Cari Tahu Apa Itu Defibrillator Di Sini

Defibrillator merupakan peralatan medis yang berfungsi untuk tindakan penyelamatan darurat pada korban serangan jantung. Sistem kerja defibrillator adalah memberikan stimulus energi listrik dalam jumlah tertentu sesuai dengan kondisi yang dialami oleh pasien dan juga kondisi fisik orang tersebut. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak penjelasan tentang defibrillator lengkap di artikel ini.

Pengertian Alat Defibrillator

Sebagaimana sudah kita ketahui di awal tadi, alat defibrillator adalah sebuah alat medis yang digunakan untuk mengembalikan irama jantung yang tidak normal akibat terjadi serangan jantung mendadak yang membuat jantung mengalami fibrilasi pada bilik ventrikel. Dengan kapasitas tertentu energi listrik dapat membuat kelistrikan jantung yang tidak normal kembali normal. Itulah yang disebut alat defibrillator.

Mengenal Bagian – Bagian Defibrillator dan Cara Kerjanya

Defibrillator terdiri dari sebuah kapasitor yang berfungsi untuk menyimpan arus listrik dalam waktu sementara. Selain itu alat ini juga menggunakan baterai dan juga modul inverter untuk merubah dan menaikan tegangan baterai menjadi tegangan yang lebih tinggi. Untuk mengalirkan energi listrik ke jantung pasien alat ini menggunakan sebuah plat elektroda yang disebut Padle Elektroda. Pada jenis defibrillator otomatis disebut dengan istilah Pads AED karena bentuknya adalah pads yang direkatkan ke dada pasien.

Mengenal Beberapa Jenis Alat Defibrillator

Berdasarkan sistem kerjanya, defibrillator hanya terdiri dari dua jenis yaitu Defibrillator manual dan Otomatis (AED). Dua jenis ini masih terbagi lagi berdasarkan cara penggunaanya. Yaitu defibrillator Internal dan External. Defibrillator internal digunakan secara khusus, Adapun jenis External yang sering kita lihat dan digunakan di banyak tempat. Defibrillator Otomatis atau AED bekerja secara otomatis di sistem analisa aritma dan juga pemberian kejutan. Sedangkan defibrillator manual seting energi dan analisa ekg jantung dilakukan secar amanual oleh petugas medis terlatih.

Harga Defibrillator

Alat ini merupakan tergolong alat Unit Elektromedik yang memiliki harga yang cukup mahal. Terlebih lagi melihat fungsinya sebagai alat emergency dan keselamtan. Sesuaikan kebutuhan anda dengan produk – produk yang dijual dipasaran. Biasanya harga dipengaruhi oleh Merk atau Brand, Fitur dan juga Origin dari produk tersebut. Sekian, semoga bermanfaat !