tubuh cumi-cumi berbentuk silindris yang meruncing dibagian ujungnya. Tubuhnya terdiri dari bagian mantel dan bagian rongga tubuh. mantan ini cukup tebal untuk melindungi bagian tubuhnya dan menutupi rongga tubuhnya sedangkan di dalam enggak tubuhcumi-cumi terdapat tinta yang digunakan untuk mempertahankan hidupnya ketika terancam. beda cumi dan sotong

Cumi-cumi biasa hidup di perairan dengan suhu 8 hingga 32 derajat Celsius dan salinitas air dari 8,5 sampai 30 permil.maka dari itu pernah suatu saat terjadi kelimpahan cumi karena adanya zat hara yang terbawa dari daratan. Penyebaran cumi-cumi ini ada di perairan Pasifik barat, Australia utara, Pulau Filipina bagian utara lautan Cina Selatan hingga Jepang. Bahkan di Indonesia penyebaran cumi-cumi ini cukup merata mulai dari pantai hingga laut lepas dan mulai permukaan hingga beberapa ribu meter.

Cumi-cumi memiliki ukuran tubuh yang bervariasi dari kecil hingga raksasa cumi-cumi raksasa ini bernama architeutis Yang berukuran hingga 16 m. Fakta unik lainnya ukuran betina jauh lebih besar daripada ukuran cumi-cumi jantan. Untuk perkembangbiakan hewan cumi-cumi ini hanya melalui perkembangbiakan seksual sehingga harus dilakukan bersama lawan jenisnya titik untuk cara berkembang biak hewan cumi-cumi ini adalah dengan bertelur ya bukan dengan melahirkan memangnya unta. Untuk makanan utama hewan ini adalah plankton dan biota laut yang lebih kecil daripada tubuh cumi-cumi. (Iya iya lah ya kali cumi-cumi makan hiu). Tubuhnya ini memandang dan kepalanya runcing dengan 10 lengan yang 2 diantaranya merupakan tentakel.

Nah, itu dia pengertian, bentuk, habitat, cara perkembangbiakan, makanan, hingga jenis-jenis cumi-cumi yang perlu kalian ketahui. Jadi jangan hanya bisa makan ya tapi juga bisa menjelaskan pengertian cumi-cumi dan bentuk morfologinya. karena yang butuh makanan itu tidak hanya perut ya tapi juga otak kita.