Jadi Pengusaha Sukses? Ini Dia Rekomendasi Jurusan Kuliah yang Bisa Diambil

Sebelum memilih jurusan perkuliahan, banyak orang pasti memiliki visi dan misi atau pertimbangan tertentu. Seperti misalnya pertimbangan tentang lokasi kampus, budget yang dimiliki, hingga cita – cita apa yang ingin dicapai di masa depan. Salah satunya adalah cita cita untuk menjadi seorang pengusaha.

Siapapun memang dapat menjadi pengusaha, namun faktanya ada beberapa program studi di kampus yang dapat mengajarkan mahasiswa untuk menjadi pebisnis handal atau memberikan bekal ilmu yang nantinya akan dibutuhkan selama menjalankan usaha. Apa sajakah program studi dalam perkuliahan yang sangat direkomendasikan untuk mereka yang ingin jadi seorang pengusaha sukses.

1. Jurusan Pendidikan

Banyak orang mengira bahwa lulusan dari jurusan pendidikan ( FKIP ) hanya akan menjadi guru saja. Padaal, faktanya berdasarkan jaman yang selalu berkembang akan membuat jurusan pendidikan mampu menghasilkan calon pengusaha yang mumpuni. Misalnya saja lulusan dari jurusan pendidikan dapat membuka lembaga kursus pelatihan atau seminar. Apabila anda telah berhasil mendirikan sebuah lembaga kursus, ini artinya anda sudah cukup cocok untuk menjadi seorang pengusaha. Yang menarik adalah tak jarang lembaga pendidikan atau kursus ini bisa memberikan penghasilan yang banyak dan  mungkin lebih banyak dari institusi pendidikan yang resmi. Gelar sebagai sarjana pendidikan tentu akan menambah kepercayaan seseorang untuk masuk ke kembaga kursus tersebut.

2. Jurusan Manajemen Bisnis

Manajemen bisnis adalah sebuah program studi atau jurusan perkuliahan yang akan memberikan peluang untuk menjadi seorang pengusaha setelah lulus nanti. Memang bisa dibilang bahwa jurusan ini adalah jurusan yang paling direkomendasikan untuk mahasiswa yang ingin menjadi seorang pengusaha setelah lulus nanti karena mahasiswa akan banyak belajar seluk beluk tentang kewirausahaan. Mahasiswa akan tahu tentang sumber daya manusia, manajemen perusahaan sampai dengan manajemen keuangan yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Yang harus diperhatikan adalah jurusan ini lebih fokus kepada sistem manajemen. Oleh karena itu, mahasiswa harus memiliki kreativitas atau inovasi tentang produk bisnis yang nantinya akan dijalankan. Namun, tak perlu khawatir karena dalam jurusan manajemen bisnis juga akan banyak membahas tentang pemasaran.

3. Jurusan Teknologi Informasi

Perkembangan dunia teknologi serta informasi sekarang ini memang sangat pesat dan massive. Industri online atau digital seringkali dianggap sebagai lahan bisnis di masa depan sehingga sumber daya yang menguasai IT sangatlah dibutuhkan. Bidang IT sendiri sangat luas dimana jurusan – jurusannya dapat ditemukan di universitas. Misalnya saja sepertu jurusan sistem informasi, teknik informatika, dan lain sebagainya. Yang dipelajari pun banyak, mulai dari aplikasi, perangkat, sistem , sampai dengan desain grafis. Setelah lulus dari jurusan teknologi informasi, mahasiswa dapat langsung membuka layanan jasa edit atau grafis yang kini banyak sekali dibutuhkan.

Apabila mahasiswa termasuk handal di bidang IT, dapat dibilang mahasiswa tersebut adalah praktisi software atau perangkat lunak. Namun, bukan tak mungkin jika seiring dengan berjalannya waktu maka mahasiswa tersebut dapat mengembangkan beragam aplikasi yang bermanfaat untuk orang banyak seperti Facebook, Google, dan lain sebagainya. Kini kita tahu bahwa sudah banyak orang sukses karena membuat aplikasi bermanfaat seperti aplikasi ojek online misalnya.

4. Jurusan Ilmu Hukum

Ilmu hukum, sama halnya dengan jurusan kedokteran, adaah salah satu bidang ilmu yang dianggap memiliki prestige yang tinggi. Lulusannya selalu dianggap memiliki kelas di tengah tengah masyarakat. Menariknya, jurusan ilmu hukum tidak hanya bisa menggeluti profesi sebagai hakim, advokat, dan lain sebagainya, namun juga dapat menjadi seorang wirausahawan sukses. Caranya adalah dengan membuka praktek dalam banyak bidang hukum. Agar dapat menjadi seorang pengusaha dalam bidang hukum tentu bukan hal yang gampang. Terkadang mahasiswa jurusan ilmu hukum harus menempuh jenjang pendidikan yang lebih tinggi agar masyarakat lebih percaya pada lembaga hukum tersebut. Kita tahu bahwa di jaman sekarang ini sudah banyak sekali contoh pengacara yang sukses karena membuka lembaga bantuan hukum tertentu.

5. Jurusan Teknologi Pangan

Jurusan teknologi pangan juga dapat mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi seorang pengusaha yang sukses. Pada umumnya, teknologi pangan adalah sebuah jurusan yang akan mempelajari banyak proses tentang bagaimana cara untuk mengolah bahan pangan agar dapat dikonsumsi, tetap bergizi, dan memiliki value atau nilai yang lebih tinggi. Proses ini melewati beberapa hal seperti sortasi, pengemasan, pengawetan, distribusi, dan lain sebagainya untuk memastikan bahwa hasil akhirnya nanti tetaplah aman dan memiliki nilai gizi yang baik. Misalnya saja peluag dengan membuat nugget ayam rumahan, susu kedelai, dan lain sebagainya.

6. Agribisnis

AGribisnis merupakan sebuah ilmu yang mempelajari tentang bisnis dimana bisnis ini menjadi hasil pertanian sebagai komoditasnya atau bisa dibilang ini merupakan sebuah usaha yang berbasis pada sektor pertanian dan bidang lain yang relevan dari hulu maupun hilirnya. Beberapa contoh kegiatan agribisnis yang dapat dijadikan peluang bisnis antara lain adalah membudidayakan sayuran dan buah buahan organic, tanaman padi, jamur tiram, tanaman obat, dan masih banyak lagi yang lainnya. Mahasiswa juga akan banyak mendapatkan pengetahuan mengenai bagaimana cara membungkus hasil komoditas tersebut dengan baik, cara memasarkan produk dan lain sebagainya. Menjadi pengusaha di bidang agraris ini sangat menguntungkan mengingat Indonesia adalah sebuah negara dengan pertanian yang kaya.