Kegunaan Air Kelapa Bagi Kesehatan Tubuh

Di artikel kali ini saya akan membahas tentang kegunaan air kelapa bagi kesehatan tubuh

ir kelapa selain menyegarkan juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, asalkan dikonsumsi dengan cara yang tepat. Saat udara sedang panas, minum air kelapa dengan es pasti menyegarkan.

Selain diminum langsung, air kelapa juga kerab diolah menjadi nata de coco.Tapi, tahukah Anda bila air kelapa memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh.

Mengutip dari buku berjudul Keampuhan Air dan Minyak Kelapa Bagi Kesehatan, karya Tiara Putri air kelapa mengandung vitamin C, vitamin B kompleks, kalsium, kalium, magnesium, fosfor, klorin, nitrogen, dan zat besi. 

Kandungan mineral tersebut membuat air kelapa banyak digunakan dalam dunia pengobatan herbal. itu penjelasan sedikit tentang kelapa sekarang kita masuk ke pembahasan yaitu kegunaan air kelapa bagi kesehatan tubuh

Kegunaan air kelapa 

Sudah bukan rahasia bila air kelapa sering digunakan untuk detoks. Anda perlu tahu, bila air kelapa juga memiliki banyak manfaat lainnya untuk kesehatan tubuh. 

1. Mengontrol tekanan darah

Air kelapa mengandung kalium dan magnesium yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi alias hipertensi. Minum air kelapa bisa jadi opsi untuk Anda yang tidak ingin minum obat dari dokter. 

2. Mengurangi rasa lapar 

Anda sedang diet? Minum air kelapa bisa membantu Anda untuk mengurangi rasa lapar. Tidak hanya itu, air kelapa juga berperan untuk mengobati diabetes. 

Air kelapa meningkatkan penyerapan glukosa oleh aliran darah. Hal ini membuat tubuh tidak mudah merasa lapar. 

3. Menghilangkan dehidrasi dan mengembalikan stamina tubuh 

Anda merasa kelelahan setelah berolahraga, minum air kelapa bisa mengembalikan stamina. Air kelapa mengandung ion-ion alami yang dibutuhkan tubuh.

Ion-ion tersebut berperan untuk menghilangkan dehidrasi dan mengembalikan stamina tubuh. Mengutip dari buku berjudul Terapi Kelapa Untuk Kesehatan dan Kecantikan.

karya Lanny Lingga, Ph.D, air kelapa yang diserap oleh sel tubuh menciptakan sensasi segar. Asal tahu saja, satu cangkir air kelapa mengandung sekitar 46 kalori.

4. Meningkatkan fungsi otak 

Kalium yang tersimpan di dalam air kelapa mampu meningkatkan fungsi otak khususnya untuk mengingat dan belajar. 

5. Melancarkan pencernaan 

Anda sering menderita sembelit? Alih-alih minum pencahar Anda bisa minum air kelapa. Kalium dalam air kelapa membantu proses metabolisme tubuh.

Efeknya, proses pencernaan di dalam tubuh menjadi lancar dan adanya proses pembakaran lemak. 

6. Mencegah gangguan jantung dan ginjal 

Air kelapa juga dipercaya mampu meminimalisasi risiko seseorang terkena gangguan jantung dan ginjal. Lagi-lagi, kalium dalam air kelapa yang berperan dalam menjaga kesehatan jantung dan ginjal.

itulah kegunaan air kelapa bagi kesehatan tubuh,nah masih ada lagi nih fungsi pohon kelapa yang harus kalian ketahui

Fungsi Pohon Kelapa

1. Daging buahnya kaya nutrisi dan serat

Berbicara soal buah kelapa, pikiran kita langsung terbayang dengan daging buahnya yang putih, tebal dan manis. Dalam satu cangkir (80 gram) daging kelapa segar.

memiliki total 283 kalori, 3 gram protein, 10 gram karbohidrat, 27 gram lemak, 5 gram gula, 7 gram serat dan mencukupi 60 persen kebutuhan zat mangan harian, ungkap laman Health Line.

selain itu,daging buah kelapa kaya akan antioksidan,mineral dan vitamin.Serat dalam daging buah kelapa bisa menyehatkan usus dan melancarkan sistem  pencernaan, Daging buah kelapa juga bisa meningkatkan kolesterol baik.

Dan mengurangi kolesterol jahat.dan mengkonsumsi daging buah kelapa rutin bisa membantu menurunkan berat badan.

2.Air Kelapa Bermanfaat Untuk Melawan Diabetes

Saat sedang berpanas-panasan di pantai, meminum segelas air kelapa muda terasa sangat menyegarkan! Bukan hanya segar, ada segudang manfaat di balik air kelapa muda.

Satu cangkir air kelapa berukuran 240 ml mengandung 46 kalori, 9 gram karbohidrat, 3 gram serat, 2 gram protein serta mencukupi 10 persen kebutuhan vitamin C harian.

Mengonsumsi air kelapa bisa menurunkan radikal bebas, menurunkan kadar gula darah, melawan diabetes, mencegah batu ginjal, mengurangi risiko terkena masalah jantung, menurunkan tekanan darah,

mencegah dehidrasi dan mengandung antioksidan, terang laman Health Line. Satu gelas yang kaya nutrisi.

3. Minyaknya bisa menyehatkan rambut

Bukan hanya itu, minyak kelapa juga kaya akan manfaat! Minyak kelapa tidak hanya dimanfaatkan untuk memasak, tetapi juga untuk kesehatan, kecantikan dan perawatan tubuh.

Dalam satu sendok makan minyak kelapa mengandung 120 kalori, 14 gram lemak, 0 gram protein dan 0 miligram kolesterol, terang laman The Street.Minyak kelapa adalah kondisioner alami untuk rambut.

Apabila digunakan rutin, minyak kelapa bisa membuat rambut lembut dan ternutrisi. Minyak kelapa juga banyak dipakai untuk perawatan luka bakar.melembapkan kulit dan melindungi kulit dari sinar matahari.

Kandungan vitamin E di dalamnya juga bisa melembutkan kulit.

4. Kulitnya bisa dipakai sebagai wadah makanan dan kerajinan tangan

Setelah daging, air dan minyaknya dipakai, kulit atau batok kelapa tidak dibuang begitu saja. Batok kelapa dimanfaatkan untuk banyak keperluan, seperti jadi tempat makan, kerajinan tangan dan aksesori.

Apabila dibentuk dengan baik, batok kelapa bisa menjadi komoditas bernilai jual tinggi, Selain itu arang dari pembakaran batok kelapa juga tak kalah bermanfaat. Arang kelapa menghasilkan karbon aktif dan dipakai sebagai bahan pembuatan.

obat-obatan, sabun dan pasta gigi. Untuk memperoleh 1 ton arang kelapa, dibutuhkan lebih dari 50 ribu batok kelapa dan harus dibakar dalam suhu antara 300-500 derajat Celsius.

5. Daunnya bisa dimanfaatkan untuk membuat atap dan bahan bangunan

Daun kelapa bukan hanya meneduhkan kita dari sengatan matahari. Tetapi, daun kelapa bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan! Seperti digunakan untuk membuat atap dan dinding pada bangunan tradisional.

Selain itu, daun kelapa bisa dianyam dan dipakai untuk kerajinan tangan.Saat lebaran tiba, daun kelapa banyak dibutuhkan sebagai bahan utama dalam membuat ketupat.

Kerajinan tangan dari daun kelapa pun banyak macamnya. Hasil kerajinan bisa berupa topi, tas, keranjang, aksesori, kipas dan lain sebagainya. Penduduk pesisir bisa mencari penghasilan tambahan dengan membuat kerajinan dari daun kelapa!

6. Kayunya dimanfaatkan sebagai bahan bangunan

Kayu pada pohon kelapa termasuk kayu keras (hard wood) dan memiliki kepadatan tinggi. Kekerasannya bervariasi antara 600-900 kg/m³. Kayu ini dimanfaatkan untuk berbagai keperluan.

seperti ubin lantai, bingkai jendela, kusen pintu, pilar bangunan, pagar, perabotan dan lain sebagainya. Dan bagi kalian yang sedang usaha sabut kelapa bisa juga membeli mesin pemintal tali sabut kelapa agar membantu bisnis kalian.

7. Bunganya bisa untuk obat dan batang pada daunnya bisa dipakai untuk sapu lidi

Masih banyak bagian dari pohon kelapa yang bisa dimanfaatkan. Seperti bunganya yang bisa dipakai untuk pengobatan, sabut kelapa yang bisa digunakan untuk menyalakan api.

batang dari daunnya bisa dimanfaatkan menjadi sapu lidi dan lain sebagainya. Tak heran jika pohon kelapa disebut sebagai “the most versatile plant”.

nah kalian tau kan serat sabut kelapa?ternyata banyak banget kegunaan yang di hasilkan dari serat sabut kelapa.cek disini kegunaan serat sabut kelapa`sekian artikel dari saya semoga bermanfaat bagi kalian semua.