Fakta Jurusan Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Cirebon

Fakultas Ilmu Sosial Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Cirebon (FISIP UMC) merupakan salah satu fakultas berada di lingkungan UMC yang didirikan pada 28 September 2000. Lokasi FISIP UMC berada di Kampus IIJl. WatubelahNo no 40  Sumber.


Ilmu Pemerintahan UMC
Program studi Ilmu Pemerintahan yang memiliki Visi Menjadi Program Studi unggulan dalam mencetak sarjana bidang ilmu pemerintahan yang memiliki jiwa kemandirian, integritas akhlak dan moral islami. serta professional. Gelar yang diperoleh untuk para lulusan adalah Sarjana Ilmu politik (S.IP).

Baca juga rekomendasi : universitas dengan jurusan hukum terbaik


Selama ini Program Studi Ilmu Pemerintahan bertujuan menghasilkan  lulusan yang menempati posisi di lapangan sebagai berikut:

  1. Aparat Pemerintah/Birokrat 
  2. Anggota Legislatif 
  3. Anggota Partai Politik
  4. Aktivis LSM/Ormas
  5. Perangkat desa
  6. PNS Dan beragam profesi bidang pemerintahan  lainnya

Dalam ilmu pemerintahan Universitas Muhammadiah cirebon terdapat beberapa fakta menarik diantaranya yaitu sebagai berikut;

Baca juga : jurnal fakultas ekonomi


Fakta-Fakta Ilmu Pemerintahan Universitas Muhammadiyah Cirebon
Dosen di Ilmu Pemerintahan sebagian besar Praktisi dan sisanya dari akademik
Dari dari 20 dosen ilmu pemerintahan 12 orang adalah seorang praktisi, maksud dari praktisi di dalam ilmu pemerintahan ini yaitu  adalah dosen  yang  sebelumnya pernah menjabat sebagai camat, lurah dan kepala dinas setelah pensiun menjadi dosen Ilmu Pemerintahan, ada juga beberapa dosen yang masih aktif menjabat sebagai camat dan kuwu.

sehingga pengalaman mereka selama bertugas dapat di aplikasikan langsung saat mengajar kepada mahasiswa.


Dan sisanya 8 orang akademis  asli yaitu seseorang yang menempuh pendiidkan  Akademik lembaga pendidikan tinggi yakni setingkat universitas,institute atau sekolah tinggi. Karena dari akademik maka ilmu dan pengetahuan mereka yang didapat selama belajar akan di pakai saat mengajar mahasiswa.

Dosen Ilmu pemerintahan kebanyakan sudah senior
Karena lebih dari setengah dosen ilmu pemerintahan adalah dari kalangan praktisi camat, kuwu, dan dinas sehingga umur mereka dan pengalamannnya sudah banyak

Hanya ada 1 dosen perempuan 
Di ilmu pemerintahan terdapat hanya 1 dosen wanita, dia adalah ibu Annisa Rengganis S.ip. MA. Walaupun hanya perempuan sendiri tapi ia tidak kalah cara mengajarnya. Dan dia berprofesi sebagai staf ahli dari salah satu anggota DPR RI. Sebenarnya di IP juga ada Staf  TU fisip yaitu ibu santi ia yang mangatur segala urusan mahasiswa fisip dan keperluan lainnya.


Dalam pembelajaran di ilmu pemerintahan dosen sering memberi tugas untuk praaktek langsung ke lapangan
Karena banyak dosen kalangan praktisi jadi kebanyakan dosen memberi tugas yang membuat mahasiswa mencari langsung jawabannya dari lapangan, seperti pada semester 5 saat ini mendapat tugas untuk menelusiri tugas PPAT (pejabat pembuat akta tanah) dan PPATS(pejabat pembuat akta tanah sementara) dan pembuatan sertifikat tanah.

Para mahasiwa di arahkan agar pergi ke kecamatan dan pergi ke notaris atau PPAT.


Dan juga beberapa bulan lalu BEM FISIP yang terdiri dari mahasiswa ilmu pemerintahan dan imlu komunikasi bekerjasama dengan Media Rifana melakukan kunjungan pendidikan dan budaya dengan beragam tempat tujuan seperti kantor bupati cirebon, kantor DPRD kabupatn cirebon,dinas kearsipan dan perpustakaan, dinas kebudayaan pariwisata pemuda dan olahraga. Disana kami berdialog langsung dengan bapak bupati cirebon dan beberapa anggota DPR kabpaten cirebon.


Jumlah mahasiswa ilmu pemerintahan UMC masih belasan orang
Jumlah mahasiswa untuk kelas reguler umc masih berjumlah sekitar belasan orang, khusus untuk semester 5 reguler sendiri terdapat 14 orang, itu terdiri dari 5 perempuan dan 9 laki laki, termasuk juga untuk jumlah semester 3 dan untuk  semester satu masih belasan orang sedangkan untuk kelas karyawan hampir di semua tingkatan semesternya berjumlah banyak  hingga mencapai  30 orang lebih.

Ilmu pemerintahan berbeda dengan administrasi negara
Ilmu pemerintahan UMC merupakan satu satunya jurusan IP di cirebon, sedangkan salah satu universitas lainnya terdapat administrasi negara.

Ilmu pemerintahan lebih membahas segi kemampuan memimpin bidang legislatif dan legislatif dan yudikatif dalam hubungan Pusat dan Daerah, antar lembaga serta antar yang memerintah dengan yang diperintah.
Sedangkan administrasi negara fokus pada penyelenggaraan negara, khususnya penyelenggaraan tugas – tugas badan eksekutif (seluruh instansi yang berada di bawah presiden.

mulai dari presiden s/d lurah) untuk mengimplementasikan/menjalankan kebijakan publik di masyarakat.


Demikianlah tulisan mengenai beberapa fakta menarik dari program studi Ilmu Pemerntahan UMC (Universitas Muhammadiyah Cirebon) semoga dengan adanya tulisan ini dapat memberi wawasan dan juga pengetahuan bagi segenap pembaca. Trimakasih. Penulis dalam artikel ini adalah Mukti Purnomo.