Ingin Beli Kulkas? Kenali Dulu Macam Macam Kulkas

Kulkas atau kulkas merupakan salah satu peralatan elektronik yang sangat penting di rumah. Kulkas berfungsi untuk menyimpan dan mengawetkan bahan makanan. Saat ini lemari es telah mengalami perkembangan yang pesat. Anda dapat menemukan macam macam kulkas di pasaran. Bentuk, kapasitas, ukuran, desain, dan warna lemari es juga beragam.

Setiap jenis kulkas memiliki fungsinya masing-masing. Anda bisa menyesuaikan kebutuhan sesuai dengan jenis lemari es yang ingin Anda beli. Agar tidak salah beli, berikut kami memperkenalkan Macam macam kulkas yang banyak beredar di pasaran.

Macam Macam Kulkas

Kulkas Top Freezer

Lemari es top freezer merupakan jenis lemari es yang paling umum dan paling banyak digunakan di Indonesia. Kulkas ini terdiri dari dua kompartemen, sesuai dengan nama kulkas jenis ini, kompartemen atas adalah area freezer dan kompartemen bawah untuk area kulkas. Ukuran lemari es jenis ini cukup beragam baik tinggi maupun lebarnya, biasanya memiliki dua pintu untuk membedakan ruang freezer dan lemari es. Dari segi harga, lemari es top freezer relatif lebih murah dibandingkan jenis lemari es lainnya.

Kulkas tanpa freezer

Selanjutnya adalah kulkas tanpa freezer. Sesuai dengan namanya, lemari es tanpa freezer tidak memiliki freezer di dalamnya sehingga biasanya hanya dilengkapi dengan satu pintu. Karena tidak memiliki freezer, kulkas ini cenderung lebih kecil dari kulkas jenis lainnya. Meski fasilitasnya tidak selengkap top freezer, kulkas ini tetap cukup diminati oleh masyarakat yang memiliki dapur sempit dan membutuhkan kulkas berukuran mini.

Kulkas Freezer

Kulkas ini merupakan kebalikan dari kulkas tanpa freezer. Kulkas deep freezer tidak dilengkapi dengan kulkas alias hanya freezer. Kulkas jenis ini dikhususkan untuk menyimpan makanan dan bahan beku. Ada 2 jenis deep freezer yaitu yang berbentuk vertikal seperti lemari es pada umumnya dan ada juga yang lebar dengan bukaan dari atas seperti yang sering dijumpai di pusat perbelanjaan.

Kulkas Freezer Bawah

Menurut beberapa penelitian, posisi freezer lebih tepat di bagian bawah, dengan area lemari es di atasnya karena penggunaan lemari es cenderung lebih sering mengambil bahan makanan di lemari es. Dengan freezer bawah ini, pengguna tidak perlu membungkuk untuk mengambil makanan yang tidak beku. Namun, hal ini tidak berlaku bagi orang yang lebih sering mengolah makanan beku sehingga lebih sering membuka pintu freezer daripada pintu lemari es.

Kulkas Berdampingan

Kulkas berdampingan memiliki dua pintu di kiri dan kanan dan sering ditemukan pada desain dapur modern. Hingga saat ini lemari es jenis ini telah mengalami banyak perkembangan. Terdapat lemari es berdampingan dengan pintu tambahan untuk memudahkan akses ke rak minuman. Ada juga dispenser yang terintegrasi dengan kulkas itu sendiri. Karena bentuknya yang mewah, desain yang elegan, dan ukurannya yang besar, kulkas ini dibandrol dengan harga yang cukup mahal.

Kulkas Built In

Kulkas built-in didesain menyatu dengan kabinet atau almari, sehingga secara tampilan kulkas ini menyatu dengan kabinet dapur. Jika Anda menginginkan desain dapur yang terlihat rapi dan tidak memakan banyak tempat, kulkas ini adalah pilihan yang tepat. Selain desainnya yang menyatu, kulkas ini juga memiliki bentuk yang ramping. Namun, jika ingin menyimpan banyak bahan makanan, kulkas jenis ini tidak disarankan karena kapasitasnya yang terbatas. Seperti tipe side by side dan french door, kulkas built-in termasuk kulkas dengan harga yang cukup mahal.

Lemari Es Showcase

kulkas showcase sering digunakan di pusat perbelanjaan dan toko yang menjual produk minuman dingin. Kulkas ini tidak dilengkapi dengan freezer dan memiliki pintu transparan sehingga Anda dapat memajang barang-barang di dalamnya.