Fungsi Sabut Kelapa Sebagai Media Tanam

Tanaman saat ini bisa diberi nutrisi dari bahan alami, yaitu dengan menggunakan sabut kelapa. Fungsi Sabut Kelapa Sebagai Media Tanam menjadi solusi mengurangi limbah juga.

Fungsi Sabut Kelapa Sebagai Media Tanam

Sabut kelapa ternyata memiliki kandungan unsur kalium. Unsur kalium ini dapat menjadi alternatif sumber kalium organik yang digunakan sebagai pengganti pupuk Kcl.

Sabut kelapa ketika digunakan untuk media tanam memiliki fungsi mampu mengikat dan menyimpan air dengan kuat, sebagai drainase dan ventilasi yang baik, sangat cocok untuk daerah yang panas dan mengandung unsur hara esensial.

Dapat digunakan sebagai bahan pembuatan pupuk organik untuk tanaman, untuk pupuk organik padat dan untuk pupuk organik cair.

Sabut Kelapa bisa dibuat kotak untuk media tanam anggrek. Sabut kelapa ini disebut chococip. Fungsi chococip ini adalah untuk menahan unsur kimiawi dan kandungan air pada pupuk, serta menetralkan asam.

Sabut kelapa dapat didaur ulang dan dibuat menjadi kelapa atau bubuk kelapa yang masih digunakan sebagai media tanam. Cocopeat sangat cocok untuk budidaya jamur tiram.

Kelebihan Cocopeat Untuk TanamanĀ 

  1. Aman Bagi Lingkungan Karena Terbuat dari Bahan Alami.
  2. Memiliki tekstur yang memudahkan terjadinya pertukaran oksigen di dalam tanah sehingga tanaman dapat dibuahi.
  3. Dapat digunakan berkali-kali karena umurnya yang panjang dan dapat digunakan untuk jangka waktu 10 tahun.
  4. Berfungsi sebagai antibakteri dan antijamur karena mengandung jenis jamur yang sangat bermanfaat bagi tanaman.
  5. Dalam Batas Tertentu Dapat Digunakan Untuk Pakan Ternak danItik.

Penggunaan kelapa sebaiknya dilakukan di daerah dengan curah hujan rendah, karena bagian bawah batok kelapa akan membusuk jika terus menerus terkena air yang tinggi.

Padahal, jika tempurung kelapa yang Anda gunakan cepat membusuk, ternyata bisa menimbulkan penyakit. Jika Anda menggunakan kelapa dan ingin menghindari pembusukan, coba rendam kelapa dalam larutan fungisida terlebih dahulu.

Dengan porsi 42%, kelapa merupakan limbah terbesar dari buah kelapa yang kesemuanya memiliki banyak manfaat bagi manusia dan tumbuhan. Air kelapa juga memiliki manfaat yang sangat penting bagi tanaman yaitu sebagai bahan pembuatan pupuk organik dari cairan.

Saat memproduksi media tanam dari batok kelapa dalam bentuk pot, ukurannya bisa disesuaikan dengan jenis tanaman yang akan ditanam.

Kelebihan penggunaan kelapa dalam bentuk ini antara lain lebih ramah lingkungan karena menggunakan bahan alami sehingga tidak perlu menggunakan plastik.

Awalnya kelapa kelapa hanya digunakan untuk bahan bakar industri dan rumah tangga. Namun, proses ini diyakini tidak banyak menyerap serat kelapa dari sisa pengolahan kelapa. Selain itu, ternyata hal tersebut tetap menyia-nyiakan limbah batok kelapa dan membuatnya tidak bisa digunakan lagi.

Akhirnya muncul ide membuat kelapa yang digunakan untuk media tumbuh kembang atau dijadikan bubuk yang disebut cocopeat.

Berdasarkan hasil penelitian terbukti bahwa kelapa sebagai media tanam memiliki banyak keunggulan dan limbah dari buah kelapa tidak terbuang percuma. Cocopeat juga sangat berguna untuk menumbuhkan tanaman dengan cara membuat pupuk organik untuk tanaman.

Nah itu Fungsi Sabut Kelapa Sebagai Media Tanam jadi sabut kelapa tidak hanya dijadikan sebagai bahan bisnis, seperti jual cocomesh, cocopot, cocosheet namun bisa dijadikan untuk media tanam.