Fitur-Fitur Dasar Pada Aplikasi Adobe Premiere Pro

Kita semua pasti sudah kenal dengan perusahaan Adobe, developer yang menyediakan beragam aplikasi untuk kebutuhan digital kita. Mulai dari kebutuhan dokumen, suara, grafis, hingga video, seperti Adobe Premiere Pro.

Akhir-akhir ini, aplikasi Adobe Premiere Pro sedang banyak dicari dan digunakan oleh banyak kalangan, mulai dari pemula, hingga tahap mahir. Hal ini tentu saja tidak lepas dari meningkatnya tren penggunaan jejaring social untuk berbagi video milik Google, yaitu Youtube.

Tingginya tingkat influence dari para Youtubers, beserta iming-iming mendapatkan penghasilan dari membuat sebuah video, membuat semua kalangan berlomba-lomba untuk menciptakan konten menarik. Sehingga banyak yang mulai mencari aplikasi edit video pc yang cocok untuk mengedit konten youtube.

Adobe Premiere Pro
Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro tentu saja sangat direkomendasikan untuk digunakan dan sudah tak diragukan lagi. Terdapat banyak tools dan plugin yang dapat dimanfaatkan untuk membuat video mulai dari sederhana hingga level epic. Hingga saat ini ada lebih dari 45 efek video yang dapat kamu gunakan untuk menambah pengalaman menonton subscriber kamu. Selain itu, untuk membangun suasana video, kamu juga bisa memanfaatkan 12 efek audio bawaan atau menggunakan aplikasi Adobe Audition atau tambahan dari pihak ketiga.

Hingga saat ini, Adobe Premiere Pro telah mendukung resolusi tingkat tinggi hingga 4K, jadi kamu tidak perlu khawatir terhadap tampilan video yang menjadi pecah saat diekspor. Selain itu, kamu juga dapat melakukan ekspor hasil editing dengan beragam format file video, mulai dari MP4, AVI, MKV, dan masih banyak lainnya.

Nah, selanjutnya, untuk kamu yang baru akan menggunakan Adobe Premiere Pro ada baiknya untuk mengetahui beberapa tools dan istilah dasar yang umum digunakan saat proses editing.

1. Selection Tool

Seperti namanya, selection tool bisa kamu gunakan jika ingin melakukan pemilihan ataupun menggeser video yang ada pada timeline.

2. Track Select Tool

Track Select Tool akan memudahkan kamu saat melakukan proses pemilihan klip pada detik atau pun menit tertentu. Selain itu, kamu juga memungkinkan untuk melakukan pemilihan beberapa trek sekaligus. Menarik bukan?

3. Ripple Edit Tool

Menurut situs berita teknologi, teknolagi, alat bantu Adobe Premiere Pro yang satu ini berfungsi untuk melakukan penyesuaian pada timeline agar seluruh elemen yang digunakan dapat menyatu dan seimbang.

4. Razor Tool

Dalam satu take video, tentu saja umumnya ada beberapa part video yang akan dihilangkan, entah karena untuk mempersingkat waktu, mengecilkan ukuran video, atau untuk alasan menjaga alur cerita video. Nah, dengan Razer Ttool, kamu dapat melakukan pemotongan clip yang ada di timeline secara mudah.

5. Hand Tool

Jika editan video kamu sudah kompleks, tentu saja tampilan timeline akan menjadi sangat ramai alias padat. Sehingga tidak mungkin untuk kamu melihat detail dengan hanya 1 layar monitor, sehingga diperlukan untuk fitur Hand Tool yang memungkinkan kamu untuk menyesuaikan ukuran timeline.

Nah, 5 fitur atau tool dari Adobe Premiere Pro di atas merupakan hal wajib untuk kamu ketahui jika ingin menjadi seorang editor. Untuk selebihnya, kamu dapat memperbanyak latihan dengan melihat video tutorial atau pun sekadar melakukan eksperimen dengan beberapa video. Selamat mencoba!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *