Inilah Ciri-Ciri Gigitan Tungau Pada Kulit Tubuh!

Ukuran tungau sangat kecil dan tidak bisa dilihat oleh mata. Ketika digigit, seseorang terkadang tidak menyadarinya. Tetapi, seseorang akan mengetahuinya dengan memahami ciri-ciri gigitan tungau ini.

Tungau bisa berpindah ke beberapa lokasi. Kepindahannya diiringi dengan lonjakan populasi yang besar. Kemudian, akumulasi tungau yang besar membuat seseorang rentan untuk digigit.

Gigitannya terkadang tidak dirasakan. Hanya saja, seseorang akan menyadari bahwa ada permasalahan pada kulit. Supaya tidak salah mendeteksi, kami akan bagikan ciri-ciri gigitan tungau sekaligus cara menanganinya.

baca juga: jasa pembersih tungau tangerang

Ciri Gigitan Tungau Kasur

Ada beberapa ciri khas yang menjelaskan bahwa seseorang telah digigit oleh tungau kasur. Ini sekaligus menggambarkan bahwa kasur sudah dipenuhi oleh kutu tersebut. Oleh karenanya, seseorang bisa mengambil langkah pasti seperti membersihkannya.

Mengenai ciri gigitan dari tungau, tanda yang pertama ialah kemunculan warna merah pada kulit. Warna ini akan terlihat jelas. Biasanya diikuti dengan benjolan.

Benjolan pada kulit berwarna merah akan mengeras. Sebagian menimbulkan peradangan. Bahkan kulit akan terasa lebih gatal.

Pada bagian sekitar gigitan, kulit tampak melepuh. Rasanya akan nyeri dan gatal. Ini menimbulkan ketidaknyamanan pada kulit.

Gigitan ini bisa terjadi pada seluruh area kulit. Kulit yang sudah digigit tungau akan terus memerah. Dan ini mengakibatkan iritasi yang bila tidak ditangani akan menimbulkan efek samping.

Efek yang ditimbulkan ialah infeksi kulit. Infeksi ini terjadi bilamana benjolan yang terasa gatal terus digaruk. Gesekan inilah yang membuat kulit terluka. Lambat laun akan mengakibatkan infeksi yang cukup merepotkan.

Kemudian yang tak kalah penting, bekas gigitan ini bisa memicu munculnya penyakit kulit. Salah satunya ialah kudis. Penyakit kulit ini akan berbahaya. Karena kudis ini bisa menyebar lebih cepat sehingga menimbulkan rasa gatal yang tak tertahankan.

Kudis ini juga bisa meninggalkan bekas. Bekas berwarna hitam ini sulit disamarkan. Bahkan butuh beberapa minggu atau bulan untuk mengembalikan kecerahannya. Oleh karenanya, penting bagi Anda untuk meminimalkan adanya kutu kasur.

baca juga: sedot tungau tangerang selatan

Cara Menangani Gigitan Tungau

Tidak mau mengalami efek samping dari gigitan tungau, sudah semestinya gigitan ini segera ditangani. Salah satunya dengan memanfaatkan krim permethrin.

Krim ini merupakan obat oles. Sifatnya sebagai obat anti parasit. Obat ini bekerja dengan menghancurkan sel parasit. Hasilnya, kulit yang terinfeksi akan kembali sehat.

Selain krim ini, dekongestan juga cukup bagus. Obat ini bermanfaat untuk mengecilkan pembengkakan akibat gigitan. Meskipun begitu, penggunaan obat ini tidak boleh sembarangan.

Orang yang memiliki riwayat tekanan darah tinggi tidak disarankan untuk memanfaatkannya. Pasalnya, obat ini memicu naiknya tekanan darah.

Alangkah baiknya jika Anda memanfaatkan obat oles yang aman. Jika bekas gigitan tidak kunjung sembuh, solusinya ialah dengan memeriksa ke dokter. Setidaknya, inilah cara yang paling bijak untuk mengatasi sejumlah masalah kulit.

Demikianlah informasi yang perlu Anda pahami mengenai ciri-ciri gigitan tungau. Ketika tandanya muncul pada kulit, segeralah untuk menanganinya supaya terbebas dari efek samping yang lebih berbahaya.