Dari Mana Asal Bunyi? Ini Keterangan Berkenaan Energi Bunyi

Energi bunyi ialah energi yang bisa didengarkan. Bunyi menjadi sangat bising karena datang dari kendaraan motor, mesin pabrik, dan petir. Bunyi dapat datang dari bisikan.

Dari Mana Asal Bunyi? Ini Keterangan Berkenaan Energi Bunyi

Merilis dari buku Pengetahuan Pengetahuan Alam Ipa Kelas 3 Sekolah Dasar, bunyi bisa dibuat dengan bicara dan bermain alat music. Saat manusia bicara pita sura dalam leher akan bergetar hingga hasilkan bunyi atau suara.

Getaran pita suara dalam leher itu bisa kita alami dengan menempatkan telapak tangan di kerongkongan. Suara yang dibuat setiap manusia bisa keras atau lirih.

Alat musik bisa hasilkan bunyi karena ada getaran udara dalam alat musik saat alat itu dimainkan. Langkah mainkan alat musik juga berbeda. Ada yang diambil, dipukul, digoyangkan, atau ditiup.

Bunyi datang dari benda yang bergetar, salah satunya misalnya gitar. Gitar hasilkan suara dari senar yang diambil. Saat senar itu diambil, senar akan bergetar. Getaran senar itu mengakibatkan udara dalam tabung gitar bergetar hingga terbentuklah bunyi.

Bunyi mempunyai tiga karakter. Karakter-sifat bunyi yakni gelombang longitudinal (gelombang yang arah rambatnya sejajar dengan arah getarnya), menjalar lewat media, dan bunyi itu bisa dipantulkan.

Berikut keterangan berkenaan bagaimana bunyi yang menjalar diambil dari buku Bijak Pintar untuk Sekolah Dasar Kelas 4 kreasi Christiana Umi:

Bunyi ialah gelombang yang merambatnya sejajar dengan arah getarannya. Bunyi bisa kedengar jika:

  1. Ada sumber bunyi.
  2. ada media yang mengantarkannya,
  3. Ada yang dengarkan bunyi.

Bunyi bisa menjalar lewat beragam media perambat seperti udara, zat cair, dan benda padat. Bunyi tidak bisa menjalar bila tidak ada media mediator.

Bunyi yang menjalar lewat benda padat dan zat cair akan kedengar lebih terang dibanding menjalar lewat udara. Udara sebagai benda gas yang isi mayoritas bumi.

Udara jadi mediator bunyi saat kita sedang berbicara . Maka sepanjang ada di bumi, kita segera dapat secara mudah berbicara. Di luar angkasa komunikasi tidak bisa dilaksanakan secara mudah karena tidak ada udara hingga bunyi tidak bisa menjalar.

Bunyi yang bisa menjalar lewat zat cair, misalnya suara lumba-lumba yang ketangkap lewat radar selam. Bunyi menjalar lewat benda padat misalnya saat tempelkan telinga di rel kereta api karena itu suara roda kereta api yang memiliki jarak belasan km akan kedengar cukup terang.

Jadi bunyi datang dari benda yang bergetar ya detikers!

baca juga Tutorial Gitar