HEPA FILTER AIR CONDITIONING

Kebersihan merupakan perihal yang benar-benar diperlukan dalam setiap hal, tidak acuhkan apa pun sukunya, agamanya, bangsanya. Kebersihan diperlukan untuk kenyamanan hidup dan merawat kesegaran baik untuk diri sendiri ataupun lingkungan.

Ruangan yang nampak bersih, rapi, dan tanpa kotoran belum pasti benar-benar bebas berasal dari partikel yang tidak terlihat oleh mata. Partikel yang tidak terlihat ini bagi biasanya orang tidak dipermasalahkan sebab sebetulnya secara kasat mata tidak berpengaruh pada kesehatan. Jika diteliti bersama seksama justru sebab partikel yang tidak terlihat mata ini banyak penyakit yang dapat ditimbulkan terkecuali partikel ini masuk ke tubuh manusia.

Dengan berkembangnya teknologi, pada selagi ini sudah terkandung filter hawa bersama keteltitian benar-benar tinggi yang dapat menyaring hawa hingga tingkat partikel supaya hawa yang dihasilkan jadi hawa yang higienis. Salah satunya yaitu pemanfaatan teknologi HEPA filter yang sudah banyak diaplikasikan ke bermacam bidang terlebih pada bidang pendingin dan tata udara. HEPA filter termasuk banyak digunakan pada peralatan vacuum cleaner modern.

HEPA filter merupakan salah satu komponen dalam sebuah sistem Air Handling Unit (AHU) atau HVAC (Heating, Ventilation, plus Air Conditioning)

. HEPA adalah singkatan berasal dari High Efficiency Particulate Air yaitu jenis filter yang dibikin untuk obyek khusus, diuji dan disertifikasi penggunaannya cocok bersama standar Institute of Environmental Sciences plus Technology (IEST). Kinerja dan sertifikasi berasal dari HEPA filter dipublikasikan bersama kode IEST RP-CC001.3.

HEPA filter merupakan teknologi dalam sistem penyaringan hawa yang dapat menyaring hingga tingkat partikel yang tidak terlihat mata. Dengan mengfungsikan teknologi HEPA filter ini hawa yang dihasilkan bakal terbebas berasal dari semua partikel supaya safe digunakan pada area memproduksi farmasi, area operasi di rumah sakit (clean room), industri nuklir bersama penggunakan zat radioaktif yang enteng terbang, atau pada area memproduksi lainnya yang mesti terbebas berasal dari kontaminasi kotoran hingga tingkat partikel.

Produk HEPA filter yang asli dapat menyaring hingga 99% partikel bersama ukuran 0,3 mikron, oleh sebab itu mempunyai harga yang mahal. Penggunaan HEPA filter bersama mutu yang lebih rendah dapat menyaring 85% hingga 90% partikel berukuran 1 mikron.


Penggunaan HEPA filter mesti tetap dipantau untuk memastikan komponen ini tetap berfaedah maksimal. Jika HEPA filter rusak/bocor maka area memproduksi bakal terkandung kontaminasi partikel liar yang dapat mengganggu sistem produksi. Pemantauan HEPA filter meliputi kondisi fisik, visual, pemantauan beda tekanan hawa pada sebelum dan sehabis lewat HEPA filter. Penggunaan HEPA filter dapat beri tambahan tahanan pada hawa yang melewatinya, tetapi terkecuali tahanan ini sudah melebihi batas berasal dari yang ditentukan pembuat filter (pabrikan), dapat dipastikan HEPA filter sudah kotor dan mesti diganti.

HEPA filter tidak digunakan sebagai filter tunggal berasal dari sebuah sistem AHU. Perlu adanya pre filter yaitu pemanfaatan filter sebelum masuk ke HEPA filter. Hal ini bertujuan supaya kotoran yang berukuran besar dapat tersaring pernah dan tidak hingga pada HEPA filter.

Jika kotoran bersama ukuran yang besar langsung masuk ke HEPA filter bakal mengakibatkan HEPA filter cepat kotor/tersumbat. Dengan demikianlah umur mengfungsikan berasal dari HEPA filter bakal makin singkat sebab mesti ada penggantian. Dengan lebih seringnya dikerjakan penggantian maka bakal ada biaya yang lebih besar untuk pengadaan/pembelian HEPA filter dan termasuk untuk jasa pemasangannya. Pada beberapa sistem AHU dapat mengfungsikan filter hawa satu tingkat atau lebih sebelum masuk HEPA filter.

Sebuah sistem AHU yang mengfungsikan HEPA filter mesti memakai pompa hawa sendiri untuk menangani penurunan tekanan hawa sehabis filter. Pompa hawa ini dikenal bersama makna HEPA fan yang dapat dipasang secara vertikal maupun horizontal. Pada product tertentu HEPA fan dikemas jadi satu bersama HEPA filter yang disebut bersama HEPA fan/filter unit supaya pemasangan bakal lebih praktis.


Pada kondisi area tertentu yang mengharuskan adanya penyaringan hawa lebih bagus ulang dapat mengfungsikan ULPA filter. ULPA singkatan berasal dari Ultra-Low Penetration Air yaitu filter hawa yang dapat menyaring hawa tingkat partikel hingga ukuran 0,12 mikron. ULPA mempunyai daya saring yang lebih baik berasal dari HEPA yang cuma dapat menyaring partikel hawa berukuran 0,3 mikron. Tetapi pemanfaatan ULPA filter membutuhkan biaya lebih sebab mempunyai harga yang lebih mahal.