Karakteristik Pabrik Tas Jogja Beserta Prosesnya

Pabrik Tas Jogja | Cukup terkenal di kalangan pecinta fashion. Pasalnya produk yang dihasilkan tidak kalah dengan bandung. Jogja juga memiliki berbagai pabrik tas atau konveksi tas yang beragam. Sehingga mampu memproduksi dan menghasilkan banyak produk yang mampu bersaing dengan pabrik di luar jogja.

Tak heran, karena jogja sendiri merupakan salah satu destinasi wisata yang terkenal di indonesia. Sehingga banyak orang yang mengambil kesempatan itu untuk mencari nafkah. Dan berdirilah berbagai usaha yang di dirikan oleh penduduk lokal. Salah satunya adalah konveksi tas yang masih ada sampai sekarang.

Kenapa konveksi tas menjadi salah satu usaha yang berdiri? Karena kebanyakan tas memiliki fungsi yang serba guna dalam kehidupan sehari hari.. Selain itu tas juga dapat menjadi aksesoris atau pelengkap untuk style pakaian atau fashion yang kita gunakan. Tas juga banyak di gunakan sebagai souvenir, sehingga menjadi usaha yang cocok untuk kota wisata.

Hasil produk tas jogja sendiri memiliki karakteristik yang membuat tas jogja menjadi terkenal. Dan pada postingan kali ini, saya akan membahas karakteristik tas jogja. Saya juga akan membahas proses pembuatan tas bagi kamu yang belum tau atau pun kamu yang ingin tau. Tidak usah basa basi lagi, kita langsung ke pembahasannya.

Karakterristik Pabrik Tas Jogja

Pabrik Tas Jogja

a.Kualitas yang Bagus

Agar tidak kalah saing dengan yang lain, tentu kualitas perlu diperhatikan. Produsen tas dan pengrajin tas di jogja tidak asal asalan dalam membuat produk. Mereka berusaha agar produk mereka menjadi yang terbaik untuk pelanggan.

b.Desain yang Bervariasi

Selain dalam hal kualitas, desain dari tas juga diperhatikan oleh para pengrajin dan produsen. Karena desain dari tas sangat mempengaruhi penilaian terhadap suatu produk. Desain juga dapat memberi keunikan pada sebuah tas atau produk. Desain juga mempengaruhi minat dari konsumen untuk menggunakan produk yang ada.

c.Memiliki Motif Batik

Motif batik juga menjadi salah satu karakteristik tas jogja. Bagaimana tidak, Jogja juga dikenal akan kota batik. Begitu banyak motif batik yang lahir dan tersedia di jogja. Hal itu pun ikut mempengaruhi desain tas yang sedang berkembang. Bisa kita lihat sekarang, ada begitu banyak tas jogja yang memiliki unsur batuk pada desain tasnya.

Proses Pembuatan Tas Jogja

Pabrik Tas Jogja

1.Memilih Model Tas| Pabrik Tas Jogja

Langkah pertama adalah dengan memilih model tas yang akan di buat. Hal ini sangat penting, karena hal ini merupakan tujuan dari proses yang dilakukan. Kamu harus memilih model tas tepat. Karena setiap model dab jenis tas yang ada memiliki fungsi masing masing.

2.Memilih Bahan

Langkah kedua adalah memilih bahan yang tepat. Setelah memilih modelnya, pilihlah bahan yang mendukung fungsi dari tas yang di pilih. Hal ini di lakukan untuk memaksimalkan fungsi dari tas.

3.Membuat Pola| Pabrik Tas Jogja

Langkah selanjutnya adalah membuat pola tas pada kain yang digunakan. Hal ini dilakukan untuk mempermudah langkah selanjutnya. Jika kamu tidak ingin tas yang polos, kamu bisa menambahkan gambar atau manik manik pada tas. Meskipun hal itu membuat proses pembuatan menjadi lebih lama. Akan tetapi tas yang di hasilkan juga lebih bagus.

4.Memotong Kain

Langkah keempat adalah memotong kain yang sudah memiliki pola dengan mengikuti pola yang ada. Hal ini bertujuan untuk mempermudah membentuk desain tas. Pemotongan biasa dilakukan secara manual ataupun secara otomatis.

5.Menjahit| Pabrik Tas Jogja

Langkah kelima adalah melakukan penyatuan antara pola pola yang ada dengan cara dijahit. Menjahit akan semakin sulit bila bentuk dan pola tas rumit. Untuk menghasilkan tas yang bagus dan rapi, juga membutuhkan ketelitian dan kesabaran yang lebih.

6.Finishing

Yang keenam adalah menyempurnakan produk. Karena hasil dari menjait masih setengah jadi. Pada langkah ini hal yang dilakukan seperti memasang reslelting pada tas, pemasangan aksesoris, dan pemasangan tali.

7.Quality Control| Pabrik Tas Jogja

Dan langkah terakhir adalah pengecekan ulang untuk tas yang jadi. Hal ini penting untuk dilakukan untuk memastikan kualitas tas sudah siap dikirimkan ke pelanggan tanpa cacat sedikitpun.

Oke, itu tadi pembahasan mengenai karakteristik tas jogja beserta dengan cara membuatnya. Terima kasih telah mampir, semoga bermanfaat dan sampai jumpa,