Kebersihan Toilet Adalah Salah Satu Syarat Toilet Sehat

Syarat toilet sehat: Toilet merupakan salah satu bagian penting yang terdapat dalam suatu hunian. Maka dari itu bisa diartikan bahwa toilet merupakan salah satu keharusan akan keberadaannya. Akan tetapi perlu diketahui bahwa toilet merupakan salah satu ruangan yang mampu menjadi tempat tinggal bagi para kuman penyakit di dalamnya. Maka menjaga kebersihan toilet bukan lagi bisa dianggap remeh melainkan sebagai keharusan.

baca juga artikel tentang jasa bersih kamar mandi tangerang 

Syarat toilet sehat

Toilet yang sehat bisa memberikan manfaat banyak sekali bagi penghuninya. Salah satu cara menjaga toilet agar tetap sehat adalah dengan memperhatikan dan juga melakukan kebersihan toilet tersebut secara rutin. Akan tetapi syarat menjadi toilet yang sehat bukan hanya dilihat dari segi kebersihannya saja. Nah berikut ini beberapa syarat selain kebersihan di dalam toilet:

  1. Ketersediaan air bersih

Ketersediaan air bersih merupakan salah satu syarat untuk menjadikan toilet menjadi lebih sehat. Karena dengan ketersediaan air yang cukup dan tentunya memiliki kadar bersih yang berkualitas bisa mencegah datangnya penyakit bagi pengguna toilet tersebut. Penyakit yang bisa dihindari air yang bersih adalah seperti penyakit kudis, penyakit diare dan juga hepatitis. Karakteristik air yang bersih adalah sebuah air yang tidak berbau, air yang tidak memiliki rasa bahkah air tersebut tidak memiliki warna.

  1. Adanya cahaya matahari yang memadai

Adanya sebuah cahaya toilet yang memadai dan juga mencukupi bisa menjadikan tameng akan berkembang biaknya sebuah jamur, kuman, ataupun virus yang bisa menyebabkan penyakit bagi penghuninya.

  1. Adanya ventilasi udara

Syarat yang harus dipenuhi selanjutnya adalah dengan menjamin akan jalur keluar masuknya udara dengan lancar. Maka dari itu penting sekali jika adanya suatu ventilasi untuk digunakan sebagai jalur keluar masuknya udara pada toilet tersebut.

baca juga jasa membersihkan kamar mandi tangerang

  1. Lubang toilet harus dalam jangkauan 10 meter dari sumber air

Agar air tetap terjaga kebersihannya maka ketika membuat saluran sanitasi setidak-tidaknya berikan jarak sekitar 10 meter dari sumber air. Hal ini untuk menghindari resiko terjadinya suatu kontaminasi antara air dan juga bagian sanitasi tersebut.

  1. Jaga kebersihan toilet

Faktor penting penunjang toilet yang sehat adalah melakukan kebersihan untuk toilet mulai dari lantai, dinding toilet, bak tempat penampungan air bahkan sampai dengan kloset.

  1. Saluran air pembuangan yang lancar

Pastikan untuk bagian saluran pada air bisa berjalan dengan lancar alias tidak menggenang. Hal ini dilakukan agar tetap terjaga kebersihan untuk lingkungan dari toilet dan juga lingkungan sekitar.