Berbagai Khasiat Buah Pinang Bagi Kesehatan Kita

khasiat buah pinang bagi kesehatan
Ilustrasi Buah Pinang

Khasiat buah pinang bagi kesehatan – Sekilas melihat pohon pinang, kita akan mengira bahwa itu adalah sejenis pohon kelapa, karena bentuknya yang hampir mirip. Namun jika dicermati, ternyata ada beberapa perbedaan antara pinang dan kelapa.

Pohon pinang termasuk dalam varietas palem atau palma, batangnya memiliki tinggi hingga 25 meter dan berbentuk ramping ke atas. Daun pohon pinang hampir mirip dengan kelapa, namun batangnya jauh lebih pendek. Selain itu, buah pohon pinang juga tergolong berukuran lebih kecil dari kelapa.

Sebagian masyarakat tradisional Indonesia di Singgah, Kabupaten Malaka, menggunakan buah pinang dengan cara tradisional. Buah pinang dibelah kemudian dibuat dari buah pinang (dikunyah mentah) yang dicampur dengan daun sirih atau tembakau untuk mendapatkan rasa yang lebih nikmat.

Buah pinang juga dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan industri, seperti pewarna kulit dan obat-obatan. Di beberapa negara Mesir dan India, buah pinang digunakan sebagai obat eksim, pereda nyeri pada gigi, sebagai athelmintic (obat cacingan), dan lain sebagainya.

Artikel lain yang mungkin anda tertarik Simak Cara Membuat Boba Dengan 3 Bahan Saja

Apa Saja Khasiat Buah Pinang Bagi Kesehatan Kita?

Dibalik keunikan sejarahnya, pohon pinang memiliki banyak manfaat bagi masyarakat Indonesia. Sebenarnya manfaat pohon pinang tidak hanya pada batangnya saja, namun manfaat kesehatan dari buah pinang juga cukup besar. Apa saja khasiat dan manfaat buah pinang bagi kesehatan? disini kami sajikan informasi lengkapnya.

1. Mengatasi Permasalahan Mulut Kering – Khasiat Buah Pinang Bagi Kesehatan

Pernahkah anda melihat orang yang mengunyah daun sirih dan tembakau di mulutnya? Jadi coba tanyakan resep apa yang digunakan saat mengunyahnya. Pasti dia akan menjawab salah satunya dari pinang.

Sebenarnya khasiat buah sirih yang satu ini sudah dikenal sejak jaman dahulu kala. Buah pinang mengandung senyawa mineral alami yang dapat memacu keluarnya air liur di dalam mulut, sehingga saat kita mengunyah air liurnya tidak akan mudah mengeringkan mulut.

Tak hanya itu, keluarnya air liur dari mulut juga cukup berkhasiat mencegah disentri dan sindrom Sjogren yang sangat berbahaya.

2. Dapat Mencegah Anemia

Buah pinang telah digunakan selama beberapa tahun sebagai obat untuk mengatasi anemia pada ibu hamil. Mereka bagus untuk mengatasi kekurangan zat besi dan kadar glukosa darah rendah.

3. Untuk Menguatkan Gigi

Pada zaman dahulu, buah pinang dikonsumsi secara langsung atau biasa disebut “nyirih” karena buah pinang dipercaya dapat menguatkan gigi. Anti-bakteri yang terkandung pada buah pinang juga berfungsi untuk pencegah bau mulut.

Caranya: Ambil buah pinang, potong-potong, lalu langsung kunyah irisannya. Bisa dicampur dengan jeruk nipis dan daun sirih untuk menambah kelezatan dan mengurangi rasa pahit.

4. Membantu Percepatan Penyembuhan Luka

Manfaat buah pinang juga tidak bisa disepelekan terkait dengan penyembuhan luka. Buah yang satu ini mengandung senyawa antiseptik yang cukup tinggi, kandungan antiseptik alami ini cukup efektif untuk mempercepat proses pembentukan jaringan kulit.

Untuk mendapatkan khasiat tersebut, cara menumbuk buah pinang hingga halus kemudian tempelkan pada luka setiap hari secara rutin. Meski terasa sakit, buah ini akan membantu mempercepat proses pembentukan luka yang Anda alami.

5. Berkhasiat Untuk Obat Cacingan

Karena buah pinang mengandung anthelmintik (anthelmintica)atau bersifat peluruh cacing dan adstringens untuk mengecilkan selaput lendir. Kandungan anthelmintik ini yang banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk menyembuhkan cacingan.

Caranya: Ambil satu buah pinang yang masih belum mengeras, potong menjadi empat bagian. Kemudian ambil jahe yang dipotong sekitar setengah jari rimpang. Ambil kunyit dan potong rimpang menjadi dua. Rebus ketiga bahan tersebut dalam beberapa menit, dinginkan lalu saring. Minumlah air ramuan buah pinang untuk mengobati cacingan.

6. Dapat Meningkatkan Stamina dan Energi

Manfaat buah pinang tidak hanya untuk wanita, buah pinang juga terbukti mampu meningkatkan vitalitas pria. Gairah Anda akan meningkat bila Anda mengonsumsi buah ini secara rutin setiap hari.

Bahkan penelitian yang dilakukan di Amerika Serikat menunjukkan bahwa kandungan nutrisi yang lengkap pada buah pinang sangat efektif untuk meningkatkan stamina, baik pria maupun wanita.

7. Sebagai Pereda Sakit Pinggang dan Nyeri

Zat lain yang terkandung dalam buah pinang adalah zat psikoaktif, yaitu zat yang dipercaya dapat mempengaruhi fungsi otak dan menyebabkan perubahan pada pikiran, perilaku, atau perasaan. Meski penelitian ini masih dalam proses pengembangan lebih lanjut oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Caranya: Ambil beberapa lembar daun pinang dan beberapa buah pinang. Hancurkan daun dan buah pinang, lalu hangatkan. Setelah itu kompres ke bagian tubuh yang sakit.

Banyak manfaat yang bisa didapat dari buah pinang jika pengolahannya benar. Biasanya pinang dianggap sebagai suplemen herbal atau makanan kesehatan. Namun, tidak disarankan untuk mengonsumsi terlalu banyak dalam waktu yang cukup lama. Jika Anda mengalami alergi atau gangguan kesehatan lainnya, segera hubungi petugas medis terdekat untuk mendapatkan pertolongan medis secepatnya.

Baca Juga : Cara Menanam Pinang Agar Cepat Berbuah dan Unggul